Tes AcEPT UGM: Apa dan Bagaimana

AcEPT UGM merupakan tes Bahasa Inggris milik UGM ditujukan bagi mahasiswa Magister dan Doktoral

Selain sebagai perguruan tinggi negeri dengan berbagai fakultas dan prodi, UGM juga menyediakan tes kemampuan bahasa Inggris yang dikenal dengan nama tes AcEPT UGM. Meski sekilas tampak sama dengan TOEFL atau IELTS, namun terdapat sedikit perbedaan. URL Pendaftaran dan Informasi Acept UGM adalah : https://acept.ugm.ac.id/

Jika TOEFL atau IELTS menggunakan standar dari luar negeri, maka AcEPT disusun berdasarkan standar dari UGM atau Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Biasanya, para peserta dari uji kemampuan bahasa Inggris ini adalah para mahasiswa UGM.

Namun, banyak pula masyarakat umum atau mahasiswa dari universitas lain yang mengikuti tes AcEPT di UGM untuk memenuhi berbagai keperluan, termasuk menguji kemampuan bahasa Inggrisnya. Sebaiknya, kenali apa itu tes AcEPT untuk memahami tips agar bisa lulus1ACEPT UGM. 2023. https://acept.ugm.ac.id/.

Apa Itu Tes AcEPT UGM dan Fungsinya

Pada dasarnya, tes AcEPT (Academic English Proficiency Test) adalah ujian untuk mengetes kemampuan bahasa Inggris seseorang secara akademik. Biaya Pendaftaran 250 ribu melalui Teller BNI. Berdasarkan tujuannya, fungsi dari tes ini dapat dibedakan menjadi sebagai berikut:

  1. Untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang dalam lingkup akademis atau untuk memenuhi tujuan akademik (academic purpose).
  2. Untuk memenuhi persyaratan sebagai mahasiswa UGM, sebab pada tingkat S1, AcEPT wajib diujikan saat sudah diterima sebagai mahasiswa baru.
  3. Dapat digunakan untuk membebaskan diri dari mata kuliah Bahasa Inggris jika mencapai skor tertentu berdasarkan kebijakan fakultas.
  4. Menjadi syarat kelulusan bagi seluruh mahasiswa UGM sebagai alternatif pengganti TOEFL.
  5. Pada tingkat S2 atau S3, AcEPT adalah salah satu syarat penerimaan mahasiswa.
Baca juga :   Persyaratan Mendaftar LPDP 2023 yang Harus Dipenuhi

Bagaimana Tips Lulus Tes AcEPT UGM?

Untuk bisa lulus tes AcEPT, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan. Sebelum mengikuti tesnya, ikuti beberapa tips penting berikut ini agar hasilnya maksimal:

1. Kenali Jenis-Jenis Soalnya

Dalam tes ini, terdapat beberapa indikator khusus yang akan diukur untuk mengetahui tingkat kemampuan pesertanya, yang masing-masing memiliki bobot penilaian berbeda. Mulai dari tes kemampuan mendengar hingga menulis, berikut rincian komponen tesnya:

  • Listening Comprehension (uji kemampuan menyimak/mendengarkan)
  • Vocabulary (uji pengetahuan kosakata)
  • Grammar and Structure (uji pengetahuan tata bahasa)
  • Reading Comprehension (uji kemampuan membaca)
  • Composing Skills (uji kemampuan menulis dan parafrase)

2. Pelajari Materinya

Setelah mengetahui apa saja komponen tesnya, Anda bisa mempelajari materi terkait. Berdasarkan rincian di atas, maka materi yang harus dipelajari adalah vocabulary, grammar, dan structure. Jangan lupa juga untuk berlatih listening, reading, dan composing sendiri.

3. Ketahui Batas Nilainya

Masing-masing komponen tes AcEPT UGM memiliki bobot berbeda dengan total jumlah soal sebanyak 170 nomor. Selain itu, total nilai keseluruhannya adalah 426 (setara nilai TOEFL sebesar 677), dengan rincian sebagai berikut2ACEPT. 2023. Konversi Score Acept ke TOEFL https://pasca.geologi.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/1392/2019/03/Konversi-ACEPT-TOEFL-2012.pdf:

  • Skor terendah = 0 (setara skor TOEFL 217)
  • Batas lulus mahasiswa S2 = 209 (setara skor TOEFL 450)
  • Batas lulus mahasiswa S3 = 268 (setara skor TOEFL 500)
  • Skor tertinggi = 426 (setara skor TOEFL 677)
Baca juga :   Tes PAPs UGM: Apa, Bagaimana dan Contoh Soal

Tabel Konversi Skor Acept UGM ke TOEFL

4. Tetapkan Target Nilai

Berdasarkan batas nilainya, Anda bisa menentukan berapa target nilai tes AcEPT UGM yang harus dicapai. Misalnya jika sebagai syarat mahasiswa S1, maka skor di bawah 209 sudah cukup. Sebaliknya, Anda butuh skor di atas 209 untuk mendaftar sebagai mahasiswa S2.

Untuk memperoleh skor minimum sebesar 209, setidaknya Anda harus menjawab benar sebanyak 84 nomor soal. Namun khusus mahasiswa kelas internasional, Anda butuh target nilai minimal 273, dengan jumlah jawaban benar minimum sebanyak 110 soal3ACEPT. 2023. Hasil Acept https://acept.ugm.ac.id/hasil/.

Dengan mengikuti tips di atas, kemungkinan Anda untuk lulus tes juga akan semakin besar. Jadi, pastikan untuk menyiapkan diri mengikuti tes AcEPT UGM dengan baik agar hasilnya juga semakin maksimal.

Referensi

  • 1
    ACEPT UGM. 2023. https://acept.ugm.ac.id/
  • 2
    ACEPT. 2023. Konversi Score Acept ke TOEFL https://pasca.geologi.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/1392/2019/03/Konversi-ACEPT-TOEFL-2012.pdf
  • 3
    ACEPT. 2023. Hasil Acept https://acept.ugm.ac.id/hasil/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *