Ketahui VBAC, Melahirkan Normal dengan Riwayat Pernah Sesar

VBAC adalah Vaginal Birth After Caesarean yang berarti Melahirkan Normal pasca operasi caesar

Melahirkan normal dengan riwayat pernah sesar sering dilakukan ibu hamil. Disebut VBAC atau singkatan dari Vaginal Birth After Caesarean. Tapi harus diketahui ternyata persalinan VBAC tidak bisa dilakukan semua orang.

Sebenarnya banyak ibu mengandung yang melahirkan caesar disarankan melakukan lagi pada anak selanjutnya. Tapi jika memilih VBAC, bukan menjadi masalah. Terlebih menjadi prosedur aman selama sudah memenuhi persyaraannya.

Tidak ketinggalan harus mendapatkan persetujuan dari dokter kandungan. Jika tertarik melakukannya, pastikan memahami manfaat beserta risikonya terlebih dulu. Persiapan dan perlengkapan juga dibutuhkan sehingga berjalan lancar.

Mengenal VBAC atau Melahirkan Normal Dengan Riwayat Pernah Sesar

Sebelum melakukan VBAC, tidak boleh sembarangan dilakukan oleh siapapun. Pastinya dibutuhkan berbagai hal yang perlu diketahui agar dipahami. Perlu pertimbangan matang untuk melahirkan normal dengan riwayat sesar.

Pada dasarnya banyak sekali pertimbangan perlu dilakukan jika sebelumnya pernah operasi caesar. Dokter akan memeriksa kondisi Anda terlebih dahulu. Terutama agar mengetahui supaya kondisinya maksimal untuk melakukan VBAC.

Tentunya terdapat pertanyaan mengenai siapa saja yang boleh melakukan prosedur VBAC. Anda harus memenuhi syarat seperti punya bekas jahitan garis horizontal. Termasuk baru melakukan operasi caesar sekali dalam hidupnya.

Jika ingin melahirkan normal dengan riwayat pernah sesar, persalinan terjadi spontan setelah induksi. Hal ini berguna agar kontraksi dapat berjalan lebih cepat. Termasuk perkiraan berat janin lebih kecil dibandingkan sebelumnya. Baca juga tentang hamil palsu.

Baca juga :   Gumoh Bayi : Mana yang Normal mana yang Tidak

Nantinya juga diperiksa tulang panggulnya agar besar sehingga sesuai. Syarat yang tidak kalah penting yakni belum pernah operasi berat rahim. Selain itu tidak punya kondisi medis pada vagina yang berisiko.

Selain ibu hamil diperbolehkan, tentunya terdapat siapa yang tidak dianjurkan menjalankan VBAC. Misalnya sebelumnya baru melakukan caesar sekali tapi sayatan rahimnya vertikal. Tidak diperbolehkan karena risikonya terlalu tinggi.

Kalau ingin melahirkan normal dengan riwayat pernah sesar tapi bekas sayatan tidak diketahui, juga dilarang. Terlebih jika pernah mengalami operasi atau robek pada rahim. Misalnya disebabkan mengangkat tumor rahim jinak.

Tidak ketinggalan hamil usia terlalu tua, obesitas atau berat bayi terlalu besar juga dilarang. Artinya sama apabila mengalami hamil 3 bayi atau lebih. Pemeriksaan dokter membantu diperbolehkan atau tidak diperbolehkan. Baca lengkap di panduan ibu hamil.

Manfaat Persalinan Normal Tapi Punya Sejarah Caesar

VBAC telah digolongkan sebagai prosedur persalinan yang dianggap cukup aman. Bahkan dilengkapi potensi keberhasilan sangat tinggi sehingga dirasankan. Tidak ketinggalan anak maupun bayi tetap diberikan berbagai manfaat terbaik.

  1. Perjuangan Lebih Besar

Memiliki perjuangan lebih besar pada dasarnya menjadi kelebihan yang ingin dicari seorang ibu. Terlebih karena caesar dibutuhkan anestesi atau obat bius. Artinya mampu mengurangi rasa sakit sehingga mudah mengeluarkan bayi.

Berbeda jika melahirkan normal dengan riwayat pernah sesar. Disini untuk mengeluarkan bayi harus mengejan sekuat tenaga agar keluar. Tidak heran jika memiliki perasaan haru dan perjuangan besar karena risikonya kematian.

  1. Mempercepat Proses Pemulihan

Manfaat supaya mampu mempercepat proses pemulihan begitu dirasakan karena persalinan melalui vagina bukan caesar. Artinya waktu rawat inap kemudian lebih singkat. Jadi, dapat segera melakukan kegiatan seperti biasa kembali.

  1. Mengurangi Dampak Buruk

Memilih melahirkan normal dengan riwayat pernah sesar, menurunkan dampak buruk. Terlebih jika sebelumnya sudah melakukan lahiran dari caesar dan kandungan selanjutnya normal. Tentu bisa meminimalisir risiko yang buruk.

Baca juga :   Feses berwarna Hijau, apa arti dan sebabnya?

Sebenarnya begitu penting dipikirkan oleh Anda yang punya rencana memiliki banyak anak. Prosedur ini begitu baik karena mencegah risiko negatif seperti rahim robek. Jika terlalu sering caesar, komplikasi terlalu berisiko.

  1. Menurunkan Risiko Komplikasi Operasi

Mencoba untuk menurunkan risiko komplikasi operasi banyak dilakukan oleh wanita melahirkan. Terutama karena operasi punya banyak risiko mengalami komplikasi kehamilan. Lalu bisa mencegah pendarahan, pembekuan hingga cedera organ.

Jika untuk persalinan kali ini memilih normal, proses akan dibantu dengan prosedur berbeda. Pastinya lebih aman tanpa menimbulkan risiko apapun. Tidak heran melahirkan normal dengan riwayat pernah sesar banyak dipilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *