Jenis Olahraga Penurun Berat Badan, 5 Pilihan Efektif

News500 Views

Olahraga penurun berat badan menjadi penting untuk di jaman sekarang. Sebab menurunkan berat badan atau BB sering kali menjadi tujuan bagi banyak orang yang ingin hidup sehat dan merasa lebih baik.

Selain menjaga pola makan lebih seimbang, olahraga juga memainkan peran penting dalam proses penurunan BB Anda. Ada banyak jenis yang dapat membantu Anda mencapai tujuan tersebut.

Berikut adalah lima pilihan olahraga yang efektif dalam menurunkan BB ke angka ideal, Kami telah merangkumnya dari sumber praktik langsung jadi bukan hanya sekedar teori saja melainkan praktik.

Jenis Olahraga Penurun Berat Badan, 5 Pilihan Efektif

Banyak pilihan yang bisa Anda pilih, jadi pastikan memilih pilihan sesuai kemampuan. Demi buat tujuan Anda tercapai dengan lebih mudah, dimulai dari lari, renang, dan masih banyak lagi.

1.     Lari

Lari adalah olahraga kardiovaskular, terbukti efektif dalam membakar kalori serta lemak tubuh. Dengan berlari secara teratur, Anda dapat meningkatkan stamina, mengencangkan otot, dan mempercepat metabolisme1Chul Lee. 2017. Running as a Key Lifestyle Medicine for Longevity. Prog Cardiovasc Dis . 2017 Jun-Jul;60(1):45-55. doi: 10.1016/j.pcad.2017.03.005. Epub 2017 Mar 30..

Mulailah dengan jarak dan kecepatan sesuai dengan kemampuan Anda, dan tingkatkan secara bertahap. Selain itu, lari juga dapat dilakukan di luar ruangan, sehingga Anda dapat menikmati udara segar serta pemandangan.

Baca juga :   Tips Intermitten Fasting untuk Menurunkan Berat Badan

2.     Bersepeda dan GOWES

Bersepeda atau Gowes adalah olahraga penurun berat badan menyenangkan dan ramah sendi untuk menurunkan BB. Dengan bersepeda, Anda dapat melatih tubuh secara keseluruhan dan menguatkan otot-otot kaki2Oja, 2011. Health benefits of cycling: a systematic review. Scand J Med Sci Sports . 2011 Aug;21(4):496-509. doi: 10.1111/j.1600-0838.2011.01299.x. Epub 2011 Apr 18..

Anda dapat memilih bersepeda di luar ruangan, seperti menjelajahi jalur sepeda atau gunung, atau menggunakan sepeda statis di gym. Sesuaikan intensitas dan durasi latihan sesuai dengan kemampuan dan target BB.

3.     Renang

Renang adalah olahraga yang melibatkan hampir semua otot tubuh dan bekerja secara efektif untuk membakar kalori. Selain itu, renang juga memungkinkan Anda untuk berolahraga dengan sedikit dampak pada persendian.

Cobalah untuk berenang secara teratur dengan variasi gaya renang, seperti gaya dada, gaya punggung, atau gaya kupu-kupu. Hal ini akan membantu Anda melibatkan berbagai kelompok otot dan meningkatkan kebugaran secara keseluruhan.

4.     Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan, seperti angkat beban atau menggunakan mesin latihan, dapat membantu Anda membentuk otot dan meningkatkan kekuatan tubuh. Latihan kekuatan juga memiliki efek setelah berolahraga, yaitu pembakaran kalori berkelanjutan.

Olahraga penurun berat badan ini juga dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang, menjaga postur yang baik, dan mempercepat metabolisme. Pastikan untuk memulai dengan beban sesuai dan mendapatkan bimbingan agar terhindar dari cidera.

Baca juga :   Terapi Stem Cell, Potensial Sembuhkan Penyakit Berat

5.     HIIT (High-Intensity Interval Training)

HIIT adalah jenis latihan yang melibatkan kombinasi antara latihan kardiovaskular intensitas tinggi dan periode pemulihan singkat. Latihan ini memicu peningkatan pembakaran kalori signifikan dalam waktu yang lebih singkat.

Jelas ini merupakan olahraga penurun berat badan lebih efektif dibandingkan dengan latihan kardio biasa. Contohnya adalah sprint selama 30 detik diikuti dengan jalan santai selama 1 menit, dan mengulanginya dalam beberapa siklus.

HIIT juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh untuk jangka waktu lebih lama setelah latihan. Sehingga sangat efektif serta efisien sekali dalam proses penurunan BB agar ideal. Baca juga tentang Olahraga yang aman bagi lansia > 60 tahun.

Dalam penurunan BB tubuh, konsistensi serta kesabaran sangat penting. Pilihlah jenis olahraga yang Anda nikmati dan sesuaikan dengan kebutuhan sekaligus kemampuan tubuh.

Kami tekankan untuk selalu diskusikan dengan dokter sebelum memulai program pilihan Anda. Dengan kombinasi olahraga yang tepat serta pola makan yang sehat, Anda dapat mencapai tujuan penurunan BB ideal.

Tapi semua pilihan di atas termasuk yang terbaik untuk Anda pilih, jadi pastikan memilih salah satunya sebagai pilihan olahraga penurun berat badan ideal sebelum konsultasikan dengan pihak ahli.

Referensi

  • 1
    Chul Lee. 2017. Running as a Key Lifestyle Medicine for Longevity. Prog Cardiovasc Dis . 2017 Jun-Jul;60(1):45-55. doi: 10.1016/j.pcad.2017.03.005. Epub 2017 Mar 30.
  • 2
    Oja, 2011. Health benefits of cycling: a systematic review. Scand J Med Sci Sports . 2011 Aug;21(4):496-509. doi: 10.1111/j.1600-0838.2011.01299.x. Epub 2011 Apr 18.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *