Tes PAPs UGM: Apa, Bagaimana dan Contoh Soal

PAPs UGM merupakan tes TPA (Tes Potensi Akademik) yang dikembangkan oleh Universitas Gadjah Mada

Jika ingin mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) untuk keperluan melanjutkan kuliah S2/S3 di Universitas Gadjah Mada (UGM), Anda wajib mengikuti tes PAPs UGM. Pada dasarnya, tes ini sama saja seperti TPA pada umumnya, namun diselenggarakan khusus oleh UGM.

Selain sebagai perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia, UGM juga memang dikenal sebagai institusi pendidikan yang menyediakan berbagai layanan. Mulai dari tes kemampuan bahasa Inggris melalui AcEPT, hingga TPA melalui PAPs. Sampai artikel ini dibuat, pendaftaran dilakukan dengan membayar di Teller BNI Rp. 300.000,- , sebelumnya Rp.200.000,- kemudian nanti mendapat akun berupa tanggal lahir dan password 6 digit angka yang digunakan untuk mendaftar ulang di website PAPs UGM.

Pendaftaran PAPS UGM Klik : https://paps.ugm.ac.id/paps/

Setelah mengikuti tes PAPs, maka Anda akan memperoleh sertifikat khusus yang menyatakan terkait kemampuan akademik Anda berdasarkan hasil tes. Oleh karena itu, pahami apa itu definisi, fungsi, hingga tips mengikutinya agar hasil ujian Anda lebih maksimal1PAPs UGM. 2023. https://upap.psikologi.ugm.ac.id/paps/jadwal/.

Informasi Jadwal PAPs UGM : http://upap.psikologi.ugm.ac.id/paps/jadwal/

Contoh Kartu Pendaftaran Peserta PAPs UGM
Gambar 1. Contoh Kartu Pendaftaran Peserta PAPs UGM

Apa Itu Tes PAPs UGM dan Fungsinya

Sederhananya, PAPs atau Potensi Akademik Pascasarjana merupakan sebuah ujian khusus sebagai syarat masuk dan lulus sebagai mahasiswa S2 dan S3. Secara lebih rinci, PAPs adalah sebuah uji kemampuan kognitif untuk mengukur potensi akademik seseorang.

Baca juga :   Komponen Pembiayaan LPDP yang Didapat Setelah Menjadi Awardee

Jadi, tes ini fungsinya tidak berbeda jauh dengan TPA, yaitu untuk mengukur kemampuan akademik seseorang dalam bidang tertentu. Ujian ini pertama kali diadakan pada 2010 oleh Fakultas Psikologi UGM, dan kini dapat diikuti secara luas oleh fakultas lainnya. Masa berlaku sertifikat PAPs UGM adalah 2 tahun 2PAPS UGM. 2023. https://paps.ugm.ac.id/paps/.

Prosedur Pelaksanaan tes PAPs UGM : https://upap.psikologi.ugm.ac.id/paps/papsluring/

SUBTES KOMPONEN # SOAL WAKTU (menit)
Verbal   Padanan Kata 12 5
  Lawan Kata 12 5
  Analogi Kata 10 5
  Pemahaman Wacana 6 10
Total Verbal 40 20
Kuantitatif   Deretan Angka 10 10
  Aritmetika 10 10
  Konsep Aljabar 10 10
  Perbandingan Kuantitatif 10 10
Total Kuantitatif 40 40
Penalaran   Logis 8 8
  Diagram 8 8
  Analitis 8 8
  Serial 8 8
  Klasifikasi 8 8
Total Penalaran 40 40

Beberapa Tips Mengikuti Tes PAPs UGM

Dengan persiapan maksimal dan strategi tepat, Anda dapat melewati TPA atau PAPs dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda mengikuti tes ini dengan hasil maksimal:

1. Pelajari jenis-jenis soalnya

Setiap TPA memiliki jenis soal yang berbeda-beda, termasuk PAPs. Pada tes PAPs UGM, terdapat 3 subtes berbeda yang harus Anda ikuti, melipuji subtes verbal, kuantitatif, serta penalaran.

Sesuai namanya, subtes verbal berfokus pada kemampuan berbahasa, meliputi uji pengetahuan terkait padanan kata, lawan kata, analogi, hingga pemahaman wacana. Adapun subtes kuantitatif berfokus pada angka, aritmatika, aljabar, serta perbandingan kuantitatif.

Baca juga :   Persyaratan Mendaftar LPDP 2023 yang Harus Dipenuhi

Terakhir, ada subtes penalaran yang berfokus untuk mengukur kemampuan logika seseorang. Komponen subtes ini meliputi ujian logis, diagram, analitis, serial, hingga klasifikasi. Pastikan untuk mempelajari setiap jenis soalnya agar hasil ujian lebih maksimal.

2. Perbanyak latihan soal

Setelah mengetahui apa saja jenis soal tes PAPs UGM, cari buku-buku atau sumber-sumber online yang menyediakan latihan soal terkait materi tersebut. Lakukan latihan soal setiap hari untuk membiasakan diri dengan jenis soalnya agar Anda terlatih untuk menjawab cepat.

3. Buat jadwal belajar teratur

Jika Anda ingin berhasil dalam TPA seperti PAPs, maka disiplin dalam belajar secara bertahap dan konsisten adalah kuncinya. Buat jadwal belajar teratur dan patuhi jadwal tersebut, serta jangan menunda-nunda untuk mempelajari materi-materi yang sulit.

4. Pastikan beristirahat cukup

Jangan mengorbankan waktu istirahat hanya untuk belajar. Istirahat yang cukup diperlukan agar pikiran dan tubuh Anda segar kembali, sehingga saat mengikuti tesnya nanti, Anda tidak akan terkendala oleh masalah kesehatan.

5. Ikuti kursus atau pelatihan

Agar persiapan semakin matang, cobalah mengikuti kursus atau pelatihan kursus TPA. Selain kursus TPA, saat ini juga sudah tersedia pelatihan kursus tes PAPs UGM, baik dalam bentuk kelas reguler maupun privat, dengan cara online maupun offline.

6. Pilih Jenis tesnya

Anda bisa memilih tes PAPs offline maupun online, tergantung kebutuhan. Apapun jenis tesnya, pastikan untuk menyiapkan segala keperluannya dengan matang, mulai dari alat tulis hingga perangkat elektronik untuk ujian daring. Pada masa pandemi, PAPS UGM berlangsung secara Daring.

Baca juga :   Perbedaan Toefl ETS dan Toefl Prediction dan Link Pendaftaran
Gambar 2. Contoh Jadwal Susunan Pelaksanaan Tes PAPs Daring

Ingatlah bahwa persiapan dan strategi yang tepat sangatlah penting dalam menghadapi TPA jenis apapun, termasuk PAPs UGM. Lakukan yang terbaik, dan jangan lupa berdoa sebelum mengikuti tes PAPs UGM agar hasilnya semakin maksimal.

Contoh Soal PAPs UGM

Hasil Tes PAPs UGM

Sobat Akademia DOKTERLiNE dimanapun berada, apabila anda ingin mengetahui hasil skor PAPS UGM, maka dapat membukanya di halaman berikut ini : https://paps.ugm.ac.id/sertifikat/

Gambar 3. Contoh Hasil nilai PAPs UGM

Agar dapat mendapat skor maksimal, maka persiapkan dengan matang, ketahui proses pendaftaran, kerjakan soal dengan time managemen yang baik, perbanyak latihan soal, dan ketahui tipe-tipe soal dan trik menjawabnya.

Info PAPs Daring : https://upap.psikologi.ugm.ac.id/paps/papsdaring/

Info PAPS Luring : https://upap.psikologi.ugm.ac.id/paps/papsluring/

Referensi

  • 1
    PAPs UGM. 2023. https://upap.psikologi.ugm.ac.id/paps/jadwal/
  • 2
    PAPS UGM. 2023. https://paps.ugm.ac.id/paps/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments