Jenis Probiotik : Manfaat hingga Sumber Alamiahnya

0
278

Jenis probiotik meliputi bifidobakteria (bakteria baik yang terdapat pada makanan dan suplemen) dan laktobasilus (bakteri yang memproduksi laktase, enzim pemecah laktosa dan gula susu). Probiotik adalah bakteri baik yang bermanfaat terhadap fungsi tubuh dan kesehatan anda.

Banyak probiotik samahalnya dengan bakteri flora normal yang tinggal di tubuh. Bakteri baik ini didapat dari beberapa sumber, dan biasanya berupa makanan fermentasi, seperti: Yogurt, keju dan sayuran. Konsep mengkonsumsi mikroba baik untuk menjaga kesehatan dimulai sejak tahun abad 19. Terminologi probiotik relatif baru.

Penelitian tentang probiotik memang belum sepenuhnya tuntas, dan belum memberikan kesimpulan tengang semua manfaat dari probiotik terhadap kesehatan dan pengobatan terhadap penyakit. Sekarang banyak probiotik tersedia dalam sediaan makanan dan suplemen komersial. Berdasarkan data NCCIH, penjualan dari probiotik telah meluas dan banyak.

Manfaat Probiotik bagi Kesehatan

Usus terdapat lebih dari 100 milyar mikroorganisme dengan spesies lebih dari 500 jenis. Bakteri tercampur unik, dan sepertihalnya sidik jari. Terkadang, penyakit dan stress dapat mengubah keseimbangan bakteri dan menjadi masalah pencernaan.

Probiotik bekerja dengan mengubah komposisi bakteri di usus dan aktifitas metabolik bakteri. Bakteri baik akan menyingkirkan bakteri jahat. Sehingga bakteri jahat tidak dapat berkembang berat, dan tidak dapat menyebabkan infeksi serta peradangan. Contohnya, terlalu banyak jamur di tubuh, maka akan memicu infeksi jamur.

Probiotik akan membantu pencernaan dan membuat tubuh mengekstraksi nutrisi dari makanan. Bakteri baik juga memproduksi enzim dan protein yang menghambat dan membunuh bakteri jahat. Strain spesifik dari probiotik juga memperbaiki imunitas anda. Beberapa bakteri dibutuhkan untuk pembentukan vitamin K dan memperlancar penyerapan makanan. Berikut manfaat probiotik berdasarkan ACG, diantaranya:

  • Memperlancar pencernaan
  • Mencegah diare
  • Mencegah infeksi vagina
  • Mencegah penyakit autoimun
  • Membersihkan infeksi saluran kemih dan infeksi kulit
Baca juga :   Penyebab Mata Kuning pada anak dan dewasa

Yang perlu diingat, tidak semua orang berespon baik pada probiotik yang sama. Beberapa dokter memberikan probiotik ketika disertai pemberian antibiotik. Ini karena antibiotik akan membunuh bakteri. Probiotik membantu menjaga keseimbangan dan kesehatan usus.

Jenis Probiotik yang sering digunakan

Kebanyakan probiotik yang sering dikonsumsi ada dua macam, yaitu bifidobakteria dan lactobacillus. Berikut penjelasannya:

  1. Bifidobakteria

Bakteri jenis ini terdapat pada makanan dan suplemen. Bakteri ini akan membantu : meningkatkan imunitas, menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya di usus, menghancurkan laktosa menjadi nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

  1. Lactobacillus

Spesies bakteri ini bertugas memproduksi laktase (enzim pemecah laktose atau gula susu). Bakteri ini juga memproduksi asam laktat. Asam laktat akan mengendalikan populasi bakteri jahat, dan meningkatkan penyerapan mineral. Lactobasilus secara alamiah terdapat pada : mulut, usus halus dan vagina.

Jenis Probiotik berdasarkan Spesiesnya

Masing-masing probiotik memiliki efek yang berbeda terhadap tubuh kita. Anda akan melihat strain probiotik tersebut pada label kemasan. Biasanya bifidobakteria disingkat dengan B. Dan Lactobacillus disingkat dengan L. Apabila kombinasi, diberinama acidophilus. Berikut strain yang ada:

  • Animalis : terdapat pada produk yogurt Dann*n, yaitu Activi*a. ini membantu proses pencernaan dan melawan bakteri jahat serta meningkatkan imunitas anda.
  • Breve : terdapat pada saluran cerna dan Vagina dan melawan jamur. Ini juga membantu penyerapan nutrisi dengan fermentasi gula serta memecah serat agar mudah tercerna.
  • Lactis : ini merupakan turunan dari susu, dan bahan probiotik produk Nestl*e. Juga terdapat pada mentega susu, dan keju.
  • Longum : strain ini terdapat pada saluran pencernaan dan membantu memecah karbohidrat dan juga sebagai antioksidan.
  • Acidophilus : strain ini terdapat pada usus halus dan vagina. Ini akan membantu pencernaan dan melawan bakteri vagina. Anda akan menemukanya pada yogurt dan minuman kedelai fermentasi.
  • Reuteri : strain ini ditemukan pada mulit. Penelitian menunjukkan dapat menurunkan bakteri oral dan berfungsi membantu sistem pencernaan.
Baca juga :   Sering berkeringat : Penyebab hingga Cara mengobati

Menambahkan Probiotik ke dalam Makanan Anda

Menambahkan probiotik ke dalam menu makanan anda, sebaiknya dengan anjuran dokter. Terdapat makanan yang dengan mudah anda peroleh untuk memperoleh probiotik, seperti: Yogurt, keju fermentasi, sayuran fermentasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here