Udara Jakarta Masih Buruk, Ini Cara Mencegah ISPA pada Anak!

News441 Views

Sebagai orang tua, cara mencegah ISPA pada anak harus menjadi perhatian ekstra mengingat polusi udara di Jakarta masih buruk. Sejauh ini, anak-anak memiliki risiko kesehatan lebih tinggi dibanding orang dewasa akibat buruknya kualitas udara.

Salah satu faktornya adalah karena daya tahan tubuh si kecil masih belum terbentuk secara sempurna sehingga rentan mengalami masalah pernapasan. Jika terus dibiarkan, tentu kondisinya bisa semakin memburuk.

Pemerintah DKI Jakarta selaku otoritas setempat sudah melakukan berbagai upaya untuk menurunkan tingkat polusi. Akan tetapi, sejauh ini kualitas udara Jakarta masih belum menunjukkan tanda-tanda perbaikan.

Cara Mencegah ISPA pada Anak

Perbaikan kualitas udara tentu menjadi tanggung jawab pemerintah setempat. Sekarang, mari kita bahas langkah-langkah konkret apa saja yang bisa kita ambil untuk melindungi anak-anak dari ISPA, di antaranya:

1. Pantau Kualitas Udara

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah terus memantau kualitas udara melalui bantuan aplikasi. Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah IQ Air AirVisual. Di sini, Anda dapat memantau kualitas udara secara real time.

2. Gunakan Masker Pelindung

Cara mencegah ISPA pada anak berikutnya adalah dengan memakaikan masker medis atau N95 ketika harus keluar dari rumah. Kedua jenis masker tersebut cukup ampuh untuk mengurangi paparan terhadap partikel-partikel berbahaya di udara.

Baca juga :   Tips Sehat Nonton Bola Bigmatch Argentina VS Indonesia

3. Jaga Kebersihan Tangan

Ajarkan anak-anak untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air bersih, terutama sebelum makan dan setelah beraktivitas di luar ruangan. Ini adalah langkah sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran infeksi pernapasan.

4. Gunakan Air Purifier dalam Ruangan

Pastikan ruangan di rumah Anda memiliki kualitas udara yang baik, salah satunya dengan memasang air purifier. Alat ini menjadi salah satu cara mencegah ISPA yang cukup efektif lantaran mampu menyaring partikel kecil dari udara.

5. Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan bergizi dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak-anak. Pastikan mereka mendapatkan cukup asupan vitamin dan mineral yang diperlukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

6. Minum Air yang Cukup

Penting bagi anak-anak untuk tetap terhidrasi dengan baik. Air membantu menjaga lendir di saluran pernapasan tetap cair dan membantu membersihkan partikel-partikel berbahaya yang mungkin sempat terhirup.

7. Rutin Berolahraga

Meskipun kondisi udara buruk, pastikan anak-anak tetap aktif dengan berolahraga di dalam ruangan. Aktivitas fisik juga menjadi salah satu cara mencegah ISPA yang efektif karena membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh anak.

8. Konsultasikan dengan Dokter

Jika anak Anda menunjukkan gejala ISPA yang parah atau terus-menerus, segera konsultasikan dengan dokter. Tindakan medis mungkin diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut agar tidak menimbulkan komplikasi.

9. Kurangi Aktivitas di Luar Ruangan

Seperti kita tahu, udara di Jakarta masih menunjukkan kualitas yang buruk. Oleh karena itu, batasi anak-anak Anda untuk tidak beraktivitas di luar ruangan. Setidaknya sampai udara di Jakarta benar-benar sudah kembali normal.

  1. Hindari Keramaian

Cara mencegah ISPA pada anak yang terakhir adalah dengan menghindarkan mereka dari keramaian. Saat potensi ISPA meningkat seperti saat ini, keramaian akan menjadi salah satu media penularan yang paling besar.

Baca juga :   Fenomena Ida Dayak, Sendi Palsu Pseudoarthrosis Patah Tulang

Buruknya kualitas udara di Jakarta adalah masalah serius yang dapat memengaruhi kesehatan anak-anak kita. Namun, dengan tindakan pencegahan yang tepat, Anda dapat melindungi mereka dari ISPA dan dampak buruk lainnya.

Pantau kualitas udara, gunakan masker pelindung, dan jaga pola makan serta kebersihan tangan anak-anak. Beberapa langka tersebut adalah cara mencegah ISPA pada anak yang cukup efektif untuk kita terapkan secara mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *