Cara menurunkan berat badan Tips Dokter : 3 Langkah Saja

0
489

Cara menurunkan berat badan sering menjadi pertanyaan bagi kita, dimana berat badan berlebih akan mengganggu secara penampilan, dan beresiko terhadap berbagai penyakit termasuk penyakit kardiovaskuler. Terdapat banyak jalan untuk menurunkan berat badan dengan benar. Kebanyakan dari tips tersebut meminta anda untuk lapar.

Pada tips ini, kami akan menguraikan cara menurunkan berat badan dengan benar dimana bertujuan, mengurangi nafsu makan dengan signifikan, membuat berat badan turun tanpa lapar, dan meningkatkan kesehatan metabolik pada waktu yang sama.

Cara Menurunkan Berat Badan

  1. Kurangi konsumsi gula dan zat tepung

Hal terpenting adalah anda mengurangi asupan karbohidrat, yakni terkandung pada gula dan zat tepung. Terdapat banyak makanan yang menstimulasi sekresi insulin. Jika anda belum mengetahui, insulin sangat berperan dalam menyimpan gula dan lemak di tubuh kita melalui proses gikogeneogenesis. Ketika insulin kadarnya menurun, maka lemak akan terpakai dan terbakar dibandingkan karbohidrat.

Manfaat dari penurunan insulin ini adalah, ginjal akan mengekskresikan air dan natrium berlebih, sehingga mengurangi kembung dan berat air yang tidak dibutuhkan tubuh. Berdasarkan penelitian, semakin lama mengurangi asupan karbohidrat, maka berat badan cenderung menurun dengan sendirinya. Dengan mengurangi karbohidrat, insulin akan menurun, dan pembakaran kalori dari lemak terjadi sehingga anda tidaka akan merasa lapar.

  1. Perbanyak Konsumsi Protein dan Sayur

Setiap makanan yang anda konsumsi setidaknya mengandung protein, lemak dan sayuran. Merencanakan makanan dengan benar secara otomatis membuat anda mendapat asupan karbohidrat dari sumber lain sebesar 20-25 gram setiap harinya.

Sumber protein adalah:

  • Daging : daging sapi, kerbau, kambing, ayam dan lainnya
  • Ikan dan makanan laut : tuna, udang, salmon, lele, bandeng
  • Telur : kaya omega 3 dan protein tinggi (putih telur)
Baca juga :   Fase Mitosis : Interfase, Profase, Metafase, Anafase dan Telofase

Makanan tinggu protein juga akan mengurangi obesitas, dan mengurangi keinginan untuk makan pada malam hari. Selain itu, anda juga membutuhkan makanan dari sayuran. Contoh makanan dari sayuran, diantaranya:

  • Bayam, kangkung, sawi
  • Brokoli, wortel, kol
  • Mentimun, bunga kol, kacang panjang

Makanan daging dan sayuran terkandung serat, protein dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Selain itu, boleh anda tambahkan lemak yang baik, seperti : minyak zaitun, minyak kelapa, mentega, minyak alpukat dan lainnya. Minyak terbaik untuk memasak adalah minyak kelapa, karena terkandung rantai sedang trigliserid.

  1. Angkat beban (Gym) tiga kali seminggu

Olahraga sangat diperlukan dalam strategi menurunkan berat badan. Pilihan terbaik adalah, rencanakan untuk melakukan Gym setidaknya 3-4 hari. Mulailah dengan pemanasan, kemudian treadmill 20 menit, mengangkat beban dan terakhir pendinginan.

Jika anda seorang pemula, mintalah seorang instruktur untuk memandu anda. Dengan mengangkat berat, anda akan membakar kalori dan mencegah metabolisme menurun yang sering didapatkan pada efek samping penurunan berat badan. Jika mengangkat beban bukan pilihan olahraga terbaik bagi anda, maka anda dapat menggantinya dengan berjalan, jogging, berenang, berlari dan olahraga lainnya.

Sepuluh Cara Menurunkan Berat Badan

  1. Makan makanan tinggi protein pada sarapan : makan tinggi protein ketika sarapan akan mengurangi intake kalori di tubh.
  2. Hindari minuman gula : hindarilah minuman manis, niscaya akan membantu anda menurunkan berat badan.
  3. Minum air setengah jam sebelum makan : ini akan meningkatkan penurunan berat badan 44% selama 3 bulan.
  4. Pilihlah makanan dengan benar
  5. Makan lah makanan berserat : penelitian menunjukkan makanan berserat akan mengurangi lemak, terutama di area perut.
  6. Minum kopi atau teh : minuman berkafein akan meningkatkan metabolisme sebesar 3-11% sehingga membuat cepat lapar
  7. Makanlah pelan-pelan
  8. Makanlah dalam porsi yang kecil tapi sering
  9. Tidur teratur setiap malam dan tidak ngemil sebelum tidur
  10. Makanlah makanan yang segar, sayuran, buah dan lainnya
Baca juga :   Manfaat Green Tea (Evidence Based Medicine Terbaru)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here