Perbedaan Mitosis dan Meiosis (Lengkap)

Mitosis vs Meiosis

0
1738

Perbedaan mitosis dan meiosis, berdasarkan tas pembelahan sel untuk multiplikasi, meliputi distribusi material genetik, DNA, dan dua sel anakan. Material genetik diwariskan ke generasi berikutnya tanpa ada kesalahan. Ini terjadi melalui dua metode, yaitu mitosis dan miosis. Keduanya membantu pembelahan sel melalui sisi berbeda dan fungsi yang berbeda.

Selama mitosis, sel berduplikasi isinya dan membentuk dua sel anakan yang identik. Sedangkan miosis dihasilkan dari pembentukan 4 halpoid sel anakan melalui dua tahapan. Mitosis secara esensial memproduksi sel baru sedangkan miosis lebih memproduksi gamet.

Perbedaan Mitosis dan Meiosis

  1. Apa itu Mitosis

Mitosis membantu memproduksi sel anakan dengan identik dengan sel orangtua. Untuk sel orangtua haploid, sel anakan juga akan haploid. Ini membentuk diploid sel anakan sama dengan sel orangtua diploid. Pembelahan sel mengijinkan organisme multiseluler untuk tumbuh dan memperbaiki kerusakan jaringan. Tahapan siklus sel fase mitosis adalah Interfase, Profase, Metafase, Anafase da Telofase. DNA bereplikasi pada fase S dari interfase.

Proses juga berguna pada reproduksi aseksual dan pertumbuhan. Ini sering disebut dengan Pembelahan sel somatik yang terjadi pada sel vegetatif. Mitosis tidak menciptakan variasi generasi. Ini menjadi dasar teknologi kloning. Prosesnya baik untuk mengetahui hubungan dan komplektisitas multipel endosimbiosis.

Kerugian dari mitosis adalah perkembangan yang tidak terkendali, dan menjadi sel tumor dan jaringan kanker. pada penelitian, aplikasi mitosis terbakar pada struktural dan perubahan genetik. Sangat sulit untuk menghubungkan nya dengan basis data mitosis itu sendiri.

  1. Apa itu Meiosis

Meiosis adalah salah satu pembelahan sel yang berguna dalam reproduksi seksual. Ini meliputi pembentukan gamet halpoid yang dapat berfusi dan membentuk zigot. Ketika zogot haploid dan fusi dari gamet bisa, maka variasi dapat terjadi pada generasi berikutnya. Rekombinan lebih sering terjadi pada meiosis dalam bentuk lokalisasi gen dan metode pemetaan gen.

Baca juga :   Perbedaan Asam Amino Esensial dan Non Esensial

Miosis meliputi pembelahan dua sel dari pembentukan 4 gamet halpoid. Ini membantu reparasi DNA selama proses multiplikasi. Tahapan dari meiosis, diantaranya: Interfase, Profase 1, Metafase I, Anafase I, Telofase I, Profase II, Metagase II, Anafase II dan Telofase II.

Tabel perbedaan Mitosis dan Meiosis

Kadua proses mitosis dan meiosis memiliki fungsi yang berbeda. Mitosis adalah pertumbuhan esensial dan reparasi, sedangkan meiosis lebih ke reproduksi. Dengan mengetahui persamaan dan perbedaan alamiah, dapat membantu dilakukan penelitian lebih lanjut, seperti menemukan obat baru yang mencegah mekanisme. Proses tersebut berlangsung selama perkembangan sel.

Pembeda MITOSIS MEIOSIS
Jumlah Pembelahan Hanya satu pembelahan Biasanya dua pembelahan dan lebih bertahap
Tujuan Untuk reproduksi aseksual, pertumbuhan dan reparasi sel Membutuhkan rekombinan dan proses reproduksi seksual
Isi Duplikasi Konten berupa kromosom dan material sitoplasma. Tidak diplikasi kromosom dan sitoplasma pada pembelahan pertama. pembelahan kedua sama dengan mitosis dan jumlah kromosom tidak berkurang
Persilangan Tidak terjadi persilangan Terjadi proses persilangan (Cross over)
Sentromer Sentromer terpisah pada fase anafase Sentromer tidak terpisah pada fase anafase I, tetapi pada anafase II meiosis
Sitokinesis Sitokinesis terjadi hanya sekali Sitokinesis terjadi dua kali, yaitu pada fase telofase I dan telofase II.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here