Cara menghentikan bersin terus menerus dengan benar

0
315

Cara menghentikan bersin sering menjadi hal yang kita tanyakan, karena setiap orang pernah mengalami bersin yang biasanya disebabkan karena iritasi pada daerah hidung. Bersin biasanya disebut dengan sternutasi, yang biasanya dipicu oleh partikel debu, asap, bulu hewan, merica dan lainnya. Selain itu, bersin juga menjadi mekanisme mengeluarkan benda asil seperti kuman yang mengiritasi saluran nafas.

Sepertihalnya berkedip dan bernafas, bersin merupakan refleks semiautonomik. Ini artinya penderitanya tidak dapat mengendalikannya. Anda dapat memperlambat bersin yang lama dengan menggunakan tisu, tetapi menghentikannya sungguh membutuhkan trik khusus. Berikut tips untuk menghentikan bersin.

Cara menghentikan Bersin

  1. Mengetahui pemicu bersin Anda

Identifikasi penyebab bersin akan membuat anda dapat menghindarinya. Pemicu tersering dari bersin adalah : debu, asap, merica, parfum, makanan pedas, virus, bulu hewan dan lainnnya. Jika anda berfikir penyebab bersinnya karena alergi, maka pemeriksaan alergi harus dilakukan diikuti pengobatannya.

  1. Mengobati Alergi yang diderita

Seseorang dengan alergi biasanya bersin dengan bersin dua hingga tiga kali. Catatlah kapan biasanya anda bersin dan dimana tempatnya. Alergi musiman biasanya muncul pada musim semi, musim gugur dan musim semi. Alergi berkaitan dengan tempat biasanya ditemukan pada tempat yang terdapat debu dan hewan-hewan.

Obat antialergi berupa pil dan spray hidung dapat digunakan. Obat tersebut seperti antihistamin, berupa ceterizin dan loratadin, serta glukokortikosteroid misal flutikason dan triamsinolon. Untuk pengobatan, silahkan hubungi dokter terdekat anda.

  1. Melindungi diri dari bahan berbahaya (Hazard)

Seseorang dengan pekerjaan yang terpapar iritan udara yang terhirup dapat memicu iritasi hidun dan sinus. Ini meliputi bahan debu organik dan inorganik. Bahan berbahaya tersebut seperti : semen, asbes, logam, kayu, cat dan tinner, tepung, dan bahan kimia seperti pestisida.

Baca juga :   Manfaat minum Air Hangat terbaru (Update)

Iritan dapat memicu kanker pada hidung, paru-paru dan tenggorokan. Memakai masker dan respirator akan menghindarkan menghirup bahan tersebut. Yang terpenting, pabrik memiliki sistem ventilasi dan pembuangan bahan berbahaya sehingga pekerja dapat mencegah menghirup benda berbahaya tersebut.

  1. Tidak melihat Cahaya

Sekitar sepertiga orang dengan kondisi ini disebabkan bersin karena melihat cahaya terang. Terdapat istilah bersin Photik, dimana bersin yang terjadi pada keluarga karena paparan cahaya. Lindungi mata anda dengan kacamata dan pakailah sebelum keluar rumah.

  1. Tidak makan terlalu banyak

Bersin dapat terjadi setelah makan porsi besar. Kondisi ini masih belum belum diketahui alasannya, tetapi diduga bersinnya berkaitan dengan lambung yang penuh. Sehingga hindarilah makan berlebih dan terlalu banyak.

  1. Menggunakan Spray hidung

Membersihkan sinus dan hidug yang tersumbat dapat mencegah dari iritasi karena penyebab nonalergi. Cobalah menggunakan spray hidung capsaicin. Capsaicin adalah bahan aktif pada cabai yang membuatnya pedas. Capsaicin bekerja dengan mengurangi sensitifitas hidung terhadap iritan.

  1. Berbicara

Cobalah berbicara dengan kata yang belawanan, ini akan membuat bersin berkurang. Berbicara akan menggerakkan pita suara dan mengalirkan udara dengan baik di tenggorokan.

  1. Membersihkan Hidung

Bersin disebabkan oleh iritan di hidung dan sinus. Ketika anda merasa seperti bersin, cobalah bersihkan hidung anda. Membersihkan hidung dapat mengurangi refleks bersin. Cobalah dengan tisu halus atau air mengalir seperti ketika berwudhu.

Selain itu cobalah untuk menekan hidung seperti saat anda menghirup bau tidak enak. Menekan hidung dapat dilakukan di bagian nostril dan juga di bagian atas hidung seperti diantara kedua alis mata.

  1. Menggunakan Lidah Anda

Menghentikan bersin dengan menjilat bagian langit-langit mulut dengan lidah dapat dilakukan. Selain itu, anda juga dapat menekan dengan keras dengan lidah kedua gigi depan anda ketika anda mau bersin.

Baca juga :   Penyebab Menopause Dini : Tinjauan Referensi Medis

Pada prinsipnya, bersin adalah respon fisiologis dan bersifat normal yang terjadi karena ada benda asing di saluran nafas. Jika anda mengalami bersin yang tidak sembuh-sembuh, curigalah adanya infeksi pada saluran nafas anda. Kami sarankan memeriksakan ke dokter terdekat, agar diberikan penanganan sesuai dengan yang anda derita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here