Kenali Beberapa Tanda dan Gejala Batu Ginjal Berikut Ini

Nefrolithiasis adalah pembentukan kristal menyerupai batuan di saluran kemih dan bisa diidentifikasi melalui berbagai tanda dan gejala batu ginjal. Gejalanya sendiri bisa berbeda-beda tergantung pada ukuran dan lokasi batunya.

Namun, umumnya setiap penderita akan mengalami gejala umum yang sama, misalnya berupa nyeri pada bagian tertentu. Tetapi ternyata banyak juga orang tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya menderita penyakit ini.

Sebab, mereka menyalahartikan gejala nyeri pada bagian tertentu sebagai rasa nyeri biasa yang akan hilang dengan sendirinya. Padahal jika ditelusuri lebih dalam, sebenarnya gejala tersebut merupakan tanda bahwa dirinya menderita penyakit ini.

Kenali 8 Tanda dan Gejala Batu Ginjal Ini

Agar Anda mampu mengenali penyakitnya sejak dini, sebaiknya kenali apa saja tanda dan gejala yang mungkin terjadi. Di antaranya 8 tanda serta gejala penyakit nefrolithiasis berikut perlu Anda ketahui.

  1. Sering kencing

Tanda dan gejala batu ginjal yang pertama adalah Anda menjadi lebih sering kencing, bahkan walaupun sedang tidak banyak minum. Jika gejala ini terjadi, maka bisa jadi batu ginjalnya sudah mulai bergerak ke bagian bawah saluran urin.

  1. Kencing terasa panas atau sakit

Apabila batunya sudah mencapai persimpangan antara ureter dengan kandung kemih, maka Anda akan merasa nyeri saat buang air kecil. Biasanya, kondisi ini disebut disuria serta ditandai oleh rasa sakit tajam atau panas seperti sensasi terbakar.

  1. Sakit area pinggang, punggung, hingga perut

Tanda dan gejala batu ginjal selanjutnya yaitu nyeri atau kolik ginjal, bahkan beberapa pasien menyebut rasa sakitnya setara dengan melahirkan atau ditusuk pisau. Biasanya, rasa nyeri ini makin terasa parah saat batunya bergerak ke bagian ureter.

Baca juga :   Vaksin HPV untuk Anak dan Dewasa : Manfaat dan Efek Samping

Sehingga, terjadi penyumbatan yang kemudian menimbulkan tekanan di organ ginjal, hingga mengaktifkan saraf untuk mengirim sinyal rasa sakit ke otak. Apalagi, rasa nyeri ini bisa datang tiba-tiba saat, dan menjalar ke seluruh area pinggang, punggung, hingga perut.

  1. Air kencing mengandung darah

Gejala berikutnya yaitu urin mengandung darah, serta kondisi ini disebut sebagai hematuria. Darah pada urin tersebut bisa berwarna merah, merah muda, atau cokelat, dan ukurannya sangat kecil sehingga biasanya hanya bisa dilihat melalui mikroskop.

  1. Air kencing keruh atau berbau

Masih terkait tanda-tanda di bagian urin, air kencing penderita batu ginjal juga akan terlihat keruh dan berbau. Berbeda dengan air seni normal dan sehat yang tidak berwarna serta bau pesingnya normal.

Bau menyengat tersebut bisa jadi merupakan tanda saluran kemih atau area ginjalnya sudah terinfeksi. Sehingga, muncul nanah di dalam urin (piuria) dan bakteri yang menginfeksi saluran kemih hingga menjadi keruh dan berbau.

  1. Anyang-anyangan (kencing sedikit)

Tanda dan gejala batu ginjal berikutnya yaitu buang air kecil menjadi tidak lancar atau hanya keluar sedikit-sedikit saja (anyang-anyangan). Apabila sudah tidak bisa keluar sama sekali, itu artinya pasien sudah dalam kondisi darurat medis.

  1. Mual muntah

Gejala berikutnya yaitu mual muntah akibat adanya sinyal dari saraf antara saluran kencing dengan ginjal, atau juga sebagai respon tubuh akibat timbulnya rasa nyeri hebat. Jadi, jangan abaikan gejala mual muntah biasa yang dibarengi dengan nyeri hebat di area saluran kemih.

  1. Demam meriang

Gejala terakhir yang juga kerap diabaikan orang adalah demam dan meriang. Padahal, demam meriang sebenarnya merupakan tanda bahwa tubuh mengalami infeksi akibat komplikasi serius, misalnya di ginjal atau bagian tubuh lainnya.

Baca juga :   Lidah Gomen atau Lidah Bayi Putih : Penyebab dan Pengobatan

Oleh karena itu, jangan abaikan 8 tanda di atas. Apabila mengalaminya, segera konsultasikan tanda dan gejala batu ginjal yang dialami pada dokter atau tenaga kesehatan terkait untuk memperoleh saran pencegahan maupun pengobatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *