Baby Blues : Gejala, Penyebab hingga Pengobatan

Baby Blues

0
61

Baby blues adalah perubahan mood setelah bayi lahir yang sangat jarang, dna sering disebut dengan depresi paska melahirkan yang berat sehingga terdapat perasaan melalaikan bayi yang lahir dan merasa menyesal punya bayi. Banyak wanita merasa bingung tentang pejuangan dengan kesedian setelah memiliki bayi. Disini akan terjadi perubahan emosi, dan tantangan sehingga membuat fikiran ibu tidak karuan dan memicu gejala depresi berat.

Penyebab Baby Blues

Seberapa sering wanita mengalami kondisi ini, dimana sekitar 70-80% semua ibu baru memiliki perasaan negatif dan peruahan mood setelah bayi lahir atau memiliki anak. Kondisi ini terjadi sering pada 4-5 hari setelah bayi lahir. Meskipun sangat tergantung bagaimana bayi lahir dan support kondisi lingkungan sekitar.

Penyebab pasti dari baby blues ini belum diketahui sampai saat ini. Namun ini berkaitan dengan perubahan hormonal yang terjadi selama kehamilan dan setelah bayi lahir. Hormon ini berubah dan memproduksi senyawa kimia di otak dan menghasilkan gejala depresi. Selain itu, setelah bayi lahir, akan terjadi gangguan tidur, perubahan emosi yang sangat terlihat jelas pada perasaan ibu.

Gejala Baby Blues

Gejala ini secara normal terjadi beberapa menit hingga beberapa jam setiap harinya. Gejala ini dapat berkurang dan hilang setelah 14 hari setelah melahirkan. Bila gejala muncul lebih dari 14 hari, maka segeralah periksa ke dokter terdekat. Gejalanya diantaranya:

  • Kecemasan dan insomnia
  • Menangis dan sedih tanpa alasan yang jelas
  • Iritabilitas, mudah tersinggung
  • Lemah lesu dan sedih
  • Perubahan mood
  • Insomnia dan konsentrasi yang menurun drastis

Cara Mengobati Baby Blues

memperdulikan ibu adalah cara terbaik untuk mengurangi gejala baby blues ini. Terdapat beberapa jalan berbeda yang dapat dilakukan, diantaranya:

  • Seringlah berbicara dengan seseorang yang dipercaya bagaimana perasaan ibu sekarang setelah memiliki dan melahirkan bayi
  • Jaga pola makan. Biasanya memiliki bayi akan menyebabkan anda makan tidak benar, dan teralalu bayak karbohidrat sehingga membuat perubahan mood yang signifikan
  • Jaga perasaan ibu
  • Refresinglah ke luar rumah, hirup udara segar, dan jalan-jalan untuk menyegarkan badan.
  • Mintalah bantuan untuk makan, dan melakukan aktifitas sehari-hari seperti mencuci, menyetrika dan lainnya fokuslah ibu pada kegiatan yang menyenangkan setelah punya bayi. Lakukan hobi kesukaan ibu.
  • Jangan berekspektasi hasil yang sempurna pada minggu pertama. ibu biasanya dapat disibukkan dengan memberi makan, dan tidur rutin dengan bayi baru.
Baca juga :   Hepatitis Fulminan : Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Yang perlu diingat, bahwa ibu tidak sendirian. Jika gejala berlangsung lebih dari 14 hari, dapat mengindikasikan kondisi yang lebih serius yakni depresi post partum. Berkonsultasilah dengan dokter terdekat anda. Disini akan dievaluasi, bagaimana kondisi ibu dan bagaimana memberikan solusi pengobatan sesuai gejala yang muncul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here