Manfaat Vitamin D untuk Patah Tulang Ternyata Banyak

Khasiat Vitamin D untuk Penyembuhan Patah Tulang

Hidup Sehat478 Views

Ada banyak manfaat vitamin D untuk Patah tulang. Hubungan antara vitamin D dan tulang sendiri memang banyak diketahui. Tetapi patut diakui kalau tidak banyak orang yang memahami detail dari hubungan antara vitamin D dan tulang.

Perlu diketahui, ini sebenarnya sangat penting untuk merubah pola pikir masyarakat. Jika dilihat sekarang, ada banyak orang yang mengonsumsi Vitamin A atau C secara rutin. Tetapi jarang sekali ada yang melakukan hal serupa untuk vitamin D.

Padahal manfaat vitamin D untuk patah tulang ini tidak kalah penting. Sebagai pemahaman dasar, bayangkan saja apa yang akan terjadi apabila tulang yang Anda miliki tidak berada pada kondisi maksimal. Vitamin D dapat diperoleh dari berjemur pagi hari jam 6-9 pagi yang mana paparan sinar matahari dapat membentuk Pro Vitamin D3.

Jika itu terjadi, aktivitas pasti terganggu. Perlu diingat kalau semua aktivitas manusia bergantung pada tulang yang ada pada dirinya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apakah tulang berada pada kondisi prima untuk menunjang aktivitas atau tidak. Secara umum Vitamin D ini akan mempercepat penyembuhan tulang, dengan mempercepat terbentuknya soft callus dan hard callus. Selain itu juga mempercepat proses remodeling tulang.

Manfaat Vitamin D untuk Patah Tulang

Jika belum mengetahui manfaat dari vitamin D ini, Anda sudah berada di tempat yang tepat. Vitamin D berkaitan dengan Regulasi Hormonal Tulang. Kali ini akan dijelaskan lebih rinci mengenai manfaat yang ada di dalamnya. Oleh karena itu langsung saja berikut berbagai manfaatnya untuk tulang.

  1. Menjaga Kekuatan Tulang

Tulang yang sehat adalah dambaan bagi setiap orang. Namun patut diakui kalau tidak semua orang sukses mendapatkan kondisi tersebut. Ada juga beberapa yang pada akhirnya kecewa karena hasil yang didapat.

  • Vitamin D berperan esensial dalam menjaga tulang dimana sinar matahari Fotoproduksi vitamin D3 di kulit.
  • Vitamin D3 dimetabolisme di liver dan ginjal menjadi 1.25 -dehydroksi vitamin D.
  • 1.25 dihidroksivitamin D menjaga serum Calcium dan konsentrasi Phosfat pada tingkat seluler dan berpartisipasi pada mineralisasi tulang.
  • Asupan Calcium 1000-1500 mg/hari dan sumber vitamin D setidaknya 400 IU/hari berperan penting dalam menguatkan tulang1Holick MF. 1996. Vitamin D and Bone Health. J Nutr . 1996 Apr;126(4 Suppl):1159S-64S. doi: 10.1093/jn/126.suppl_4.1159S..
Baca juga :   Sering berkeringat : Penyebab hingga Cara mengobati

Dengan dimilikinya tulang yang sehat, ada banyak masalah yang bisa diatasi.

  • Salah satu masalah tersebut adalah rakhitis.
  • Rakhitis sendiri adalah kelainan yang bisa saja dialami anak.
  • Saat ini terjadi, anak bisa memiliki tulang yang lemah dan lunak.

Kondisi rakhitis sendiri terjadi karena vitamin D tidak dimiliki. Ini membuat kalsium dan fosfor tidak berfungsi maksimal dalam membangun tulang. Ini juga bisa terjadi pada orang dewasa. Hanya saja istilah tulang lunak di orang dewasa dikenal dengan nama osteomalacia.

  1. Menyerap Kalsium

Manfaat vitamin D untuk patah tulang berikutnya berkaitan dengan penyerapan kalsium. Kalsium memiliki fungsi untuk menjaga membuat tulang kuat dan sehat. Masalah seperti osteoporosis di mana tulang melemah disebabkan oleh kurangnya kalsium.

Nantinya ini memperbesar kemungkinan terjadinya patah tulang. Ketika seseorang mengonsumsi vitamin D secara cukup, vitamin tersebut akan diubah menjadi bentuk aktif. Bentuk aktif inilah yang mampu mendorong penyerapan kalsium secara maksimal.

  1. Kelenjar Paratiroid

Manfaat vitamin D untuk patah tulang selanjutnya berkaitan dengan kelenjar paratiroid. Ini adalah kelenjar yang fungsi utamanya untuk memproduksi PTH.

  • PTH sendiri adalah hormone paratiroid yang fungsinya untuk mengatur kadar mineral dalam tubuh.
  • Selain itu PTH ini mampu mengatur kalsium dan fosfor yang juga sangat bermanfaat untuk tulang.
  • Namun ada kondisi di mana kelenjar paratiroid tidak bisa bergerak secara maksimal. Ini tentu berbahaya untuk kesehatan tulang seseorang.
  • PTH dan Vitamin D berperan penting dalam menjaga homeostasis Calcium dan Phosfat.
  • PTH akan menjadi stimulator sintesis Vitamin D di ginjal, dan menjadi feedback negatif produksi PTH2Khundmiri SJ. 2016. PTH and Vitamin D. Compr Physiol . 2016 Mar 15;6(2):561-601. doi: 10.1002/cphy.c140071..
Baca juga :   Jenis Probiotik : Manfaat hingga Sumber Alamiahnya

Untuk mengatasi kondisi ini, mengonsumsi vitamin D bisa menjadi opsi. Dengan konsumsi vitamin D dalam jumlah yang cukup, kelenjar paratiroid akan berfungsi dengan baik. Ini membuat kemungkinan kalsium keluar dan memperlemah tulang akan menurun.

  1. Penyembuhan Patah Tulang

Manfaat terakhir vitamin D untuk patah tulang berkaitan dengan proses penyembuhan. Ada sebuah penelitian menarik yang dilakukan pada tahun 2014. Pada penelitian tersebut diketahui kalau vitamin D dan kalsium memiliki manfaat besar untuk tulang.

  • Dari sana diketahui kalau kepadatan mineral tulang pada area yang patah akan semakin meningkat sehingga penyembuhannya lebih cepat.
  • Selain itu keberadaan vitamin D juga mampu mengaktifkan respon imun. Ini membuat upaya membangun tulang semakin mudah.
  • Dua buah Studi klinis ditemukan efek positif pada suplementasi Vitamin D dan Calcium, pada peningkatan mineralisasi densitas tulang, dan meningkatkan produksi callus pada fraktur site sehingga dapat mempercepat penyembuhan tulang3 Gorter EA. 2014. The role of vitamin D in human fracture healing: a systematic review of the literature. Bone . 2014 Jul;64:288-97. doi: 10.1016/j.bone.2014.04.026. Epub 2014 May 2..

Pastikan untuk tidak asal ketika ingin menjaga kesehatan tulang. Jika upayanya dilakukan secara asal, sangat mungkin hasil yang didapat tidak sesuai dengan keinginan. Oleh karena itu, penting untuk memahami dan memaksimalkan manfaat vitamin D untuk patah tulang. baca juga terkait Ossifikasi intramembranosa dan Ossifikasi Endokondral pada pembentukan tulang.

Referensi

  • 1
    Holick MF. 1996. Vitamin D and Bone Health. J Nutr . 1996 Apr;126(4 Suppl):1159S-64S. doi: 10.1093/jn/126.suppl_4.1159S.
  • 2
    Khundmiri SJ. 2016. PTH and Vitamin D. Compr Physiol . 2016 Mar 15;6(2):561-601. doi: 10.1002/cphy.c140071.
  • 3
    Gorter EA. 2014. The role of vitamin D in human fracture healing: a systematic review of the literature. Bone . 2014 Jul;64:288-97. doi: 10.1016/j.bone.2014.04.026. Epub 2014 May 2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *