Tentang Tes Substansi LPDP 2023 dan Contoh Pertanyaan

Tes Substansi merupakan tes wawancara dari rangkaian tes beasiswa LPDP. Simak contoh pertanyaan wawancara lpdp dan poin-poinnya.

Bila Anda ingin mendaftar LPDP namun belum tau tentang tes substansi LPDP 2023, tidak perlu khawatir. Di dalam artikel kali ini kita akan membahasnya secara lengkap beserta kiat-kiat dalam menghadapinya.

Kabar baik bagi Anda, para pemburu beasiswa, pendaftaran beasiswa LPDP tahun ini akan segera kembali dibuka. Sama halnya seperti beasiswa pada umumnya, untuk dapat memperoleh beasiswa ini.

Anda perlu terlebih dahulu melewati beberapa tahapan seleksi. Mulai dari seleksi administrasi hingga tes substansi, kali ini kita akan membahas tentang tes substansi beserta kiat-kiat menghadapinya secara lengkap.

Tentang Tes Substansi LPDP 2023

Ada beberapa tahapan seleksi yang harus dilalui, bila Anda ingin bisa mendapatkan beasiswa LPDP. Dan seleksi terakhir ialah seleksi substansi, sebelum kita membahas kiat-kiat dalam menghadapinya.

Kita bahas dulu secara detail tentang tes substansi LPDP 2023. Seleksi ini merupakan runtutan kegiatan yang digunakan untuk menilai kemampuan Anda secara substansi keilmuan, kontribusi serta komunikasi sosial.

Seleksi substansi ini terdiri dari verifikasi berkas, menulis esai, LGD atau leaderless group discussion dan juga wawancara. Pada seleksi menulis esai serta LGD, Anda akan diberi topik permasalahan tertentu.

Lalu Anda diminta untuk mengemukakan pendapat serta solusi untuk permasalahan tersebut. Pada LGD, Anda harus menunjukkan potensi sebagai team player tanpa perlu menjadi dominan atau mengintimidasi.

Baca juga :   Tips dan Trik Lolos Beasiswa LPDP 2023

Panitia akan menilai Anda pada kemampuan berkomunikasi, berinteraksi, menyikapi perbedaan, menganalisis arah diskusi serta mengatasi konflik dan sebagainya. Tidak hanya itu yang perlu Anda ketahui tentang tes substansi LPDP 2023.

Ketika wawancara, Anda akan berhadapan dengan 3 orang yakni sala seorang dari LPDP, psikolog serta 1 orang profesional/dokter atau orang yang ahli di bidangnya. Pertanyaan pada wawancara umumnya seputar.

Serta pengetahuan terhadap universitas tujuan, tema penelitian yang dipilih. Dan juga kontribusi hasil penelitian Anda pada Indonesia secara umum. Perlu diingat, hampir semua wawancara dilakukan dalam bahasa Inggris.

Kiat-Kiat Menghadapi Tes Substansi LPDP 2023

Kali ini kita akan membahas kiat-kiat dalam menghadapi tes substansi ini. Di bawah ini beberapa kiat-kiat jitu untuk menghadapi seleksi substansi, di antaranya sebagai berikut:

  1. Pastikan Bahwa Dokumen yang Diunggah Sudah Sesuai

Bila tadi kita telah membahas tentang tes substansi LPDP 2023 secara lengkap. Kini kita akan bahas kiat-kiat dalam menghadapi tes tersebut. Pertama, pastikan bahwa dokumen yang diunggah sudah sesuai. Simaklah persyaratan mendaftar LPDP dan cara mendaftar LPDP dengan benar.

  1. Berlatih Menulis Esai

Seperti tela dijelaskan sebelumnya, salah satu tesnya ialah menulis esai on the spot. Bila Anda tidak terbiasa menulis esai secara terstruktur. Anda akan memakan waktu lama.

Dan hasilnya tidak akan bisa maksimal. Untuk itu, cobalah berlatih menulis esai dengan berbagai topik, tulis pendapat dan bacalah banyak isu terkini agar kemampuan menulis Anda bisa lebih terasah.

  1. Cermati Bahasa Tubuh Anda Ketika Wawancara

Berikutnya, cermati bahasa tubuh Anda ketika wawancara. Bersikaplah sopan, jaga kontak mata dengan para pewawancara ketika Anda menjawab pertanyaan mereka. Serta duduklah dengan posisi tegap.

Baca juga :   Perbedaan Toefl ETS dan Toefl Prediction dan Link Pendaftaran

Jawab pertanyaan secara langsung, jadi jangan bertele-tele. Bila perlu, berikan contoh pada setiap argumen yang Anda berikan. Dalam menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh pewawancara.

  1. Persiapkan Jawaban yang Tepat untuk Wawancara

Pertanyaan untuk wawancara sangatlah beragam dengan topik dari kegiatan kuliah, tugas akhir hingga rencana masa depan. Untuk itu, jauh-jauh hari sebelum wawancara buat daftar dari apa yang pernah.

Sedang, dan akan Anda lakukan. Agar ketika wawancara Anda tidak perlu mengingat-ingat lagi. Lakukan mock interview dengan orang lain agar Anda terbiasa melakukan tanya jawab.

  1. Pahami Program Studi Tujuan dengan Baik

Mungkin saja pewawancara akan menanyakan kaitan program studi tujuan Anda dengan rencana masa depan. Untuk itu pahamilah dengan baik keunikan dari program studi yang dipilih.

Agar Anda bisa mengkaitkannya dengan rencana masa depan dan juga kontribusi Anda terhadap Indonesia ke depannya. Maka dari itu pahamilah hal yang satu ini dengan benar.

Contoh Pertanyaan Pada Tes Substansi

Pada Tes Substansi, hendaknya jawablah apa yang ditanyakan pewawancara dan jangan muter-muter. Bila salah akui salah, bila tidak tahu akui tidak tahu. Jangan pernah berbohong. Apabila anda berbohong, maka anda akan memunculkan kebohongan anda untuk menutupi kebohongan lainnya. Fokus dan percaya dirilah jadi diri sendiri. Berikut contoh pertanyaan yang mungkin ditanyakan.

1. Silahkan Perkenalkan diri anda!
2. Mengapa dan kenapa ambil prodi atau Jurusan tersebut?
3. Kenapa memilih universitas tersebut? Mengapa kok bukan universitas lain?
4. Bagaimana cara anda agar dapat diterima dan lulus di prodi di universitas tersebut?
5. Coba kemukakan kepada kami bagaimana rencana jangka panjang dan jangka pendek anda!
6. Bagaimana keluarga nanti ketika anda tinggal sekolah?
7. Hal terberat dan kesulitan apa saja yang pernah anda hadapi, bagaimana anda mengatasinya?
8. Mengapa harus lewat beasiswa ini, dan mengapa harus anda yang menerimanya?
9. Bagaimana langkah anda apabila anda tidak direkomendasikan mendapat beasiswa ini?
10. Coba ceritakan bagaimana kurikulum, dan proses pembelajaran baik teknis dan nonteknis di universitas yang anda tuju!

Baca juga :   Mengetahui Tip Menulis Essay LPDP dengan Benar

Jadi bagi Anda yang ingin mengikuti beasiswa LPDP, kini tidak perlu bingung dengan tes substansi. Karena kita tadi telah membahas tentang tes substansi LPDP 2023 secara lengkap beserta kiat-kiat menghadapinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *