Mengetahui Tip Menulis Essay LPDP dengan Benar

Contoh Essay LPDP dan Beasiswa lain

Menulis essay LPDP merupakan salah satu hal yang terbilang sangat penting untuk dijadikan referensi ketika Anda ingin daftar beasiswa LPDP. Sedangkan essay tersebut menjadi komponen yang menjadi salah satu syarat diterima para peserta.

Namun, kebanyakan orang masih merasa kesulitan dalam membuat essay tersebut karena tidak pernah dipelajari sebelumnya. Meskipun begitu, dalam penulisannya sendiri tidak sulit dan jauh seperti menulis essay pada umumnya.

Biasanya hasil dari menulis essay LPDP tersebut akan diserahkan kepada Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan secara resmi. Tentunya, lembaga tersebut masih berhubungan dengan Pemerintahan Indonesia, khususnya kementerian keuangan.

Kebanyakan dari pengaju beasiswa ini yaitu mereka yang ingin menempuh pendidikan di bidang studi Magister (S2) dan juga Doktor (S3). Semua biaya pada mahasiswa tersebut akan ditanggung oleh pemerintah, sehingga biayanya gratis.

Sedangkan pengajuan ini juga berlaku untuk mereka yang ingin mendapatkan beasiswa pendidikan di dalam negeri dan luar negeri. Tentunya, dalam prosesnya tetap seleksi penerimaannya cukup ketat, sehingga peserta harus lebih unggul dari lainnya. Menulis Essay merupakan tahapan sebelum mendaftar LPDP dalam seleksi administratif meskipun nantinya akan menjadi bahan utama seleksi substansi LPDP.

Tips dalam Menulis Essay LPDP

Dalam menulis essay untuk keperluan pengajuan beasiswa ini pastinya tidak dapat dibuat secara asal, melainkan ada beberapa hal perlu diperhatikan. Apabila, Anda memperhatikannya, maka bisa mendapatkan nilai lebih ke depannya.

  1. Informasi Harus Jelas

Salah satu tips dalam menulis Essay LPDP yaitu peserta harus menulis essay dengan informasi yang jelas. Dengan begitu, para penyeleksi nantinya bisa memahami seluruh pembahasan yang Anda buat secara mudah.

Baca juga :   Perbedaan Toefl ETS dan Toefl Prediction dan Link Pendaftaran

Dalam hal ini, sudah semestinya para penulis sudah menguasai materi-materi yang akan dibahas. Sebisa mungkin para penulis tidak memanjang-manjangkan pembahasan atau bertele-tele karen akan mengurangi nilai penerimaan.

Seperti penulisan essay pada umumnya, Anda juga perlu mengutamakan tata tulis dengan baik, misalnya sesuai dengan PUEBI. Selain itu, dalam menulis juga harus mengikuti struktur, mulai dari pembukaan sampai penutupannya.

  1. Memberi Solusi Nyata

Selanjutnya dalam penulisan essay juga, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti memberikan solusi ke dalam essay tersebut. Akan tetapi, dalam memberikan solusi juga sebaiknya jangan terlalu bermuluk-muluk.

Dalam memberikan solusi tersebut setidaknya Anda hanya perlu memasukan poin-poin pentingnya saja, namun tidak mengurangi esensi penulisan essay. Jadi, solusi tersebut dapat dipahami dengan jelas oleh pihak penyeleksi tersebut.

  1. Jurusan Terhubung dan Linier

Begitu juga dengan jurusan yang dipilih ketika memasukannya dalam proses menulis essay LPDP juga harus terhubung. Pada dasarnya pendaftaran beasiswa ini lebih dikhususnya untuk mereka ingin mendaftarkan perguruan tinggi tingkat S2 atau S3.

Ketika menjelaskan tentang jurusan Anda ini adalah ketika Anda sedang memasukan solusi ke dalam essay. Jadi, peran seperti apa jurusan tersebut dalam memberikan solusi di dalam essay, sehingga semuanya bisa tampak logis dan berhubungan.

  1. Memberikan Keterangan Terkait Kelebihan Jurusan dan Prodi yang akan di ambil

Saat Anda menulis essay LPDP ini juga perlu memberikan keterangan terkait kelebihan jurusan yang akan diambil. Dari sana pihak penyeleksi bisa melihat tekad Anda dalam mengambil beasiswa dan kesungguhan dalam menempuh pendidikan itu nantinya.

Baca juga :   Tentang Seleksi Administratif LPDP 2023, Bagaimana Prosesnya?

Tentang hal-hal yang penting pengambil jurusan terkait Universitas tujuan juga menjadi poin penting dalam penulisan ini. Tentunya, peluang diterima oleh lembaga terkait pengajuan dana bisa lebih besar peluangnya apabila Anda menjelaskannya dengan baik.

5. Jumlah Karakter dan Isi Essay

Jumlah karakter Essay LPDP sebaiknya 1500-2000 kata. Dalam menulis, kombinasikanlah tipe paragraf antara deduktif dan induktif. Gunakan kata pengubung yang tepat, seperti : Meskipun, Terkadang, Namun, Tetapi, dan lainnya. Selain itu juga sebaiknya penulisan sesuai EYD yang betul. Dalam 1 paragraf, kami sarankan 4-6 kalimat cukup, jangan terlalu panjang dan terlalu pendek. Pengembangan paragraf essai kami sarankan mulai dari:

  • Latar belakang suatu masalah
  • Yang belum ada saat ini dan kekurangan yang muncul
  • Masalah-masalah lain apabila hal tersebut tidak ada.
  • Yang sudah ada namun tidak optimal.
  • Solusi nyata anda
  • proyeksi kedepan bagaimana
  • Kontribusi bagi diri sendiri, Masyarakat dan Indonesia melalui solusi yang anda ambil.

6. Menuliskan Proyeksi Kedepan bagi Masyarakat dan Indonesia

Kontribusi bagi Indonesia dan Masyarakat setelah lulus merupakan aspek terpenting dalam penulisan essay ini. Tulislah dengan padat, rich content, argumentatif, disertai realita yang ada dan solutif, dan praktis. Hindari bahasa berbelit-belit. Contoh : setelah saya lulus S3 di Munich, saya akan mengembangkan pesawat R100 yang akan menghubungkan pulau-pulau di Indonesia. Jelaskan secara lengkap, padat dan baik dalam paragraf yang tertata.

Baca juga :   Tips dan Trik Lolos Beasiswa LPDP 2023

Secara umum penulisan-penulisan essay tidak bisa lepas dari kaidah bahasa yang semestinya. Misalnya, Anda juga perlu menghindari penulisan typo, kalimat kurang efektif, dan lain sebagainya.

Apabila Anda dapat menuliskan beberapa pengajuan serta essay ini dengan baik, maka pihak penyeleksi akan mempertimbangkannya. Pastikan bahwa dalam menulis essay LPDP, jangan sampai ada kesalahan-kesalahan mendasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *