Komponen Pembiayaan LPDP yang Didapat Setelah Menjadi Awardee

Yang didapatkan menjadi Awardee LPDP

Komponen pembiayaan LPDP sendiri merupakan salah satu topik obrolan menarik bagi anak muda, karena dengan membayangkan berbagai komponen tersebut akan memperbesar keinginan bagi generasi muda sehingga bisa menjadi salah satu awardee beasiswa LPDP.

LPDP sendiri merupakan salah satu jenis beasiswa yang diberikan secara langsung oleh pemerintah melalui programnya, hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan akses bagi masyarakat yang ingin belajar di dalam maupun luar negeri. Sehingga sangat bermanfaat. Awarde LPDP harus lolos seleksi administratif, seleksi bakat skolastik, seleksi substansi, dan mendapatkan LoA Unconditional agar dapat menjadi awardee LPDP.

Jika menerima beasiswa ini sendiri Anda sebagai awardee juga akan mendapat berbagai akses kemudahan, mulai dari komponen pembiayaan bulanan yang akan diberikan kepada awardee secara gratis. Namun untuk mendapatkannya perlu melewati berbagai proses terlebih dahulu.

Komponen Pembiayaan LPDP Bagi Awardee

Awardee sendiri merupakan sebutan bagi penerima beasiswa tersebut, untuk menjadi salah seorang dari awardee Anda perlu melewati berbagai jenis tahapan seleksi dan mampu mengalahkan ribuan pendaftar dari seluruh Indonesia. Sehingga bisa mendapat beasiswa ini.

Salah satu alasan mengapa program ini cukup populer bagi kalangan pemuda adalah karena terdapat berbagai komponen pembiayaan LPDP yang bisa dijadikan benefit, hal ini terjadi dikarenakan semua pembiayaan akan ditanggung oleh kementerian keuangan dan ristekdikti1LPDP. 2023. https://lpdp.kemenkeu.go.id/en/beasiswa/umum/beasiswa-reguler-2022/.

Adanya berbagai biaya yang menjadi benefit ini bertujuan untuk mempermudah awardee dalam kegiatan pembelajaran baik di dalam maupun luar negeri, oleh sebab itu masih banyak orang penasaran mengenai seberapa banyak biaya yang akan diterima jika menjadi awardee.

  1. Dana Pendidikan/SPP (Tuition Fee)

Komponen pembiayaan LPDP pertama adalah dana pendidikan, dimana semua biaya untuk pendidikan mulai dari UKT, tunjangan buku, hingga biaya penelitian akan ditanggung oleh negara. Hal ini bertujuan sehingga memperlancar Anda untuk segera lulus dari perkuliahan.

Baca juga :   Persyaratan Mendaftar LPDP 2023 yang Harus Dipenuhi

Seluruh kegiatan pendidikan sudah ditanggung oleh negara, oleh sebab itu sebagai awardee Anda dapat berfokus untuk menyelesaikan studi tanpa perlu pusing memikirkan berbagai biaya pendidikan. Terlebih jika memilih untuk berkuliah di luar negeri dengan biaya mahal.

Selain pembayaran UKT biasanya jika menempuh jenjang S2 baik di dalam maupun di luar negeri, setiap mahasiswa diwajibkan untuk menerbitkan artikel ilmiah. Dimana salah satu komponen pembiayaan LPDP sudah termasuk total biaya untuk menerbitkan jurnal ilmiah.

  1. Dana Visa dan Transportasi

Jika Anda berkuliah di luar negeri maka diperlukan syarat visa, sehingga dapat pergi menuju negara tujuan tanpa adanya hambatan yang menghambat. Biasanya untuk mengurus visa sendiri diperlukan biaya tertentu, dan tentu saja untuk mengurus dibutuhkan banyak biaya.

Salah satu keuntungan dari awardee sendiri juga mendapat komponen pembiayaan LPDP berupa visa, sehingga Anda tidak perlu pusing memikirkan biaya untuk mengurus izin visa. Selain itu juga dibutuhkan biaya transportasi, terlebih jika memilih berkuliah di luar negeri.

Biaya transportasi menuju luar negeri sendiri juga tidak dapat dikatakan murah, sehingga terkadang memberatkan beberapa kalangan. Namun tidak perlu merasa khawatir, karena LPDP juga sudah mengcover seluruh biaya transportasi, sehingga tinggal berangkat gratis.

  1. Dana Hidup Bulanan

Komponen pembiayaan LPDP lainnya adalah dana hidup bulanan, terlebih jika Anda memilih untuk berkuliah dengan lokasi jauh dari rumah. Pasti masih memiliki beberapa kebutuhan untuk bertahan hidup, salah satunya adalah belanja bulanan untuk makan setiap harinya.

Baca juga :   Perbedaan Toefl ETS dan Toefl Prediction dan Link Pendaftaran

Terlebih jika Anda berkuliah di luar negeri, dimana harga-harga kebutuhan disana cukup tinggi jika dibandingkan dari Indonesia. Oleh sebab itu pasti dibutuhkan biaya cukup tinggi supaya dapat bertahan hidup selama berkuliah disana, namun sebagai awardee tidak perlu khawatir.

4. Biaya Pendaftaran

Biaya mendaftar suatu perguruan tinggi baik dalam dan luar negeri akan ditanggung oleh LPDP dengan mekanisme reimbursment.

5. Tunjangan Buku

Dana tunjangan buku akan diberikan kepada setiap awardee setahun sekali, dengan nominal tertentu. Dana ini dapat digunakan untuk menunjang pembelian buku dan media studi lainnya.

6. Biaya Penelitian Thesis dan Desertasi

Ketika memasuki tahap akhir, anda akan membuat thesis atau desertasi. Pada saat penelitian ini, anda akan membutuhkan pembiayaan yang besar. Sehingga LPDP memfasilitasi pembiayaan penelitian thesis dan desertasi pada tahap ini.

7. Biaya Publikasi Jurnal International

Setelah melakukan Penelitian, anda diwajibkan untuk melakukan publikasi di jurnal internasional bereputasi Scopus baik Q1-Q3. Ketika melakukan publikasi, hindari menggunakan predator jurnal. Cek di Scimagojr.com untuk melihat reputasi jurnal. Dalam publikasi ini biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka LPDP memfasilitasi pembiayaan publikasi jurnal international2scimagojr. 2023. Website https://www.scimagojr.com/.

8. Biaya Simposium dan Seminar International

Selama pendidikan ketika anda mengikuti simposium dan event international, maka anda akan mendapatkan dana dari LPDP. Ada beberapa referensi yang menyebutkan bahwa anda diharuskan menjadi oral presenter pada event tersebut tidak sekedar peserta biasa.

Baca juga :   Tips dan Trik Lolos Beasiswa LPDP 2023

Komponen Pembiayaan LPDP Pendukung

Selain pembiayaan inti, Awardee LPDP juga akan mendapatkan fasilitas pembiayaan pendukung, seperti:

  1. Biaya asuransi kesehatan
  2. Transportasi selama pendidikan
  3. Visa dan residence permit
  4. Biaya kedatangan
  5. Biaya Hidup bulanan
  6. Biaya keadaan darurat
  7. Tunjangan keluarga

Karena semua awardee baik di dalam maupun luar negeri akan mendapatkan dana hidup bulanan dari pemerintah, sehingga tidak perlu kebingungan mengenai kehidupan sehari-hari baik untuk makan maupun minum.

Komponen pembiayaan tersebut, mengikuti peraturan dari LPDP terbaru. Sehingga anda wajib update informasi ke official website LPDP resmi untuk mendapatkan informasi terupdate sekiranya ada perubahan kebijakan. Dapat di lihat di : https://lpdp.kemenkeu.go.id/

Banyaknya benefit yang bisa didapatkan menyebabkan banyak orang ingin memperoleh beasiswa tersebut, terus berjuang dan belajar sehingga bisa merasakan berbagai benefit dari komponen pembiayaan LPDP.

Referensi

  • 1
    LPDP. 2023. https://lpdp.kemenkeu.go.id/en/beasiswa/umum/beasiswa-reguler-2022/
  • 2
    scimagojr. 2023. Website https://www.scimagojr.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *