Jangan Dikorek! Cara Membersihkan Telinga dengan Aman

Jangan Korek Kuping, Ini Penjelasannya Lebih Lanjut

Hidup Sehat198 Views

Bagi Anda yang masih mengorek kuping untuk membersihkannya, sebaiknya berhenti karena ada cara membersihkan telinga lebih aman dan tidak menimbulkan cedera.

Menjaga kebersihan telinga adalah tanggung jawab setiap individu agar memastikan organ tetap berfungsi dengan baik. Masyarakat Indonesia sendiri masih banyak menganggap mengorek kuping adalah cara terbaik untuk membersihkan kotoran telinga.

Sebenarnya kebiasaan ini justru akan membahayakan organ telinga Anda. Untuk menghindari risiko kerusakan atau cedera kami akan memberitahu cara terbaik dan paling aman.

Jangan Korek Kuping, Ini Penjelasannya Lebih Lanjut

Mengorek kuping dengan cara yang tidak benar atau tidak hati-hati akan menyebabkan kerusakan pada telinga. Bahkan akan memicu beberapa macam masalah kesehatan terhadap telinga.

Berikut ini beberapa bahaya yang dapat terjadi jika Anda terus mengorek kuping dengan cara yang salah.

1.      Cedera Telinga

Kuping adalah organ yang sangat sensitif dan sangat rentan terhadap cedera. Menggunakan benda tajam atau benda asing untuk mengorek kuping akan merusak jaringan telinga pada bagian dalam.

Termasuk gendang telinga, sehingga akan menyebabkan rasa sakit, pendarahan hingga yang terburuk infeksi.

2.      Infeksi

Mengorek kuping bukan cara membersihkan telinga yang aman, karena mengorek kuping menggunakan benda asing atau jaring yang kosong akan mengintroduksi virus, bakteri, atau jamur ke dalam saluran telinga.

Baca juga :   Bahaya Konsumsi Nitrogen Cair pada Ciki Ngebul

Kondisi ini akan menyebabkan infeksi telinga yang bisa menyakitkan dan memerlukan perawatan medis.

3.      Kerusakan pada Gendang Telinga

Membersihkan telinga dengan cara mengorek juga bisa merusak gendang telinga. Gendang telinga adalah membran tipis yang memisahkan telinga bagian dalam dan tengah.

Mengorek kuping terlalu keras apalagi menggunakan benda tajam akan merobek atau merusak gendang telinga. Jika sudah rusak maka akan mengganggu pendengaran dan memerlukan perawatan operasi.

Cara Membersihkan Telinga dengan Aman

Untuk membersihkan kuping dengan aman, ada beberapa cara yang aman untuk Anda lakukan. Berikut ini cara membersihkan kuping dengan aman dan mencegah timbulnya masalah telinga.

1.      Menggunakan Kain yang Lembab

Metode pertama yang bisa Anda coba adalah menggunakan kain yang lembab. Berikut ini langkah-langkah cara membersihkan telinga menggunakan kain yang lembab.

a.      Basahi sepotong kain atau handuk menggunakan air hangat. Pastikan air tersebut tidak terlalu panas karena suhu yang terlalu tinggi akan merusak telinga.

b.      Peras kain tersebut agar tidak terlalu basah, pastikan hanya lembab saja bukan basah berlebihan.

c.       Gunakan kain yang telah lembab itu untuk membersihkan bagian luar telinga. Usap dengan lembut, hindari memasukkan kain ke dalam saluran telinga.

Metode ini sangat efektif untuk membersihkan bagian luar telinga dari kotoran atau sisa-sisa yang masih ada. Tetapi ingat untuk selalu melakukannya dengan lembut agar tidak menyakiti atau merusak telinga.

Baca juga :   Berbagai Khasiat Minyak Hati Ikan Kod untuk Kesehatan

2.      Gunakan Obat Tetes Pembersih Telinga

Metode kedua yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan obat tetes pembersih telinga. Biasanya obat ini akan Anda temukan di apotek tanpa perlu resep dokter. Berikut ini langkah-langkah membersihkan telinga menggunakan obat tetes.

Pilih obat tetes yang paling cocok, atau Anda bisa menggunakan baby oil, gliserin, hidrogen peroksida dan karbamid peroksida.

a.      Ikuti petunjuk penggunaan pada kemasan obat tetes.

b.      Teteskan obat ke dalam telinga sesuai dengan dosis yang direkomendasikan.

c.       Biarkan obat tetes tersebut bekerja, biasanya sekitar 15 sampai dengan 30 menit.

d.      Anda bisa melakukan pembersihan telinga dengan lembut menggunakan kain yang lembab seperti yang dijelaskan pada metode sebelumnya.

Obat tetes pembersih telinga membantu melunakkan kotoran telinga sehingga lebih mudah dibersihkan. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan obat tetes tersebut dengan teliti dan tidak menggunakan benda tajam atau benda asing lainnya.

Sebelum Anda memutuskan akan memilih metode yang mana, sangat penting untuk selalu mengutamakan keamanan dan kehati-hatian. Dengan cara membersihkan telinga yang aman, Anda bisa menjaga kesehatan telinga dan menghindari berbagai masalah kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *