7 Makanan Untuk Meningkatkan Trombosit Demam Berdarah

0
178

Makanan untuk meningkatkan trombosit sangat penting dikonsumsi bagi penderita trombositopenia, demam berdarah, yang mana makanan ini bersifat alamiah membantu meningkatkan angka trombosit yang turun. Ketika kulit terluka, trombosit atau platelet akan berkumpul bersama membentuk bekuan untuk menghentikan perdarahan.

Ketika trombosit anda sedikit, maka bekuan darah ini tidak terbentuk dan akhirnya memicu perdarahan mikro seperti gejala petekie pada demam berdarah.

Darah banyak jenisnya, seperti sel darah merah, sel darah putih dan trombosit atau platelet. Kekurangan trombosit akan menyebabkan gusi berdarah, mudah perdarahan dan memar, lemah lesu, mimisan, dan lainnya. Kekurangan trombosit disebut juga dengan trombositopenia.

GEJALA KEKURANGAN TROMBOSIT

Pada kasus ringan, gejala kekurangan trombosit meliputi:

  1. Mimisan
  2. Gus berdarah
  3. Adanya darah pada urin
  4. Perdarahan menstruasi banyak
  5. Muncul ruam seperti petekie
  6. Luka lama sembuh
  7. Adanya darah di feses
  8. Muntah darah
  9. Dan perdarahan internal, termasuk perdarahan di otak dengan gejala pusing.

MAKANAN UNTUK MENINGKATKAN TROMBOSIT

  1. Vitamin A

Vitamin A adalah bahan esensial produksi trombosit. Nutrisi ini juga signifikan untuk pembentukan protein tubuh. Protein yang sehat akan membantu pembelahan sel dan pertumbuhan sel. Beberapa makanan yang tinggi vitamin A adalah wortel, kentang merah, labu, dan jambu.

  1. Asam Folat

Kekurangan asam folat akan memicu rendahnya jumlah trombosit. Menambah vitamin B9 atau asam folat sangat penting dalam pembelahan sel dan membantu meningkatkan angka trombosit. Asam folat sangat tinggi pada jus jeruk, bayam, asparagus, dan daun hijau-hijauan.

  1. Vitamin K

Makanan untuk meningkatkan trombosit termasuk makanan tinggi vitamin K. Nutrisi ini diperlukan untuk pertumbuhan sel secara optimal. Vitamin K ditemukan banyak pada telur, sayuran hijau, hati, daging merah, kubis, dan lain-lainnya.

  1. Vitamin B12

Vitamin B12 dapat membantu anda menambah angka trombosit. vitaminB12 ditemukan pada susu, telur, dan keju.

  1. Zat Besi

Zat besi diketahui dapat memicu produksi sel sehat di tubuh. Sangat bagus untuk orang dengan anemia. Zat besi ditemukan banyak pada sayuran hijau, labu, bayam, kangkung, dan lainnya.

  1. Vitamin C

Vitamin C bertanggung jawab pada fungsi trombosit. Ini membantu penyerapan zat besi untuk meningkatkan trombosit. Vitamin C banyak ditemukan pada jambu, magga, brokoli, nanas, tomat, jeruk, bunga kol, dan lainnya.

  1. Rumput-rumputan

Berdasarkan publikasi di jurnal farmasi dan life sciences, rumput-rumputan wheat grass diketahui membantu meningkatkan jumlah trombosit. Minum secangkir jus rumput-rumputan dengan campuran jus lemon, dapat meningkatkan angka trombosit.

Baca juga :   Bayi Menangis Histeris : Penyebab dan Cara Menangani

Referensi:
DokterMuslim, 2019. Kind of Food to increase Trombosit counts.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here