Sirup Paracetamol yang Aman Bagi Anak

Tersebarnya Etilen Glikol berlebih pada sirup memicu peningkatan kasus Gagal Ginjal pada anak

Kebutuhan anak dan balita terhadap sirup Paracetamol yang aman termasuk tinggi. Terlebih demam banyak terjadi pada usia tersebut karena berbagai macam penyebab. Pastinya membuat panik dan kebingungan untuk mengatasinya.

Apalagi masalah semacam ini membuat buah hati rewel bahkan seringkali disertai dengan nyeri. Tidak heran jika dibutuhkan penyembuhan salah satunya memakai paracetamol. Apalagi menjadi obat analgesik dan antipiretik efektif. Ancaman Gagal ginjal pada anak karena kandungan etilen glikol pada sirup menjadi ancaman sendiri.

Tentunya efektif untuk menurunkan gejala sakit kepala, nyeri, demam hingga flu. Jika mengalami masalah nyeri pada beberapa bagian tubuh juga disarankan memilihnya. Banyak yang membuktikan dapat menjadi pertolongan pertama. Paracetamol sendiri memiliki dosis 10-15 mg/kgbb. Misal anak memiliki berat badan 10 kg, maka dapat diberikan paracetamol sebanyak 100mg hingga 150mg.

Pilihan Sirup Paracetamol yang Aman Pada Anak atau Balita

Walaupun banyak obat tersedia, jenis sirup lebih dipilih pada buah hati dibandingkan tablet. Varian, merek sampai rasa yang tersedia juga melimpah. Sirup ini dapat bermanfaat menurunkan demam pada anak, seperti demam berdarah dan demam tipes. Tapi tetap harus memilihkan yang dijamin paling aman manfaatnya.

  1. Pamol Sirup

Pamol syrup begitu efektif digunakan untuk menurunkan rasa nyeri. Bahkan jika balita sedang mengalami demam, juga diperbolehkan memakainya. Apalagi dilengkapi 60mg paracetamol dan terhitung setiap 0.6ml.

Baca juga :   Tips dan Tutorial Merawat Luka Operasi Sesar Agar Anda Cepat Pulih

Kemampuannya sebagai sirup Paracetamol yang aman pastinya dibuktikan. Tapi agar semakin maksimal, pastikan agar sebelum dikonsumsi untuk makan dulu. Untuk harga Pamol sendiri ada pada kisaran 50-90 ribuan per kemasan.

  1. Apetic Sirup

Apetic sirup termasuk sebagai obat dengan kandungan paracetamol 120ml per 5ml. Pastinya bisa mendorong untuk menurunkan sakit kepala sampai demam. Bukan hanya itu, jika dipakai menurunkan sakit gigi juga terbilang baik.

Sebagai sirup paracetamol, sebenarnya juga dapat dikonsumsi oleh dewasa. Tapi setiap golongan usia tentu dilengkapi pemakaian berbeda-beda. Tentunya cukup aman karena bisa dikonsumsi sebelum maupun setelah makan.

  1. Panadol Anak

Panadol telah dikenal sebagai merek obat populer. Tentu terdapat produk tablet yang bisa dikonsumsi oleh orang dewasa. Tapi terdapat juga jenis sirup di mana dapat dikonsumsi anak berusia 1-6 tahun.

Setiap 1 ml sendiri telah dilengkapi kandungan 32ml paracetamol. Belum lagi ditambahkan juga kandungan raspberry sehingga terasa lebih nikmat. Tentu mudah dikonsumsi dan menyembuhkan demam, nyeri atau sakit dengan baik.

  1. Termorex

Termorex pastinya menjadi andalan sirup Paracetamol yang aman untuk anak maupun balita. Terlebih menjadi obat penurun demam terbaik karena tanpa alkohol. Belum lagi seriap 5ml punya kandungan hingga 160mg paracetamol.

Kalau melihat dari rasanya nikmat karena dilengkapi dengan pilihan jeruk. Artinya semakin mudah dikonsumsi, terlebih rasanya juga tidak pahit. Kemudian tujuan menurunkan demam, nyeri kepala hingga sakit gigi dibantu maksimal.

  1. Sanmol

Sanmol masih termasuk sebagai sirup Paracetamol yang aman dan disarankan. Untuk 5ml pada obat ini telah diberikan kandungan 120mg paracetamol. Artinya begitu ampuh menyembuhkan demam, sakit kepala hingga sakit gigi.

Baca juga :   Feses berwarna Hijau, apa arti dan sebabnya?

Selain itu bisa dikonsumsi untuk bayi sehingga keamanannya cukup baik. Apabila ingin mendapatkannya, Anda juga bisa menemukannya di apotek terdekat. Rata-rata akan dijual dengan harga 30 ribuan pada kemasan 60ml.

  1. Tempra Syrup

Tempra Syrup sebagai sirup Paracetamol yang aman dilengkapi tiga variasi dan cocok pada balita. Manfaat utamanya yakni sebagai antipiretik atau pereda demam. Selain itu sebagai analgesik atau membantu meredakan nyeri.

Anda perlu mengetahui berapa dosis karena tidak boleh melebihi 5 kali konsumsi per hati. Terlebih berlebihan bisa menyebabkan masalah hati. Jika konsumsi tidak kunjung sembuh, perlu memeriksakan segera ke dokter.

  1. Praxion

Praxion Syrup tergolong obat yang mampu membantu meredakan demam pada anak. Bukan hanya itu, tapi bermanfaat menyembuhkan sakit gigi dan sakit kepala. Apalagi ada kandungan 120mg micronized dan 5ml Paracetamol.

Tentu Praxion punya daya takar tersendiri untuk dikonsumsi sesuai umur. Kalau berkaitan dengan harganya yakni 30 ribuan pada ukuran 250mg.

Setiap sirup Paracetamol yang aman tersebut aman dikonsumsi bagi anak. Kasus keracunan etilen glikol dapat memicu gagal ginjal pada anak. Meskipun sirup tersebut relatif aman, tetaplah berhati-hati dan simak terus update dari BPOM dan kementrian Kesehatan terkait update informasi penggunaan sirup yang aman.

Referensi:
Lampiran BPOM tentang Sirup yang aman dikonsumsi NOMOR HM.01.1.2.12.22.191, 29 Desember 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *