BCAA adalah : Manfaat hingga Efek Samping

BCAA terbaik : Manfaat dan Efek Samping

0
180

BCAA adalah singkatan dari Branched Chain Amino Acid atau Asam amino rantai cabang (Leucin, Isoleucin dan Valin), yang membantu melindungi otot terhadap efek katabolik ketika mengurangi makan. Dewasa ini BCAA telah digunakan dalam dunia fitnes dan pembentukan tubuh karena alasan manfaatnya. Beberapa penelitian menunjukkan penggunaan dan manfaat dari BCAA ini. BCAA termasuk asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi tubuh dengan sendiri.

Meskipun suplemen BCAA ini dapat digunakan untuk meningkatkan massa otot, BCAA terutama berguna untuk menjaga (maintenance) massa oto ketika kekurangan diet kalori. Hal ini sangat penting untuk pembentukan tubuh sehingga badan dapat terbentuk sempurna. Meskipun makannya kurang, maka massa otot tetap besar tanpa penyusutan.

BCAA adalah Pencegah Hilangnya Massa Otot

Mengurangi makan adalah proses katabolisme yang artinyadapat merusak otot untuk beberapa alasan. Hal ini akan mengurangi otot skelet dan menambah penyimpanan lemak tubuh. Efeknya otot akan membutuhkan energi berlebih. Pada tingkat molekuler, karena tubuh meningkatkan pemecahan protein (Katabolisme), sehingga membuat asam amino otot digunakan untuk pembakaran. Ini menjadi kabar buruk sehingga kehilangan massa otot, dan kadar protein otot turun karena pengurangan intake energi.

Persamaan dasarnya adalah : MASSA OTOT = KECEPATAN SINTESIS PROTEIN – KECEPATANPEMECHAN PROTEIN

Ketika kecepatan sintesis sama dengan kecepatan pemecahan, maka otot tidak akan bertambah massanya. Jika kecepatan sintesis lebih besar dibandingkan pemecahan, maka otot dapat tumbuh. Ketika pemecahan lebih tinggi daripada sintesis, maka otot akan menyusut. Jika anda tidak makan, maka akan meningkatkan pemecahan otot dan menurunkan sintesis protein.

Melakukan Olahraga gym dan fitness akan mempengaruhi metabolik dan membuat anda letargis (lemas). Penurunan intake energi dan penyimpanan glikogen akan mengganggu latihan anda. Jika anda terlalu lelah dan lemah menganggat beban, otot akan beradaptasi, sehingga tidak menggunakan energi dengan baik. Terdapat masalah metabolik. Anda tidak akan meningkatkan massa otot, dan tubuh anda menggunakan otot untuk energi.

Baca juga :   Perbedaan Asam Amino Esensial dan Non Esensial

Manfaat BCAA adalah sebagai berikut

Berikut adalah manfaat dari branched chain asam amino yang menjaga metabolisme anda ketika anda tidak makan.

  1. Meningkatkan Sintesis Protein : BCAA (asam amino esensial valin, isoleucin dan leucin) akan menstimulasi sintesis protein otot, dan lebih potensial dibandingkan protein biasa. Sintesis protein adalah proses metabolik ketika tubuh membuat protein otot baru dan penambahan massa otot.
  2. Mengurangi Pemecahan Protein : peningkatan kadar BCAA juga bekerja dalam mengurangi kecepatan pemecahan protein. Hal ini dilakukan dengan menurunkan ekspresi beberapa kompleks pemecahan protein berupa menurunkan jumlah produksi mRNA dari gen yang mengkode komponen ini. Jika kita kembali ke persamaan massa otot, dijelaskan bahwa peningkatan sintesis dan penurunan pemecahan akan meningkatkan massa otot.
  3. Mengefektifkan latihan Gym : suplementasi asam amino juga akan membantu mengintensifkan latihan BCAA akan melengkapi asam amino triptofan agar masuk ke otak dimana triptofan diuban menjadi neurotransmitter serotonin. Selama olahraga, kadar serotonin meningkat dan membuat anda merasa lelah, yang artinya anda tidak dapat mengangkat beban berat. Suplementasi BCAA akan mengurangi jumlah triptofan melalui blood brain barrier dan mengurangi jumlah produksi serotonin. Hal ini membuat anda semakin kuat, dan tahan lama ketika mengangkat beban berat.

Bagaimana Kombinasi BCAA dan Whey

Disamping semua manfaat dari suplementasi BCAA ini, terdapat banyak skeptik yang mengatakan BCAA sangat mahal dan anda dapat memperolehnya dari protein Whey. Ketika protein seperti WHEY secara natural terkandung BCAA, dan dikatakan tidak lebih efektif untuk meningkatkan massa otot dan menurunkan lemak.

BCAA pada whey berupa asam amino rantai lain. Meskipun meningkatkan kadar BCAA di tubuh, tetap akan melalui pencernaan dan kemudian diserap dialiran darah. Meskipun whey akan dicerna cepat, maka tetap membutuhkan beberapa jam untuk memecah semua asam amino dan diserap di plasma. BCAA sangat cepat diserap darah sehingga kadar BCAA di tubuh tinggi. Beberap gram BCAA akan meningkatkan kadarnya lebih dari 30 gram protein whey sehingga anda dapat latihan dengan baik.

Baca juga :   Metformin aman untuk ibu hamil : Aman atau Tidak?

Bagaimana Pengaruh BCAA terhadap Kadar Glukosa

BCAA berperan penting dalam pengaturan glukosa. BCAA akan dilepaskan dari liver dan organ internal ke otot untuk menjaga kadar gula darah. Mempunyai asam amino yang cukup akan membantu memperbaiki uptake glukosa dan sensitifas insulin pada orang yang sehat. Asam amino ini bertanggung jawab dalam produksi gula darah ketika latihan sehingga sangat penting dalam pengaturan retriksi kalori.

Ketika anda memiliki keseimbangan karbohidrat, tinggi protein dan asam amino selama dan setelah latihan, maka dapat menginduksi respon insulin. Insulin akan membantu mentransport amino ke sel untuk memperbaiki sel otot yang rusak dan memperbaiki jaringan otot. Inilah dasar proses anabolisme yang membuat tubuh kembali reparasi otot.

Mengkonsumsi BCAA sebelum Latihan Gym dan Fitness

Suplementasi BCAA bisa dikonsumsi reguler dan menjadi bagian sebelum latihan rutin. Meskipun asam amino ini bypass  liver dan usus serta langsung ke aliran darah, dia dapat digunakan untuk sumber energi ketika latihan berat. Valin dan isoleucin adalah asam amino glukogenik, yang berarti dapat diubah menjadi glukosa untuk menjadi energi. Ini dapat mengurangi lelah selama latihan.

Sediaan Manfaat
BCAA Penyedia asam amino, menjaga otot dan mencegah lelah. Diberikan sebelum, saatdan setelah latihan sebanyak 5-7 gram.
Whey Protein Meningkatkan sintesis protein untuk pembenukan otot dan reparasi otot. Diberikan sebelum dan sesudah latihan sebanyak 20-30 gram
Kreatin Membantu pertumbuhan otot dan mencegah lelah. Diberikan sekali sehari sebesar 3-5 gram
Gainer Memberikan protein, lemak dan karbohidrat untuk membentuk dan meningkatkan berat badan. Diberikan sebelum latihan sebesar tergantung merk yang digunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here