Persyaratan Mendaftar LPDP 2023 yang Harus Dipenuhi

Simak syarat-syarat Mendaftar LPDP dan siapkan mulai sekarang

Bagi yang ingin mengikuti LPDP, Anda perlu memahami persyaratan mendaftar LPDP 2023 dengan baik. Anda harus mulai mempersiapkan semuanya dari sekarang, karena pendaftaran beasiswa LPDP 2023 akan segera dibuka.

Kementerian keuangan lewat Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Kembali membuka lowongan beasiswa untuk program magister atau S2 dan juga doctor atau S3. Seperti kita ketahui, beasiswa ini paling banyak diburu.

Calon mahasiswa pascasarjana S2 hingga S3 yang ingin kuliah di luar negeri. Bila Anda juga tertarik mengikuti beasiswa ini, ada beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan untuk bisa mengikutinya.

Mengenal Terlebih Dahulu Pengertian LPDP

Saat ini sudah banyak beredar tawaran beasiswa yang bisa dipilih salah satunya seperti beasiswa LPDP. Lantas apa sebenarnya LPDP itu? Singkatan dari apa? Mungkin masih banyak pelajar yang belum mengetahuinya.

Agar lebih paham, sebelum kita bahas persyaratan mendaftar LPDP 2023, kita bahas dulu pengertiannya. LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) ini merupakan lembaga yang bekerja di bawah pengawasan 3 kementrian.

Yakni Kemendikbud, Kemenkeu dan Kemenag. Program beasiswa LPDP sendiri hanya ada 2 yakni untuk S2 atau program magister dan juga S3 atau program Doktor. Untuk dalam maupun luar negeri.

Maksimal masa studi program magister ialah 2 tahun dan program doktor 4 tahun. Bila melebihi masa waktu tersebut, pastinya akan dikenakan penalti bagi pemegang atau pelakasanaan beasiswa tersebut.

Baca juga :   Perbedaan Toefl ETS dan Toefl Prediction dan Link Pendaftaran

Tujuan beasiswa ini untuk mendukung ketersediaan SDM Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas. Memiliki jiwa kepemimpinan serta memberikan efek yang baik terhadap masyarakat luas serta bangsa di masa depan.

Sehingga orang yang mendapatkan kepercayaan serta kesempatan dari LPDP. Ialah orang yang sudah terseleksi lewat beberapa tahapan. Nantinya akan melakukan studi lanjutan Doktor maupun Magister dibiayai oleh LPDP.

Persyaratan Mendaftar LPDP 2023 dan Kategori

Pendaftaran LPDP 2023 sebentar lagi akan dibuka, bagi Anda yang tertarik mengikutinya, Anda wajib memahami apa saja persyaratannya. Berikut ini beberapa persyaratan yang wajib dipersiapkan, antara lain seperti:

  1. Berikut Tiga Kategori Beasiswa LPDP 2023

Sebelum membahas persyaratan mendaftar LPDP 2023, kita bahas dulu kategori yang berhak menerima beasiswa. Berikut ini kategorinya, pastikan bahwa Anda termasuk dalam kategori ini:

  • Reguler atau umum : PTUD atau Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia, Beasiswa Reguler dan juga Beasiswa Co funding
  • Afirmasi : Beasiswa Daerah Afirmasi, Putra-Putri Papua, Beasiswa Prasejahtera serta Beasiswa Penyandang Disabilitas,
  • Targeted : Beasiswa Pendidikan Kader Ulama : Beasiswa TNI, PNS, serta POLRI; Beasiswa Kerja Sama Bidang Metalurgi dan Sains Material serta Beasiswa Kewirausahaan
  1. Persyaratan Mendaftar LPDP 2023

Kini kita akan membahas pembahasan utama kita, yakni terkait persyaratannya. Berikut ini beberapa persyaratan yang harus dipenuhi bila tertarik mengikuti beasiswa LPDP, di antaranya sebagai berikut:

  • Warga negara Indonesia (WNI)
  • Alumnus program D4 atau S1 dan S2 dari perguruan tinggi terakreditasi
  • Tidak sedang menempuh studi degree atau non degree baik itu S2 maupun S3
  • Pelamar tidak sedang mendaftar, menerima, atau akan menerima beasiswa lain
  • Pelamar lulusan luar negeri, wajib untuk melampirkan hasil penyetaraan ijazah serta konversi IPK
  • Wajib melengkapi profil pendaftaran
  • Wajib menandatangani surat pernyataan, file di download di website LPDP.
  • Menuliskan komitmen akan kembali ke Indonesia, rencana pasca studi serta rencana kontribusi sesudah menyelesaikan studi di luar negeri
  • Pendaftar program S3 wajib mempunyai proposal penelitian
  • Sertifikat TOEFL ITP yang dikeluarkan lembaga resmi seperti ETS atau IELTS > 500 untuk pendaftar dalam negeri dan >550 untuk pendaftar studi luar negeri.
  • Rekomendasi Rumah Sakit tempat kembali bagi pendaftar Dokter Sepesialis dan Subspesialis.
  • Tes Bebas Narkoba dan Tes Kesehatan yang dikeluarkan lembaga Resmi Pemerintaahan misal Dokter Spesialis PNS di RSUD.
  • Membuat Essay dan CV yang dilampirkan di website pendaftaran.
Baca juga :   Tentang Tes Substansi LPDP 2023 dan Contoh Pertanyaan

Jadi bagi Anda yang nanti ingin mendaftar beasiswa LPDP, Anda harus memenuhi segala persyaratannya terlebih dahulu. Pahami segala persyaratan mendaftar LPDP 2023 dengan sebaik-baiknya agar Anda bisa lolos seleksi.

Baca lebih lengkap di :
https://lpdp.kemenkeu.go.id/en/beasiswa/umum/beasiswa-reguler-2023/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *