Elektrokauter : Kelebihan, Kekurangan dan Efek Samping

Elektrokautery atau Kauter

0
424

Elektrokauter adalah tindakan bedah rutin, dimana menggunakan gelombang listrik untuk membakar jaringan, dapat untuk menghentikan perdarahan setelah incisi, mencegah infeksi, dan mengambil jaringan. Tindakan ini dapat digunakan dengan berbagai tujuan, diantaranya:

  • Tindakan Bedah : memotong jaringan selama tindakan bedah. Elektrokauterisasi ini dapat digunakan menghentikan perdarahan selama tindakan bedah. Hal ini penting mencegah syok kehilangan darah pada pasien selama operasi.
  • Mengambil tumor : metode ini terkadang digunakan mengambil jaringan abnormal seperti tumor terutama yang berada di area sensitif yang sulit diakses dengan pisau seperti otak.
  • Pengobatan Mimisan : jika terjadi epitaksis atau mimisan frequent, maka dapat dicari pembuluh darah di hidung. Dan direkomendasikan untuk dikauterisasi.
  • Mengambil Condiloma akuminata : sering juga digunakan mengambil jaringan condiloma akuminata, salah satu penyakit menular seksual.

PERSIAPAN ELEKTROKAUTER

Tidak ada persiapan khusus untuk prosedur ini. Pada kasus perdarahan hebat, pemeriksaan sampel darah untuk anemia, dan pembekuan darah diperlukan. Beberapa hari sebelum tindakan bedah, pasien harus berhenti menggunakan obat pengencer darah, seperti aspirin, ibuprofen dan aspirin. Selain itu diwajibkan untuk tidak makan dan minum (berpuasa) hingga tindakan bedah selesai.

BAGAIMANA ELEKTROKAUTER DILAKUKAN

Meskipun tindakan ini sering digunakan untuk minor surgeri, juga dapat dilakukan untuk mayor surgeri. Sebelum tindakan akan ditempatkan ground pada kaki untuk melindungi efek samping listrik. Selain itu juga dapat diberikan gel untuk mencegah luka bakar lebih lanjut.

Anestesi general, tergantung jenis tindakan bedah dilakukan. Irisan kecil dengan arus kecil. Anda harus berhati-hati menggunakan mesin kauter ini. Perhatikan panduan penggunaan alat, pengaturan arus listrik, dan hal teknis lainnya karena setiap merk berbeda teknis penggunaannya.

EFEK SAMPING, KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ELEKTROKAUTER

Tindakan ini memiliki risiko minimal. Adapun risiko dan efek samping dari tindakan kauter ini adalah:

  • Luka yang dihasilkan adalah luka bakar.
  • Perdarahan minimal tetap akan terjadi
  • Infeksi, sehingga perlu diberikan antibiotik untuk mengurangi risiko infeksi.
  • Rasa nyeri dan tidak nyaman sehingga peresepan antinyeri diperlukan.
  • Hati-hati jika menggunakan sendi buatan prosthetic dan pacemaker jantung (pacu jantung).
Baca juga :   Meningitis (Radang Selaput Otak) : Gejala dan Pengobatan

Kebanyakan orang tidak memiliki masalah dengan anestesi general, meskipun tetap ada risiko komplikasi jangka panjang. Risiko besar tergantung dari jenis prosedur. Komplikasi yang mungkin muncul namun jarang terjadi seperti : efek samping obat, sleep apnea, obesitas, alergi, merokok, terdapat penyakit jantung, ginjal dan paru-paru. Risiko meningkat pada orang dewasa, dengan serangan jantung, infeksi paru seperti bronkitis dan pneumonia, stroke, dan kematian.

Sekitar 1-2 orang dari 10 ribu memiliki efek anestesi general. Jika ini terjadi, anda harus berhati-hati meskipun nyeri tidak terasa. Faktor yang meningkatkan risiko kondisi ini adalah penyakit paru dan jantung, penggunaan jangka panjang opioid, cocain, penggunaan alkohol, dan operasi cito.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here