Perbedaan Kreatin dan Kreatinin (Creatine vs Creatinine)

0
701

Perbedaan kreatin dan kreatinin, keduanya adalah protein yang ditemukan di darah, dan berfungsi menjaga homeostasis pada tubuh manusia. Keduanya didapatkan dari protein dan paling tinggi ditemukan apda daging. Kadarnya tinggi dalam darah pada orang yang makan banyak daging dibandingkan seorang vegetarian.

PERBEDAAN KREATIN DAN KREATININ

Kreatin (Creatine)

Kreatin adalah substansi yang secara alamiah ditemukan pada vertebrata. Kreatin adalah asam amino yang disimpan palng banyak di otot dan otak. Melalui kreatin, dapat disintesis, dan kebanyakan turunan dari makanan laut dan daging merah. Kreatin dibuat di liver, pankreas dan ginjal. Kreatin diproduksi dari lycin, L-arginin, L-methionin asam amino.

Seseorang mengkonsumsi kreatin secara oral untuk mengobati penyakit otak, penyakit jantung, dan berbagai kelainan neurologis. Kreatin topikal digunakan untuk mengobati penuaan kulit. Kreatin juga dapat mengobati : depresi, fibromyalgia, myopati, muscular distrophi, kram, trauma kepala, skizofren, diabetes, parkinson disease, multipel sklerosis, dan gangguan tidur bayi.

Kreatinin (Creatinine)

Kreatinin adalah senyawa kimia sisa metabolisme yang terbentk pecahan kreatin di sel otot. Produksi kreatin fosfat tergantung dari massa otot individu dan dieliminasi melalui ginjal. Kreatinin dialirkan ke ginjal melalui aliran darah dan difiltrasi serta di ekskresi melalui urin. Kadar kreatinin pada laki-laki lebih tinggi dibandingkan wanita karena otot skeletal pria lebih besar dibandingkan wanita.

Kadar kreatinin darah dan urin dapat digunakan untuk menentukan clearence dari kreatinin, dan menentukan GFR (Glomerural Filtration Rate). Hal ini berguna untuk memonitor kerusakan ginjal. Jika terjadi kerusakan ginjal, maka kadar kreatinin urin meningkat. Rendahnya kadar kreatinin mengindikasikan muscular distrofi, malnutrisi, dan multiple sklerosis. Beberapa manfaat creatinin clearance adalah:

  1. Tidak membutuhkan akses Intravena
  2. Dapat dengan mudah diestimasi
  3. Merupakan metabolit normal ditubuh
Baca juga :   Perbedaan Ikterus Fisiologis dan Patologis (lengkap)

TABEL PERBEDAAN KREATIN DAN KREATININ

Perbedaan Kreatin Kreatinin
Definisi Asam amino yang diproduksi alamiah di ginjal, liver dan pankreas. Sisa metabolisme yang dibuang hasil dari produksi otot, dengan pemecahan kreatin
Rumus Molekul C4H9N3O2, dengan nama ilmiah 2- carboksimidoyl methyl amino acetic acid. C4H7N3O, dengna nama ilmiah 2-amino-1-metil, 5h, imidazol, 4 one.
Fungsi Berupa asam organik, dibuat ditubuh, dan didapatkan dari produk daging. Membantu jaringan otot membentuk energi, mempercepat pertumbuhan otot, mencegah penyakit neurologis, mengurangi diabetes, memperbaiki performa olahraga. Dapat dalam bentuk suplemen, untuk meningkatkan performa atletik dan kekuatan otot. Tidak berupa asam organik. Kreatinin di darah menjadi penentu fungsi ginjal. Jika terjadi penyakit ginjal, maka kreatinin darah meningkat.
Tujuan Disimpan di otot dan meningkatkan massa otot. Bila kreatinin diproduksi, maka mengurangi massa otot.
Efek samping Bila kreating tinggi, menyebabkan: mual, diare, kram otot, nyeri perut, dan denyut jantung tidak teratur. Tingginya kreatinin menyebabkan: gagal ginjal, edema dan bengkak tubuh, mual dan muntah, sesak nafas, dehidrasi.
Struktur Berupa molekul linier dengan massa molar 131 g/mol Berupa struktur heterosiklik, dengan massa molar 113 g/mol.

Referensi:
Cooper R et al. 2012. Creatine Supplementation.
Lee IT et al. 2016. The Impact of Creatinine Clearance rate.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here