Perbedaan Toefl ETS dan Toefl Prediction dan Link Pendaftaran

Cara daftar Toefl ETS

Tidak jarang orang gagal paham terkait perbedaan toefl ETS dan toefl prediction sehingga salah menentukan pilihan. Disini Kami akan menjelaskan keduanya sehingga tidak perlu khawatir lagi salah memilih.

Sebenarnya keduanya sama-sama berbentuk tes namun ada banyak poin perbedaan mulai dari konteks sampai harga. Hal tersebut membuat orang awam tidak tahu apakah tes yang mereka ikuti dapat dipakai atau tidak.

Karena tidak semua hasil tes tersebut bisa digunakan secara internasional apabila penyelenggaranya tidak terakreditasi. Disini akan dijelaskan seperti apa perbedaannya agar Anda mampu menentukan opsi paling tepat.

Membedakan kedua konteks tersebut sebenarnya tidak terlalu sulit apabila mengetahui fundamentalnya. Pada segmen selanjutnya akan langsung dijelaskan seperti apa perbedaan sebagai acuan pemilihannya.

5 Perbedaan Toefl ETS dan Toefl prediction

Langsung saja disini akan Kami jelaskan seperti apa perbedaan dari kedua jenis tes tersebut. Sehingga Anda bisa memilih paling tepat guna kebutuhan sertifikasi internasional atau lainnya.

1.     Penyelenggara

Salah satu perbedaan toefl ETS dan toefl prediction adalah siapa penyelenggaranya. Ketika kita berbicara prediksi maka penyelenggaranya bisa siapa saja karena ini tidak terakreditasi langsung.

Sedangkan ETS jelas diselenggarakan oleh tiga lembaga yaitu british council, cambridge, dan IDP. Ini jelas terakreditasi dan sertifikat kelulusannya dapat digunakan dalam skala internasional.

Baca juga :   Tentang Seleksi Administratif LPDP 2023, Bagaimana Prosesnya?

Official Website ETS TOEFL : https://ets-ellonline.org/

Apabila Anda hanya ingin belajar saja mengikuti tes jenis prediksi dapat menjadi opsi tepat. Alasannya adalah cukup banyak penyelenggara jadi tidak perlu pergi ke kota besar guna mengikutinya.

2.     Uji kompetensinya

Uji kompetensi dapat kita jadikan sebagai acuan perbedaan toefl ETS dan toefl prediction. Dalam tes ETS akan dilakukan empat uji kompetensi dasar yaitu speaking, listening, reading, dan writing.

Sedangkan saat mengikuti ujian prediksi paling banyak hanya dilakukan tiga kompetensi saja yaitu writing, reading, dan listening. Bahkan lebih umum hanya menggunakan dua kompetensi saja yaitu reading dan writing.

Terbatasnya uji kompetensi tadi membuat prediksi hanya cocok dijadikan sebagai simulasi saja. Ketika ingin menggunakan keperluan internasional tentu saja harus memakai uji terakreditasi.

3.     Biaya

Biaya juga menjadi perbedaan toefl ETS dan toefl prediction paling mudah kita amati. Biasanya uji prediksi atau simulasi biayanya cukup murah antara 75 ribu sampai 200 ribu saja.

Sedangkan pengujian bersertifikasi cukup mahal bisa mencapai 210 dollar Amerika sekali uji. Biaya tinggi tersebut tentu saja akan menjadi beban apabila harus mengikuti selama beberapa kali. Di Indonesia untuk toefl ITP ETS harganya sekitar 500rb s.d. 700 rb.

Oleh sebab itu Kami sarankan Anda mencoba melakukan simulasi lebih dulu agar tahu seperti apa konteksnya. Saat sudah terlatih menggunakan berbagai simulasi uji Anda bisa mengikuti pengujian bersertifikasi.

Baca juga :   Tes PAPs UGM: Apa, Bagaimana dan Contoh Soal

4.     Fungsi atau penggunaan

Fungsi dapat kita pakai sebagai acuan perbedaan toefl ETS dan toefl prediction. Sebagai contoh tes prediksi biasanya dipakai guna kebutuhan dalam negeri seperti seleksi CPNS, wisuda, sampai seleksi karyawan.

Pemakaian ETS biasanya lebih pada kebutuhan internasional seperti pertukaran pelajar hingga melamar pekerjaan di perusahaan asing. Pemakaian ini tentu akan lebih spesifik lagi tergantung pada kebutuhannya.

Sebagai catatan fungsi kembali lagi pada instansi yang membutuhkan uji kompetensi tadi. Karena tidak semua uji ETS akan dapat dipakai untuk kebutuhan terutama dalam negeri.

5.     Proses tes

Pembeda terakhir yang dapat dipakai sebagai acuan adalah bagaimana proses tes berlangsung. Saat menggunakan sistem simulasi Anda bisa mengikutinya secara daring apabila terkendala jadwal.

Sedangkan saat mengikuti tes terakreditasi peserta harus datang ke tempat secara langsung. Hal itu disebabkan adanya tes speaking yang harus berhadapan langsung dengan pengujinya.

Apabila kita sudah mengetahui seperti apa perbedaannya tentu tahu bagaimana menentukan opsi. Jangan sampai salah memahami perbedaan toefl ETS dan toefl prediction karena penggunaannya nanti juga bervariasi.

Contoh Penyelenggara TOEFL ITP bersertifikat Resmi ETS di Indonesia (Update 6 Maret 2023):

  1. Cilacs UII : https://cilacs.uii.ac.id/toefl-itp/
  2. TOEFL ITP LBI UI : https://lbifib.ui.ac.id/archives/3693
  3. TOEFL ITP PUSAT BAHASA UNAIR : https://elpt.pusatbahasa.unair.ac.id/site/test-toefl-online
  4. IIEF TOEFL ITP : https://www.iief.or.id/toefl-itp-test-schedule
  5. Language Center UNJ TOEFL ITP : https://languagecenter.unj.ac.id/toefl-itp/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *