Tentang Seleksi Administratif LPDP 2023, Bagaimana Prosesnya?

Apa yang harus dilakukan dan dipersiapkan dalam seleksi Administratif LPDP?

Seleksi administratif LPDP 2023 merupakan salah satu tahap yang perlu dilalui oleh peserta untuk bisa memperoleh beasiswa LPDP. Sebelum Anda mendaftarkan diri, kenali dahulu seperti apa seleksi administrasinya.

LPDP sendiri ialah beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Indonesia. Tujuannya untuk mendanai masyarakat yang hendak menempuh studi S2 maupun S3 di kampus dalam negeri maupun luar negeri. Seleksi Administratif LPDP dilakukan sebelum Tes Bakat Skolastik dan Tes Substansi LPDP.

Tidak jauh berbeda dengan beasiswa lainnya, pada LPDP Anda juga wajib lulus seleksi administrasinya. Supaya lebih berpeluang untuk lolos, simak informasi seleksinya di artikel ini.

Apa Itu Seleksi Administrasi LPDP 2023?

LPDP ialah Lembaga Pengelola Dana Pendidikan yang ada di bawah naungan Kementerian Keuangan RI. Tugasnya ialah mengelola dana pendidikan guna disalurkan melalui layanan beasiswa jenjang magister dan doktor.

Selain itu, dananya juga ditujukan untuk bantuan dana riset dan rehabilitasi fasilitas pendidikan yang mengalami kerusakan karena bencana alam. Apabila Anda tertarik untuk mendaftar, maka kenali dahulu seleksi administratif LPDP 2023.

Di tahap seleksi administratif, pihak LPDP akan menyaring dan menilai peserta melalui data dan berkas yang dikumpulkan ketika pendaftaran. Jadi, ketika mendaftar nanti, Anda perlu mengumpulkan berbagai dokumen.

Pendaftaran beasiswanya sendiri dilakukan melalui laman resmi beasiswa LPDP. Nantinya perlu membuat akun, dan mengunduh booklet panduan berdasarkan ragam program beasiswa yang diinginkan.

Baca juga :   Pahami Cara Mendaftar LPDP 2023 dengan Benar

Silahkan membaca ketentuan pendaftarannya secara teliti. Siapkan pula berkas untuk seleksi administratif LPDP 2023 sesuai ketentuan. Anda bisa menyiapkan berkasnya jauh-jauh hari supaya tidak terlambat ketika harus mengumpulkannya.

Karena ada batas waktu pengumpulan berkas, pastikan Anda membuat jadwal mandiri terkait pendaftaran beasiswa LPDP. Jangan sampai ketika waktu pengumpulan berkasnya sudah habis ternyata masih ada berkas yang belum Anda urus.

Dokumen Seleksi Administratif LPDP 2023

Setelah tahu apa itu seleksi administratif, mari kenali dokumen apa saja yang nantinya harus dikumpulkan ketika pendaftaran. Simak penjelasan dokumennya di bawah ini secara cermat.

1. KTP

KTP ialah salah satu dokumen wajib yang harus dimiliki oleh pendaftar beasiswa. Nantinya Anda perlu scan KTP dan mengunggahnya ke website resmi LPDP.

2. Scan Ijazah

Seleksi administratif LPDP 2023 juga mengharuskan Anda untuk scan dan unggah ijazah S1 atau S2. Jika mendaftar magister tentu perlu scan ijazah S1. Sementara jika mendaftar doktoran tentu perlu scan ijazah S2.

3. Scan Transkrip Nilai

Selanjutnya Anda perlu scan transkrip nilai sesuai jenjang pendidikan yang dituju. Scan nilai ini tidak boleh dilewatkan dalam pendaftaran beasiswa LPDP. Scan ini dalam bentuk PDF.

4. Scan Sertifikasi Bahasa

Anda perlu menggunakan sertifikat TOEFL ITP atau IELTS untuk mendaftar. Skor yang tertera di sertifikatnya harus sesuai dengan kriteria LPDP. Jadi, silahkan ikuti tes dahulu untuk dapatkan sertifikatnya. Untuk Skor TOEFL yang diakui adalah yang bersertifikat ETS dengan Nilai < 480 bagi yang targeted dokter spesialis, dan >500 bagi reguler magister.

Baca juga :   Mengetahui Tip Menulis Essay LPDP dengan Benar

5. Surat Bebas Narkoba

Surat ini dikeluarkan oleh instansi kesehatan kredibel dan oleh dokter spesialis yang memeriksa anda. Dapat diperoleh di RSUD dan rumah sakit terdekat anda. Kami sarankan yang Rumah Sakit Pemerintahan. Dalam memperoleh surat bebas narkoba ini, anda diwajibkan tes urin terlebih dahulu sesuai panduan di RS.

6. LoA (Letter of Acceptance)

LoA ialah surat resmi dari perguruan tinggi yang menunjukkan bahwa Anda diterima oleh perguruan tinggi tersebut. LoA ini akan menjadi nilai tambah dalam pendaftaran LPDP. Apabila anda memiliki LoA Undondicional, maka peluang anda diterima Beasiswa LPDP lebih tinggi dibandingkan tidak mempunyai LoA. LoA Unconditional merupakan surat resmi dinyatakan diterima kuliah dikampus A tanpa syarat apapun sedangkan LoA Conditional biasanya surat resmi diterima tetapi masih mensyaratkan beberapa hal, misal matrikulasi, nilai Bahasa Skor Bahasa Inggris dan lainnya.

7. Surat Kesehatan

Surat kesehatan menunjukkan bahwa Anda mempunyai tubuh sehat. Suratnya bisa diperoleh melalui puskesmas atau rumah sakit. Umumnya surat ini memuat informasi tinggi badan, tensi dan riwayat penyakit.

8. Surat Rekomendasi Tempat Kembali

Bagi Anda pelamar Beasiswa LPDP dokter Spesialis dan SubSpesialis, diwajibkan untuk melampirkan surat rekomendasi tempat kembali nantinya setelah lulus. Surat ini dapat berupa direktur Rumah sakit, Surat Keterangan PNS dan ijin belajar dari BKD bagi PNS, Surat ijin belajar dari Dinas Kesehatan mungkin bagi yang bekerja di puskesmas.

Baca juga :   Tips dan Trik Lolos Beasiswa LPDP 2023

9. Mengisi Form di Web LPDP dan Menuliskan Essay

Essay juga penting disertakan dalam pertimbangan seleksi administratif ini. Essay yang baik setidaknya 1500-200 kata dengan mencakup alasan mengapa LPDP harus membiayai kamu untuk sekolah, urgensinya apa bagi dirimu, sekitar dan Indonesia. Komponen tersebut dapat diuraikan mulai dari menuliskan latar belakang, dilanjutkan yang sudah ada dan masih kurang, dilanjutkan kekurangan-kekurangan kebutuhan, dan solusi apa yang harus dilakukan. Ditutup dengan Rencana besar apa yang anda lakukan setelah lulus sekolah.

Sebenarnya beasiswa LPDP terbagi ke dalam beberapa jenis dan setiap jenisnya mempunyai ketentuan dokumen berbeda. Untuk ketentuan dokumen lebih detail, silahkan download booklet di website resmi LPDP sesuai jenis beasiswa yang Anda tuju.

Ketika persyaratan administrasi sudah disiapkan dengan lengkap, maka Anda bisa melakukan pendaftaran beasiswa LPDP secara online. Pastikan mengunggah seluruh berkasnya sesuai persyaratan agar lolos seleksi administratif LPDP 2023. 

Referensi lanjutan : https://lpdp.kemenkeu.go.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *