Perbedaan DNA dan RNA (Lengkap)

DNA vs RNA

0
625

Perbedaan DNA dan RNA, dimana DNA singkatannya adalah Deoksi Nukleic Acid, dan RNA memiliki singkatan Ribu Nukleic Acid yang perbedaannya akan kita bahas. Pada manusia, DNA membawa material genetik. Segmen DNA membawa material genetik ini disebut Gen dalam sel, DNA tersusun dalam rantai panjang yang disebut kromosom.

Pada manusia, memiliki 23 pasang komosom, dengan panjang total kromosom lebih dari 2 meter (mendekati tinggi manusia). Sel ini kecil dan tidak terlihat dengan mata terlanjang. Panjangnya DNA berkaitan dengan protein dan tersusun spiral, dan membantuk rantai DNA. DNA manusia berbentuk double helix seperti anak tangga.

Perbedaan DNA dan RNA

  1. DNA (Deoxy Nucleic Acid)

Setiap nukleotida DNA (bangunan Blok DNA) memiliki gula deoksiribosa, satu fosfat yang terhubung ke gula dan basa. Basa ini dapat Adenin atau Tiamin, Sitosin atau Guanin. Nukleotida akan bergabung dan membentuk fosfat pada rantai ester dan rantai DNA akan terbentuk. Pada DNA, terdapat dua rantai, satu komplemen ke yang lain.

Rantai tersusun pararel. DNA memiliki kemampuan replikasi dirinya sendiri atau memproduksi mRNA (RNA messenge) untuk memproduksi protein. Semua reaksi sel tergantung pada DNA message dan pesan tersebut akan bertransformasi menjadi mRNA dan pembawa pesan akan keluar dari nukleus untuk membentuk protein. Organisme seperti bakteria memiliki DNA sirkuler sebagai material genetik. Mitokondria di manusia dan klorofil juga punya DNA sirkuler.

  1. RNA (Ribo Nucleic Acid)

RNA biasanya rantainya tunggal. Biasanya digunakan untuk membawa pesan dari DNA ke sintesis protein dan membantu sintesis protein. Beberapa virus mungkin memiliki RNA sebagai material genetik. Kebanyakan virus menyebabkan Batuk Pilek seperti RNA virus.

RNA memiliki gula ribosa. Pada RNA, tiamin digantikan oleh basa Urasil. RNA biasanya terbentuk dari DNA, tetapi DNA tidak dapat terbentuk dari RNA (kecuali retro virus, enzim reverse transkrip). Pada manusia terdapat 3 jenis RNA, yaitu mRNA, rRNA dan tRNA. Dibandingkan dengan DNA, ukuran RNA lebih kecil. RNA tidak membawa pesan genetik ketika sel membentuk sel baru (kecuali RNA virus).

Baca juga :   Perbedaan Arteri dan Vena (Lengkap)

Kunci Perbedaan DNA dan RNA

Berbeda dengan DNA, RNA tidak berkaitan dengan protein histon. DNA dapat dianalisis dengan Southern blotting sedangkan RNA di analsisi dengan Northern blotting. Secara umum, DNA adalah material Genetik, RNA membantu membawa pesan dari DNA dan sintesis protein.

DNA double strand (rantainya doubel), sedangkan RNA single stranded (Rantainya tunggal). DNA akan ditransfer ke sel lain ketika sel membelah, tetapi tidak pada RNA. DNA terdapat pada sisi dalam nukleus atau mitokondria. RNA terdapat di nukleus sel atau sitoplasma (diluar nukleus).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here