Tips Meningkatkan Skor TOEFL >600 dan Tes Bahasa Inggris Lainnya

Booster Toefl dan IELTS dengan Maksimal

Tips meningkatkan skor TOEFL (Test of English as a Foreign Language) kerap dibutuhkan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 atau S3. Kemampuan bahasa Inggris sangat dibutuhkan sebab merupakan bahasa universal dalam komunikasi secara global.

Salah satu ukuran untuk menilai kemampuan bahasa Inggris ialah melalui TOEFL dengan skor minimal umumnya 500. Akan lebih baik jika skornya lebih dari 600 sehingga lebih berpeluang mendapat beasiswa atau pekerjaan.

Karena menjadi pengakuan terhadap kemampuan bahasa Inggris, tidak heran jika banyak orang berusaha meningkatkan skornya. Apabila Anda juga menginginkan hal tersebut, mari simak caranya di sini.

5 Tips Meningkatkan Skor TOEFL  

Di era globalisasi seperti sekarang, banyak orang dituntut untuk bisa berbahasa Inggris, terutama mahasiswa S2 atau S3. Sebab, banyak sekali literatur perkuliahan yang menggunakan bahasa tersebut.

Jadi, meskipun kuliahnya di Indonesia, kemampuan bahasa Inggris tetap diperlukan. Terkadang, kampus di tanah air mengadakan kerja sama dengan pihak luar negeri. Oleh sebab itu, mari mencoba tips meningkatkan skor TOEFL di bawah ini.

1. Mempelajari Grammar Bahasa Inggris

Tahap pertama yang perlu Anda lakukan ialah mempelajari grammar, misalnya saja part of speech, phrases, clauses dan sentences. Grammar akan berguna dalam membantu mengerjakan soal terkait structure and written expression.

TOEFL sendiri memang bertujuan untuk menguji kemampuan dalam memahami tata bahasa dan ungkapan yang sering dipakai. Oleh sebab itu, Anda perlu mempelajari berbagai grammar di mana butuh waktu dan kerja keras untuk melakukannya.

Baca juga :   Persyaratan Mendaftar LPDP 2023 yang Harus Dipenuhi

2. Belajar Membaca Cepat

Tips meningkatkan skor TOEFL selanjutnya ialah belajar membaca cepat supaya lebih mudah ketika mengerjakan soal reading comprehension. Soal tersebut tentu akan membuat bacaan yang terbilang panjang dan tentu saja dalam bahasa Inggris.

Apabila Anda membacanya terlalu lambat, tentu akan membuang waktu tes. Oleh sebab itu, Anda perlu berlatih membaca cepat supaya segera memahami isi bacaan dan mampu mengerjakan soal tanpa membuang waktu.

3. Latihan Mendengar

Selain membaca, Anda juga perlu latihan mendengar dalam bahasa Inggris. Pastikan untuk memperbanyak kosakata, misalnya dengan menonton film, mendengarkan berita atau mendengarkan musik.

Bukan sekedar memperkaya kosakata, Anda juga bisa membedakan setiap kosakatanya dengan mudah. Sebab, seperti yang Anda tahu, tulisan dan pengucapan kosakata dalam bahasa Inggris cukup berbeda.

Apabila sering berlatih mendengarkan, maka akan memudahkan ketika mengerjakan soal listening. Jadi, bisa memahami soalnya dan segera mengerjakan secara tepat.

4. Berlatih Menulis Esai

Tidak jarang akan ada Test of Written English yang mengharuskan Anda menuliskan esai tentang topik tertentu. Jadi, tips meningkatkan skor TOEFL berikutnya ialah berlatih menulis esai.

Menulis esai dalam bahasa Inggris tentu akan memakan banyak waktu. Sebab, Anda perlu memikirkan isi tulisannya, pemilihan kosakatanya hingga susunan penulisannya. Oleh karena itu, wajib untuk berlatih menulis esai.

Sebelum menulis, coba buat poin penting terkait isi tulisannya. Sehingga esai  yang dibuat nantinya lebih terstruktur dan mudah dipahami. Jangan langsung menuliskan apa yang terpikirkan di kepala sebab dikhawatirkan nanti susunan tulisannya berantakan.

Baca juga :   Tes PAPs UGM: Apa, Bagaimana dan Contoh Soal

5. Latihan TOEFL

Tips paling akhir ialah latihan TOEFL dengan mengerjakan soalnya. Anda bisa menemukan banyak soal TOEFL di internet. Jadi, silahkan berlatih mengerjakan soalnya secara rutin.

Anda juga bisa mengikuti kursus bahasa Inggris untuk memperoleh contoh soal dan bimbingan dalam belajar. Jadi bisa lebih paham jawaban dari soalnya.

Jika berlatih secara rutin, maka akan lebih terbiasa dengan jenis tes TOEFL. Sehingga ketika sudah datang tes TOEFL yang sesungguhnya, Anda bisa mengerjakannya dengan lancar.

Apabila ingin lolos tes TOEFL, tentu tidak bisa menggunakan cara instan. Perlu menerapkan tips meningkatkan skor TOEFL secara disiplin sehingga lebih berpeluang mendapat beasiswa atau diterima dalam pekerjaan.

Referensi:
Tes TOEFL ETS dan Cara Pendaftarannya
Official Website TOEFL ETS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *