Manfaat Minoxidil untuk Penumbuh Rambut Rontok

Minoxidil sebagai Penumbuh Rambut dan kebotakan

Tidak banyak orang tahu apa manfaat minoxidil untuk kesehatan kulit kepala dan rambut. Baru ketika mereka sudah mengalami gejala kebotakan biasanya akan lebih familiar dengan salah satu bahan ini.

Minoxidil adalah sebuah obat berbentuk cair dimana penggunaannya dioleskan secara langsung di bagian kulit kepala. Khasiat dari obat tersebut dapat mulai terlihat setelah pemakaian rutin dua sampai empat bulan.

Penggunaannya lebih umum pada para pria ketika mereka mengalami gejala kebotakan di usia paruh baya. Namun apabila memungkinkan kerontokan rambut pasca melahirkan juga menggunakan pengobatan seperti ini.

Perlu Anda ketahui bahwa minoxidil adalah obat yang harus menggunakan resep dokter untuk menggunakannya. Konsultasikan dulu masalah rambut Anda sebelum langsung menggunakannya sendiri. Selain minoxidil, penumbuh rambut yang lain diantaranya : finasterid dan eflornitin.

5 Manfaat Minoxidil untuk Masalah Rambut

Disini kami akan menjelaskan beberapa manfaat penggunaan minoxidil bagi masalah rambut. Apa saja manfaatnya simak ulasan berikut ini sehingga dapat dijadikan sebagai referensi sebelum menggunakannya.

1. Memperlambat kerontokan rambut

Sekarang masalah kerontokan rambut tidak hanya menyerang usia paruh baya saja. Bahkan umur pra 30 tahun sudah memiliki risiko mengalami permasalahan seperti kebotakan.

Salah satu manfaat minoxidil menghadapi problem tersebut adalah memperlambat gejala kerontokannya. Pemakaian secara teratur dapat merangsang kembali pertumbuhan rambut.

Baca juga :   Pentingnya Skincare Pria dan Produk yang Bisa Digunakan

Efektivitasnya dipakai sebagai langkah mitigasi juga cukup efektif pada beberapa kasus tertentu. Terutama gejala kerontokan usia pra 30 tahun yang sekarang sudah semakin sering terjadi.

2. Memacu Folikel rambut agar bisa tumbuh lagi

Folikel adalah bagian pangkal rambut dimana posisi patahan paling sering terjadi. Patahan seperti ini terjadi secara alami ketika kita menyisir, keramas, beraktivitas sehari-hari, dan sebagainya.

Tidak menutup kemungkinan patahan tersebut terjadi karena kurangnya nutrisi pada bagian folikel. Disini manfaat minoxidil guna menutrisi kembali bagian folikel dapat kita jadikan sebagai solusi.

Obat tersebut mampu menutrisi kembali folikel sehingga pertumbuhan berikutnya tidak mudah patah. Hal seperti ini dapat menghasilkan helaian lebih kuat sehingga mampu tumbuh sampai panjang.

3. Memperpanjang Siklus Anagen Rambut

Siklus anagen adalah peristiwa dimana rambut melakukan pertumbuhan secara signifikan. Setiap orang pasti memiliki siklus anagen tersendiri baik itu panjang atau pendek durasinya.

Biasanya pria yang mengalami gejala kebotakan memiliki siklus anagen jauh lebih pendek. Dengan manfaat minoxidil siklus anagen ini dapat dikembalikan lagi menuju durasi normal.

Ketika siklusnya menjadi lebih panjang maka pertumbuhan folikel juga berjalan cukup efektif. Hasil dari kembalinya siklus anagen akan mulai terasa setelah empat sampai delapan minggu.

4. Merevitalisasi sirkulasi darah pada bagian pembuluh darah kecil

Ternyata kebotakan tidak hanya disebabkan oleh lemahnya bagian folikel rambut. Namun bisa juga dipicu oleh lemahnya sirkulasi pembuluh darah kecil pada bagian kulit kepala seseorang.

Baca juga :   Keloid : Apa, bagaimana dan Cara Mengatasinya

Saat menggunakan manfaat minoxidil sirkulasi pembuluh darah kecil itu dapat direvitalisasi. Jika sirkulasi darah membaik maka nutrisi dapat dibawa secara optimal guna merangsang pertumbuhan dan kekuatan.

Selain menggunakan obat ini biasanya seseorang dengan gejala kebotakan juga dianjurkan memakai asupan vitamin E. Tujuannya agar selama proses revitalisasi berlangsung asupan vitamin masih tetap lancar.

5. Menyehatkan akar rambut

Jika rambut sudah mendapatkan nutrisi dan mulai tumbuh kembali disini minoxidil akan membantu menjaga kesehatannya. Tujuannya adalah agar kekuatan akar dan folikel lebih tinggi.

Apabila kedua bagian tersebut memiliki kecukupan nutrisi bagus maka rambutnya juga bisa tumbuh subur. Selain subur nantinya kondisi juga akan semakin kuat sehingga tidak mudah rontok.

Penggunaan obat seperti ini di Indonesia masih terbatas sekali karena masalah kebotakan bukan perkara krusial bagi pria. Namun di Eropa penggunaannya sudah lebih umum dan teregulasi. Pemanfaatan minoxidil ini meminimalkan tindakan transplantasi dan cangkok rambut.

Mengetahui informasi tadi tentu mampu dijadikan sebagai solusi apabila Anda memang terindikasi mengalami gejala kebotakan. Konsultasikan segera ke dokter agar mampu mengoptimalkan manfaat minoxidil.

Referensi:
Saleh, D. 2022. Anagen Effluvium for Alopecia
Gupta. AK. et al. 2022. Relative Efficacy of Minoxidil and the 5-α Reductase Inhibitors in Androgenetic Alopecia Treatment of Male Patients

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *