Mengenal Potensi KIPI Vaksin Moderna Covid-19

0
43

KIPI vaksin Moderna adalah Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi setelah memberian vaksin Moderna. Vaksin moderna sendiri, merupakan Vaksin jenis mRNA 1273 yang membuat tubuh kita membuat spike protein. Tidak semua orang yang dilakukan vaksinasi Covid-19 akan mengalami reaksi KIPI. Reaksi vaksinasi merupakan hal yang wajar yang mana merupakan respon imunologis dari tubuh kita. Reaksi KIPI ini jauh lebih ringan dibandingkan apabila terinfeksi Covid-19.

KIPI dapat muncul setelah dilakukan vaksinasi yang mana hal ini menandakan dalam tubuh kita vaksin sedang bekerja. Sistem imunitas dalam tubuh kita sedang belajar untuk melindungi kita dari penyakit. KIPI sifatnya sementara dan hilang dalam beberapa hari. Meskipun demikian, perlu diperhatikan tanda dan tingkat berat gejalanya.

Apa saja yang Gejala KIPI

KIPI yang bersifat ringan dan sementara, diantaranya:

  1. Demam tinggi dimana suhu badan meningkat lebih dari 37,5 oC
  2. Nyeri kepala dan nyeri otot
  3. Mual dan muntah
  4. Nyeri sendi atau atralgia
  5. Nyeri pada area suntikan
  6. Menggigil
  7. Lelah
  8. Gejala seperti flu yang menghilang 1-2 hari.

Apa yang harus dilakukan bila mendapat KIPI gejala ringan di atas

  1. Jika setelah vaksinasi anda mengalami rasa tidak nyaman, maka beristirahatlah. Apabila dibutuhkan, anda dapat menggunakan obat penurun panas sesuai anjuran dokter, dan minum air putih yang cukup.
  2. Apabila didapatkan nyeri pada area suntikan, maka tetaplah gunakan lengan anda seperti biasa. Dapat dilakukan kompres dengan kain bersih dan air dingin.

Kapan Perlu Ke Dokter

Anda perlu menghubungi dan ke dokter, apabila didapatkan gejala KIPI yang menetap, seperti demam yang tidak hilang lebih dari 48 jam setelah vaksinasi. Sesak nafas, lemah anggota gerak, perot wajah, lemah separo, batuk pilek, desaturasi, penurunan kesadaran, dan tanda gejala lainnya. Apabila anda menjumpai hal tersebut, segeralah ke Dokter atau ke IGD terdekat anda.

Baca juga :   Jenis Meditasi sesuai Medis yang baik untuk Kita

Setelah vaksinasi, tetaplah menerapkan protocol 3M dan menjaga diri anda, keluarga anda, dan orang sekitar anda dari Covid-19, putus rantai penyebarannya. Pakai masker, jaga jarak, dan mencuci tangan dengan Sabun.

Referensi: Unicef.org, booklet vaksin covid-19 dan KIPI, akses 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here