6 Obat Pelancar ASI Terbaik, Efektif Tingkatkan Produksi ASI

ASI booster terbaik yang bisa dicoba

Obat pelancar ASI bermanfaat untuk membantu melancarkan dan memecahkan masalah produksi ASI. Sebab tidak jarang wanita baru saja melahirkan akan merasa lelah dan belum bisa menyesuaikan diri dengan tanggung jawab barunya sebagai seorang ibu.

Dalam dunia medis ASI booster sering kali disebut sebagai lactagogue. Lactagogue mampu meningkatkan produksi air susu dan efektif diberikan 3 minggu setelah melahirkan. Namun juga bisa dikonsumsi ketika Anda merasa produksinya berkurang.

Obat yang dikategorikan sebagai lactagogue juga terbilang cukup beragam. Namun dokter tidak sembarangan meresepkan obat tersebut karena memiliki efek samping dan perlu dipertimbangkan sebelum mengonsumsinya. ASI berbeda dengan susu formula, sehingga produksinya sangat diharapkan optimal.

Rekomendasi Obat Pelancar ASI Agar Produksi Meningkat

Untuk mengatasi permasalahan air susu serat karena faktor tertentu, jangan langsung beralih ke susu formula. Ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai produk ASI booster apa yang bisa digunakan untuk membantu tingkatkan produksi air susu. Jenis ASI ada Foremilk, Hindmilk dan Kolustrum.

Saat ini sudah ada banyak sekali merek obat dan suplemen pelancar ASI yang terpercaya dan mampu mengembalikan produksi air susu agar lebih maksimal. Berikut beberapa rekomendasi obat pelancar ASI terbaik dan bisa Anda pertimbangkan.

1.     Asifit

Asifit banyak dikenal kalangan ibu sebagai salah satu ASI booster terpercaya. Bahkan harganya juga terbilang cukup terjangkau dibanding para kompetitornya. Meski demikian Anda tidak perlu merasa ragu dengan kandungan yang ada di dalamnya. 1 kapsulnya mengandung : Ekstrak daun katuk (Sauropus Androgynus)1Soka S, 2010. Effect of Sauropus androgynus leaf extracts on the expression of prolactin and oxytocin genes in lactating BALB/C mice 114 mg, vitamin B12 20 mcg, vitamin B6 15 mg, vitamin B2 25 mg, vitamin B1 10 mg.

Baca juga :   Ketahui VBAC, Melahirkan Normal dengan Riwayat Pernah Sesar

Produk Asifit kaya akan vitamin B12, B6, B2, dan B1. Selain mengonsumsi Asifit Anda juga perlu menjaga pola makan dan memastikan kebutuhan gizi tercukupi setiap harinya agar produksi air susu dapat berjalan lancar.

2.     Herbamed Lactaron

Herbamed Lactaron merupakan rekomendasi obat pelancar ASI selanjutnya yang bisa Anda coba. Produk ini tersedia dalam bentuk kapsul dan menggunakan 100% bahan alami yang dipercaya efektif untuk meningkatkan produksi air susu. 1 kapsulnya mengandung : Sauropus androgynus (katuk) 80 mg, Curcumae xanthorrhiza rhizoma (temulawak) 20 mg, Foeniculum vulgare fructus (adas) 45 mg, Elephantopus scaber herba (tapak liman) 25 mg, Andrographis paniculata herba (sambiloto) 50 mg, Curcuma domestica rhizome (kunyit) 30 mg.

Sudah barang tentu jika Herbamed Lactaron aman digunakan untuk ibu menyusui. Bahan yang terkandung di dalamnya berasal dari daun katuk serta rempah-rempah seperti kunyit, temulawak dan daun adas.

Kandungan tersebut sudah dipercaya sejak lama efektif meningkatkan kuantitas ASI secara alami. Selain itu pastikan untuk selalu mencukupi kebutuhan nutrisi dan menghindari stres berlebihan.

3.     Mom Uung

Mom Uung merupakan obat pelancar ASI herbal yang mampu meningkatkan kuantitas air susu ibu. Produk ini juga dapat melengkapi kebutuhan nutrisi ibu serta bayi dalam kandungan yang berkualitas. 1 kapsulnya mengandung : Ekstrak Moringa oliefera folium (Daun Kelor)2Fungtammasan S, 2021. The effect of Moringa oleifera capsule in increasing breastmilk volume in early postpartum patients: A double-blind, randomized controlled trial. doi: 10.1371/journal.pone.0248950. eCollection 2021 200mg Ekstrak Channa striata (Ikan Gabus) 200mg Ekstrak Sauropus androgynous (Daun Katuk) 100mg.

Baca juga :   Persiapan Operasi Sesar ERACS, Proses dan Paska Operasi

Mom Uung mengandung ekstrak daun kelor yang berfungsi untuk meningkatkan hormon prolaktin. Produk ini juga mengandung ekstrak ikan gabus yang kaya akan protein. Sedangkan untuk ekstrak daun katuk mengandung protein dan vitamin B6, C serta D.

4.     Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold

Rekomendasi obat pelancar ASI selanjutnya yang bisa Anda coba adalah Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold. Suplemen ini bermanfaat membantu meningkatkan kualitas air susu yang dihasilkan.

Caranya dengan memenuhi kebutuhan nutrisi ibu atas asam folat, kalsium, zat besi, DHA dan mineral. Ibu menyusui dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen ini dua kali sehari secara teratur.

5. Herbiology Breastfeeding

Herbiology Breastfeeding merupakan suplemen pelancar air susu ibu yang mengandung ekstrak daun kelor, daun katuk dan biji klabet. Suplemen pelancar ASI ini tidak mengandung zat pewarna, bahan pengawet, bahan kimia, obat dan aroma. Satu takarnya mengandung Sauropus Androgynus (daun katuk) extract 400 mg Moringa Oliefera (Daun kelor) extract 50 mg Trigonella Foenum-Graecum (fenugreek/klabet) extract 50 mg.

Jadi sudah bisa dipastikan bahwa produk Herbiology Breastfeeding aman dikonsumsi untuk ibu menyusui. Anda bisa mengonsumsi suplemen ini sebanyak 2-3 kali sehari diiringi dengan memenuhi cairan dalam tubuh minimal 8 gelas dalam satu hari.

6. Lactamor

Bentuknya berupa tablet dan berisi extrak fenugrek. Fungsi sebagai ASI booster dapat di coba karena kandungan ekstrak daun katuk dan fenugreknya3Khan MT, 2018. Effectiveness of fenugreek as a galactagogue: A network meta-analysis. Selain sebagai Asi Booster, lactamor juga dapat digunakan untuk melancarkan ASI. Lactamor diberikan 3 kali 1 kaplet. Setiap kapletnya mengandung Fenugrek 600mg, Sauropus Androginus 100mg, dan Vit B12 20mcg.

Baca juga :   Cara Menghitung HPL Kelahiran Bayi

Ada banyak sekali suplemen yang bisa Anda pilih untuk membantu melancarkan produksi air susu ibu. Selain mengonsumsi obat pelancar ASI hal yang tidak kalah penting adalah menjaga istirahat dan mengurangi stres yang bisa berdampak terhadap produksi air susu.

Take Home Message

ASI tidak keluar atau ASI tidak lancar memiliki banyak penyebab. Penggunaan ASI booster hendaknya berkonsultasi ke dokter spesialis anak dan dokter spesialis kandungan anda. Bagaimanapun dalam laktasi dan menyusui, harus dicari tahu penyebab ketidak lancarannya, apakah karena faktor fisiologis atau patologis, seperti ada penyakit tertentu hormonal, tumor, infeksi, dan lainnya. Dosis penggunaannya juga sebaiknya berkonsultasi ke Dokter terbaik anda. Terakhir, semangat menyusui mommy semua.

Referensi

  • 1
    Soka S, 2010. Effect of Sauropus androgynus leaf extracts on the expression of prolactin and oxytocin genes in lactating BALB/C mice
  • 2
    Fungtammasan S, 2021. The effect of Moringa oleifera capsule in increasing breastmilk volume in early postpartum patients: A double-blind, randomized controlled trial. doi: 10.1371/journal.pone.0248950. eCollection 2021
  • 3
    Khan MT, 2018. Effectiveness of fenugreek as a galactagogue: A network meta-analysis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *