Pahami Cara Mendaftar LPDP 2023 dengan Benar

Pendaftaran Beasiswa LPDP 2023 telah dibuka, simak cara mendaftar, ketahui persyaratannya dan deadline waktunya.

Bila Anda ingin mendapatkan beasiswa LPDP, ada beberapa cara mendaftar LPDP 2023 yang perlu dipahami. LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan sendiri merupakan program bantuan dana pendidikan.

Yang membiayai biaya kuliah serta biaya lainnya. Termasuk juga biaya tempat tinggal untuk menunjang kelancaran proses studi di berbagai universitas yang ada di berbagai negara.

Sama halnya seperti beasiswa lain, bila ingin mengikuti beasiswa LPDP, Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Bila tidak tau caranya, Anda tidak perlu khawatir, kita akan membahasnya secara lengkap di sini.

Cara Mendaftar LPDP 2023

Perlu diketahui, tata cara mendaftar beasiswa ini dibagi ke dalam beberapa tahap. Maka dari itu, Anda perlu mencermati setiap tahapan yang dijabarkan dengan seksama. Berikut ini tahapan-tahapanya :

  1. Lakukan Registrasi Akun

Cara mendaftar LPDP 2023 yang pertama, Anda perlu melakukan registrasi akun secara online lewat https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/. Isi semua informasi akun dan juga informasi pribadi dalam formulir sesuai data yang benar.

Setelah berhasil mengisi formulir pendaftaran, Anda perlu klik tombol buat akun. Perlu diketahui, 1 pendaftar tidak dapat memiliki lebih dari 1 akun, sebab ada verifikasi NIK.

  1. Verifikasi Akun

Cek inbox di email yang telah didaftarkan, pihak LPDP akan mengirimkan pesan aktivasi akun. Jika tidak ada di pesan masuk, cek folder Spam. Tekan tombol verifikasi akun di email aktivasi.

  1. Update Informasi Keluarga dan Data Diri

Setelah berhasil melakukan verifikasi akun, cara mendaftar LPDP 2023 berikutnya, lakukan login di https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/. Pendaftar dapat mengupdate informasi yang sudah diisi sebelumnya, laku tekan Oke dan lakukan verifikasi nomor WhatsApp.

  1. Pendaftaran Beasiswa

  • Sesudah melakukan verifikasi kode OTP via WhatsApp. Anda akan diarahkan ke tombol Beasiswa yang letaknya di pojok kiri atas, kemudian pilih Daftar Beasiswa. Pastikan Anda membaca semua ketentuan.
  • Terkait persyaratan masing-masing program di beasiswa LPDP. Bila sudah yakin dan ingin melanjutkan proses pendaftarannya, klik oke. Berikutnya Anda akan diarahkan di halaman informasi jenis-jenis beasiswa.
  • Terdiri dari Afirmasi, Program Umum serta Targeted Group. Selanjutnya scroll ke bawah, kemudian klik daftar, lalu akan muncul halaman validasi foto. Berikutnya unggah pas foto sesuai kriteria.
  • Setelah berhasil, checklist kotak pernyataan dan pilihlah Daftar Beasiswa. Anda akan diarahkan untuk melakukan validasi data pendidikan. Kemudian masukkan NIM yang sesuai dan klik Validasi.
  • Bila sudah benar, akan muncul verifikasi data pendidikan, kemudian klik Verifikasi untuk melanjutkan proses Cara mendaftar LPDP 2023 berikutnya pilih apakah sudah memiliki LoA Unconditional.
  • Dari perguruan tinggi tujuan LPDP, bila sudah silahkan mengunggah dokumen tersebut di aplikasi pendaftaran. Pilihlah program beasiswa serta program master atau doktor. Dalam atau luar negeri yang sesuai dengan profil.
  • Isi informasi tentang kapan memulai studi yang mencakup tahun serta bulan perkiraan mulai studi. Isi program studi yang akan dipelajari, bila telah terisi, klik berikutnya.
  • Isi informasi tentang Perguruan Tinggi Tujuan serta Prodi yang sesuai LoA unconditional. Jika belum mempunyai LoA unconditional, berikan 3 perguruan tinggi tujuan serta prodi sejenis. Bila sudah klik berikutnya.
  • Setelah itu isi nama kota yang akan menjadi tempat Anda melakukan seleksi substansi. Jawab pertanyaan pada form selanjutnya, apakah kini Anda sedang atau akan menerima beasiswa lain, lalu klik ok.
  1. Lengkapi Informasi Penilaian Diri

Cara mendaftar LPDP 2023 yang terakhir, lengkapi Informasi Penilaian Diri. Pada menu Penilaian Diri ini, Anda perlu mengisi pertanyaan atau form terkait kelebihan dan kekurangan.

Baca juga :   Penyakit Blount (Tibia Vara) pada Anak, Ketahui Penyebab dan Gejalanya

Pengalaman Anda memperoleh beasiswa dari lembaga, organisasi atau institusi lain. Selain LPDP bila memang ada, serta pengalaman Anda terlibat dalam organisasi tertentu. Bila ingin menambah jumlah baris.

Silahkan Anda klik Tambahkan Baris Baru, bila sudah selesai mengisi semua pertanyaan, klik Simpan. Cara mendaftar LPDP 2023 ini sebenarnya cukup mudah, asal Anda harus benar-benar cermat dalam mengisinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *