Tips dan Trik Lolos Beasiswa LPDP 2023

Yang harus dilakukan agar lolos beasiswa LPDP : Menjadi Awardee LPDP

Sepertinya belum banyak orang tahu tips lolos beasiswa LPDP meskipun sudah sering mendengar tentang beasiswanya. Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) sendiri ditawarkan oleh pemerintah Indonesia.

Pengelolanya ialah 3 kementerian Indonesia, yakni Kementerian Pendidikan, Kementerian Agama dan Kementerian Keuangan. Program tersebut menawarkan beasiswa untuk kuliah di dalam negeri maupun luar negeri.

Apabila lolos seleksinya, Anda bisa mendapatkan tunjangan besar. Namun tentu persaingannya sangat ketat sehingga memerlukan persiapan matang, mulai dari prestasi, dokumen dan lain sebagainya. Tahapan lolos beasiswa LPDP yakni, Seleksi Administratif, Tes Bakat Skolastik dan Tes Substansi LPDP.

7 Tips Lolos Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP memberikan uang kuliah, tunjangan buku, asuransi sampai biaya hidup selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Tidak heran jika peminatnya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Karena persaingannya semakin ketat, Anda perlu tips khusus agar bisa lolos beasiswanya. Silahkan mempersiapkan diri untuk mengikuti tips di bawah ini secara teliti.

1. Membaca Informasi dan Petunjuk Secara Cermat

Informasi tentu ditujukan untuk dibaca, namun sayangnya banyak orang malas untuk membacanya. Jangan sampai Anda merasa malas untuk membaca informasi di website LPDP. Sebab, setiap informasi, prosedur maupun syarat akan ditampilkan di sana.

2. Memenuhi Persyaratan

Tips lolos beasiswa LPDP berikutnya ialah memenuhi persyaratan berdasarkan informasi dan petunjuk dari website resmi. Silahkan memilah mana persyaratan yang sudah Anda mana dan belum punya. Lantas, susun jadwal untuk memenuhi persyaratannya.

Baca juga :   Tes AcEPT UGM: Apa dan Bagaimana

Contohnya saja harus menyertakan TEOFL/IELTS. Anda bisa menyusun jadwal kapan dan berapa lama mengikuti kursus. Kemudian kapan dan di mana bisa mengikuti tes. Lakukan jauh-jauh hari sebelum pendaftaran beasiswanya ditutup.

3. Membuat Rencana Studi dengan Jelas

Beasiswa LPDP ditujukan untuk masyarakat Indonesia yang nantinya diharapkan bisa menjadi pemimpin masa depan. Karena salah satu karakter pemimpin ialah visioner, tidak heran jika Anda harus mempunyai tujuan yang jelas.

Tips lolos beasiswa LPDP pada tahap ini ialah membuat rencana studi secara jelas. Silahkan memasukkan jurusan, modul hingga riset yang perlu diambil. Tuliskan pula rencana setelah lulus kuliah secara jelas.

4. Menulis Essay

Essay akan menunjukkan siapa diri Anda. Pada LPDP untuk jalur reguler, Anda perlu menulis 3 essay: “Kesuksesan Terbesar dalam Hidupku”, “Peranku bagi Bangsa” dan “Rencana Studi”.

Ketika menulis essay, Anda perlu menunjukkan kekuatan secara jujur. Silahkan menghubungi kenalan yang sudah pernah mendapatkan beasiswanya untuk bertanya tentang essay. Namun, jangan sampai mencontek essay milik mereka.

Sebab, essay sifatnya personal, jadi harus menunjukkan diri sendiri secara jujur. Umumnya di tahap wawancara nanti akan ada pertanyaan seputar essay Anda. Jadi, jangan sampai mengarang informasi di dalamnya.

5. Mencari Informasi Kampus dan Jurusan yang diinginkan

Tips lolos beasiswa LPDP yang tidak boleh dilewatkan ialah melakukan riset kecil terkait kampus dan jurusan. Supaya Anda bisa tahu secara detail tentang jurusan dan kampus yang diinginkan.

Baca juga :   Tentang Beasiswa Tubel Kemenkes 2023 : Cara Mendaftar dan Triknya

Anda juga dapat membandingkan dengan kampus lain yang mempunyai jurusan sama. Jangan sampai hanya menuliskan jurusan dan nama universitas tanpa tahu apa-apa. Mungkin saja pihak LPDP nantinya akan menganggap Anda mendaftar beasiswa hanya karena iseng.

6. Teliti Ketika Mengirim Persyaratan

Apabila Anda sudah sampai tahap mendaftar online di website pendaftaran beasiswa LPDP, pastikan melakukannya secara teliti. Terutama saat mengirim persyaratannya, pastikan sudah sesuai dengan panduan.

7. Berdoa

Seperti yang Anda tahu, sila pertama Pancasila ialah “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Jadi, sebagai pemeluk agama Anda perlu berdoa supaya diloloskan beasiswa LPDP. Karena, keberhasilan usaha pendaftaran hanya akan dikabulkan oleh Tuhan.

Banyak cara bisa ditempuh untuk bisa berkuliah, salah satunya ialah melalui beasiswa LPDP. Namun, persaingannya sangat ketat sehingga perlu menerapkan tips lolos beasiswa LPDP seperti dalam artikel ini.

Referensi lanjutan:
Website Resmi LPDP di : lpdp.kemenkeu.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *