Tentang Tes Bakat Skolastik LPDP 2023 dan Contoh Soal

Tes Bakat Skolastik mirip dengan tes TPA (tes Potensi Akademik) dengan format yang lebih ringkas

Sebagian dari Anda mungkin ada yang belum tau tentang tes bakat skolastik LPDP 2023. Seperti kita ketahui, LPDP merupakan salah satu beasiswa yang diincar calon mahasiswa pascasarjana S2 hingga S3.

Karena banyak keuntungan yang bisa di dapat dari beasiswa ini. Tetapi sebelum itu, terlebih dahulu calon pelamar perlu tau bahwa LPDP mempunyai berbagai tahapan seleksi. Sebelum melaksanakan tes ini, anda wajib mengetahui persyaratan mendaftar LPDP dan cara mendaftar LPDP terbaru.

Salah satunya yakni seleksi bakat skolastik LPDP, di tes inilah peserta sering gagal. Namun tenang, ada beberapa tips menghadapinya, tetapi sebelum itu kita bahas dulu pengertian tes seleksi bakat skolastik.

Tentang Tes Bakat Skolastik LPDP 2023

Seperti telah dibahas sebelumnya, bagi yang ingin mengikuti beasiswa LPDP. Anda perlu tau bahwa beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP ini memiliki berbagai macam tahapan seleksi.

Salah satunya seleksi bakat skolastik, sebelum kita bahas tips dalam menghadapinya. Kita bahas dulu tentang tes bakat skolastik LPDP 2023. Scholastic aptitude test ini ialah seperangkat alat tes.

Yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif si pelamar secara umum dan juga inteligensinya. Sekaligus memahami minat dan bakat peserta. Itu berarti tes ini mengukur bakat dasar dari si pelamar.

Jadi bukan dari hasil pengetahuan yang dia dapatkan dari pembelajaran sebelumnya. Hal itu berbeda pastinya dengan tes potensi akademik yang hanya melihat kemampuan dasar akademik.

Tidak hanya itu saja yang perlu Anda ketahui tentang tes bakat skolastik LPDP 2023. Tes ini juga bisa menilai bagaimana kemampuan para peserta dalam menghadapi pengalaman baru. Tes ini dilakukan sebelum tes substansi LPDP.

Baca juga :   Cara Mendaftar Beasiswa Tubel Kemenkes 2023 dan Persyaratannya

Karena para peserta beasiswa perlu mempunyai kemampuan adaptasi yang bagus untuk melanjutkan studi. Terutama bagi mereka yang ingin mendaftar ke luar negeri. Lewat tes ini, penyeleksi bisa mengetahui.

Apakah bidang yang dipilih peserta sesuai dengan bakat mereka. Penyeleksi juga bisa memperkirakan apakah peserta mampu mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Ada 3 komponen yang umumnya ditanyakan.

Di dalam tes bakat skolastik ini, yakni penalaran verbal, numerik dan juga pemecahan masalah. Jadi Anda perlu mempersiapkannya dengan matang, selain itu pahami juga tips-tips dalam menghadapinya. Pada tahun 2023, Tes Verbal sebanyak 23 soal, tes numerik 25 soal, dan tes pemecahan masalah sebanyak 12 soal.

Tips Menghadapi Tes Bakat Skolastik

Bagi Anda yang ingin mengikuti beasiswa LPDP, Anda perlu benar-benar mempersiapkannya dengan baik dan pahami tips-tips dalam menghadapinya. Berikut ini beberapa tips dalam menghadapi tes bakat skolastik, antara lain:

  1. Buatlah Jadwal Belajar

Tadi kita telah membahas tentang tes bakat skolastik LPDP 2023, kini kita akan bahas tipsnya. Tips pertama sisihkanlah waktu untuk belajar agar bisa lebih siap dalam menjawab soal.

Penting menjadwalkan waktu belajar jauh-jauh hari, sebelum hari di mana tes dilakukan. Misalnya sebulan sebelumnya, beri waktu jeda 1 atau 2 hari dalam seminggu. Untuk mengistirahatkan pikiran dan tidak burnout.

  1. Pelajari Tiap Jenis Soal

Buat timeline setiap minggunya agar dapat mempelajari setiap jenis soal. Setelah selesai mengerjakan suatu soal, jangan lupa analisis jawabannya. Bisa menggunakan soal try out dari buku seperti SIMAK UI.

Baca juga :   Pahami Cara Mendaftar LPDP 2023 dengan Benar

Dan sejenisnya atau bisa juga menggunakan soal dari website gratis. Jika Anda tidak memahami jenis soal tertentu, jangan memaksakan diri untuk terus mempelajarinya dalam 1 waktu.

Coba cari penjelasan di internet terkait jenis soal tersebut. Bila dirasa tetap tidak paham, tidak perlu khawatir. Tetapi pastikan Anda dapat menjawab jenis soal lainnya.

  1. Ikutilah Pembelajaran Via Daring

Tips terakhir, bila ada yang mengadakannya sesi pembelajaran secara online dan Anda mampu untuk membayarnya, jangan ragu untuk mengikutinya. Informasi tersebut bisa dicari di internet atau social media.

Contoh Soal Tes Bakat Skolastik LPDP

1. Tes Verbal Analogi

Pengumuman : Papan  = ……… : ………
A. Surat : Pos
B. Warta : koran
C. Sepakbola :  Liga
D. Slogan : Poster

Bunga : Riba = …. : ….
A. Akrab : Sengit        C. Khawatir : Bangkrut         E. Hemat : Kikir
B. Mawar : Hutang    D. Hasrat : Extravaganza

Semua kepala sekolah SMA adalah sarjana.
Tidak satupun buta huruf adalah sarjana.
A. Semua sarjana adalah kepala sekolah SMA
B. Semua sarjana adalah buta huruf
C. Tidak satupun sarjana adalah buta huruf
D. Tidak satupun kepala sekolah SMA adalah sarjana
E. Tidak satupun buta huruf adalah kepala sekolah SMA

2. Tes Numerik

B, Y, D, T, H, P, ….
A. M, P | C. P, N | E. O, N
B. N, M | D. N, O

19, 9, 10, 2, 8, 1, ….
A. – 4 | C. 7   | E. -3
B. 5 | D. 3

Jika 2x + 3y = 7 dan 5x – 2y = 8, maka ……
A. x < y | C. x = y           | E. Hubungan x dan y tidak dapat ditentukan
B. x > y | D. 2x = 3y

Baca juga :   Persyaratan Mendaftar LPDP 2023 yang Harus Dipenuhi

3. Logika

Enam pelajar diberi kesempatan mempresentasikan hasil penelitian mereka di hadapan dewan juri. Arjuna dan Effendi meneliti Tenting Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Betaria dan Putera meneliti tentang Bahasa. Adapun Kevin dan Mega melakukan penelitian di bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Jika setiap satu presentasi Bahasa harus diselingi dengan dua presentasi IPA atau satu presentasi IPS, maka kemungkinan urutan peserta yang tampil adalah :

A.Betaria, Mega, Putera, Arjuna, Kevin, Effendi
B.Mega, Betaria, Effendi, Kevin, Putera, Arjuna
C.Effendi, Putera, Mega, Arjuna, Betaria, Kevin
D.Mega, Kevin, Betaria, Arjuna, Putera, Effendi
E.Kevin, Mega, Betaria, Arjuna, Effendi, Putera

4. Pemecahan Soal dan Kasus

Ada bacaan, dan kurva saham : PT. DOKTERLiNE bulan juli pendapatan 10 juta, bulan agustus 12 juta, bulan september 14 juta, bulan oktober 9 juta, bulan november 14 juta, bulan desember 15 juta.
Berikut pernyataan yang benar:
a. Pendapatan terendah berada di bulan November.
b. Peningkatan pendapatan tertinggi di bulan November.
c. Total Pendapatan akhirtahun PT DOKTERLiNE 100 juta.
d. Pendapatan tertinggi berada di bulan Agustus
e. Penurunan tercuram pendapatan di bulan Desember

Bagi calon pelamar beasiswa LPDP, kini Anda tidak perlu bingung lagi dengan tes bakat skolastik. Sebab kita tadi telah membahas banyak tentang tes bakat skolastik LPDP 2023 beserta tips menghadapinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *