Rumus Dopamin Syringe Pump dan Contoh Perhitungan

Dopamin untuk Tatalaksana Syok dan Bradicardia

Medikal140 Views

Rumus dopamin bisa Anda pelajari dengan mudah dan biasanya obat tersebut diberikan lewat syringe pump. Syringe pump merupakan alat kesehatan yang banyak digunakan untuk memasukkan cairan obat ke pasien.

Cara menggunakannya harus sesuai dengan standar operasional prosedur. Selain mempelajari bagaimana cara menggunakan alat tersebut, Anda juga perlu belajar menghitung berapa dosis dopamin yang cocok bagi pasien. Dosis Dopamin adalah 2-20 mcg/kgbb/menit.

Dopamin adalah vasostimulan perifer yang digunakan untuk menatalaksana tekanan darah rendah, denyut jantung lambat dan potensi henti jantung. Terdapat 3 fungsi dopamin berdasarkan rentang dosisnya1Sonne J. 2022. Dopamine. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2023 Jan.:

  1. Low Dose : Pada rate kecil yakni 0.5-2mcg/kgbb/menit, dipamin akan  memicu vasodilatasi, termasuk di ginjal, membuat peningkatan aliran urinari di ginjal.
  2. Intermediet Dose: Pada rate intermediet yakni 2-10mcg/kgbb/menit, dopamin akan meningkatkan kontraktilitas otot myocardial dan meningkatkan konduktifitas kelistrikan jantung sehingga membuat cardiac output meningkat.
  3. High Dose : Pada dose ini 10-20 mcg/kgbb/menit, akan memicu vasokontriksi dan peningkatan tekanan darah melalui reseptor alfa-1, beta-1, dan beta-2 adrenergic.

Mengenal Apa itu Dopamin dan Kegunaannya

Dopamin merupakan obat yang berfungsi membantu kinerja jantung untuk memompa darah ketika terjadi syok. Syok merupakan kondisi di mana pasokan oksigen, darah dan nutrisi ke organ maupun jaringan tubuh berkurang. Dopamin juga digunakan pada penatalaksanaan Bradicardia, karena dapat meningkatkan heart rate pasien. Baca juga algoritma Bradicardia ACLS.

Sediaan Dopamin Injeksi adalah : 40mg/ml dimana 1 ampul terdapat 5 ml. Artinya, 1 ampul mengandung 200 mg dopamin.

Adapun faktor pemicunya adalah sepsis, gagal jantung dan cedera. Pada umumnya, dopamin sering digunakan pada rumah sakit. Obat tersebut harus Anda berikan sesuai resep dokter.

Jika dosisnya tepat, maka bisa mengatasi kondisi syok pada pasien. Obat emergensi tersebut wajib diketahui oleh tenaga medis. Hal ini karena banyak digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Efek samping yang mungkin muncul antara lain2Franco R. 2021. Dopamine in Health and Disease: Much More Than a Neurotransmitter. Biomedicines . 2021 Jan 22;9(2):109. :

  • Mual,
  • muntah,
  • diare
  • aritmia.
  • sakit kepala,
  • sulit bernapas,
  • gelisah
  • menggigil.

Berat badan seseorang mempengaruhi dosis yang diberikan kepada pasien. Oleh karena itu, sangat penting mengetahui rumus dopamin sehingga pasien bisa cepat sembuh.

Oleh karena itu, sangat penting mempelajari rumus dopamin yang tepat bagi setiap pasien. Pemberian obat selalu berdasarkan berat badan. Adapun cara memberikannya menggunakan syringe pump atau infus pump.

  • Dopamin hanya digunakan pada kondisi darurat saja dan harus dalam pengawasan dokter. Pastikan Anda menyampaikan kepada dokter jika memiliki riwayat alergi. Pasien yang memiliki riwayat alergi tidak boleh mengonsumsinya.
  • Anda harus mengikuti instruksi dari dokter selama menjalani terapi menggunakan jenis obat tersebut. Sampaikan juga jika ada riwayat penyakit tertentu. Keberadaan obat tersebut membantu menjaga tekanan darah.

Selain itu, menjaga aliran darah ke organ vital dan meningkatkan fungsi hati. Contohnya pada pasien dengan gangguan syok kardiogenik. Selain itu, perhatikan juga aturan pakai dan dosisnya. Baca juga Syok Sepsis, Syok Neurogenik, Syok Hipovolumik, dan Syok Kardiogenik3Rui Q. 2017. Dopamine versus norepinephrine in the treatment of cardiogenic shock: A PRISMA-compliant meta-analysis. Medicine (Baltimore) . 2017 Oct;96(43):e8402.

Rumus Dopamin yang Wajib Anda Ketahui!

Pada pemberian awal dosisnya 2-5 mcg/kg berat badan/menit. Dosis tersebut dapat ditambah secara bertahap, adapun injeksinya 5-10 mcg/kg berat badan/menit. Pada kondisi berat, dosisnya bisa mencapai 20 mcg.

Dosis tinggi diberikan kepada pasien yang mengalami syok berat. Pada umumnya, di ruang ICU terdapat tabel khusus pemberian obat tersebut memakai syringe pump. Adapun untuk perhitungannya bisa mengikuti rumus berikut.

Rumus Dopamin : (Dosis x BB (kg) x 60 (menit)) / 4000

Dosisnya untuk 1 ampul sama dengan 200 mg, yang mana 1 mg 1000 mikrogram. Syringe pump menggunakan spuit 50 cc. Adapun satuan dalam rumus dopamin yang digunakan adalah cc/jam.

Contoh Perhitungan Syringe Pump Dopamin

Soal:

Pasien Tn. A dengan BB 60 kg diberi terapi drip dopamin 5 mikrogram. Perlu diketahui persediaan obatnya dalam 1 vial ada 200 mg dan rencana di encerkan dalam 50 cc NaCl. Berapa kecepatan Syringe pump nya?

Jawaban:

Adapun rumus dopamin yang digunakan adalah sebagai berikut. Anda tinggal memasukkan data di atas, yaitu 5 x 60 x 60 / 4000 = 4.5 cc/jam. Jadi Kecepatan syringe pumpnya 4.5 cc/jam.

Baca juga tentang Rumus Perhitungan Dobutamin dan Contohnya, serta Rumus Perhitungan Norepinephrin dan Contohnya.

Tabel Dosis Dopamin per kg Berat Badan

Referensi

  • 1
    Sonne J. 2022. Dopamine. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2023 Jan.
  • 2
    Franco R. 2021. Dopamine in Health and Disease: Much More Than a Neurotransmitter. Biomedicines . 2021 Jan 22;9(2):109.
  • 3
    Rui Q. 2017. Dopamine versus norepinephrine in the treatment of cardiogenic shock: A PRISMA-compliant meta-analysis. Medicine (Baltimore) . 2017 Oct;96(43):e8402
Baca juga :   Sindrom Down : Defek Genetik Trisomi 21

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *