Tips Cepat Hamil yang Aman Ala Medis (Panduan Promil)

Ingin Cepat hamil? Silahkan Coba langkah berikut ini.

Tips cepat hamil sering menjadi bahan pertanyaan masyarakat belakangan ini, terlebih bagi beberapa pasangan muda yang baru saja menikah. Kebanyakan ingin segera memiliki buah hati, sehingga dapat menjadi anugerah dari pernikahan kedua pasangan muda tersebut.

Terlebih jika memiliki anak sendiri merupakan sebuah hal yang dapat dibanggakan bagi beberapa orang, karena terkadang banyak orang merasa senang jika sudah memiliki bayi. Namun tidak semua orang dapat sukses memliki bayi atau hamil setelah pernikahan tersebut.

Hal tersebut timbul karena adanya kesalahan dalam proses pembuatannya, namun juga tidak jarang terjadi karena beberapa kesalahan tertentu. Sehingga jika dapat diperbaiki akan memperbesar kemungkinan Anda dalam mendapatkan momongan dalam pernikahan ini. Baca juga Panduan lengkap ibu hamil.

Beberapa Tips Cepat Hamil Ala Dokter

Untuk mempercepat kemungkinan supaya segara mendapatkan momongan, Anda perlu melakukan beberapa tips tersendiri. Karena dengan melakukannya akan mempermudah istri supaya menjadi lebih cepat hamil, sehingga segera bisa mendapatkan anugerah momongan.

Beberapa tips cepat hamil dapat Anda gunakan, sehingga dapat segera mendapatkan buah hati yang kerap kali digunakan sebagai simbol anugerah bagi pernikahan beberapa orang. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah, sehingga tidak perlu berkecil hati jika belum hamil.

Proses kehamilan setiap orang juga berbeda-beda, namun jika menggunakan beberapa tips ala dokter tersebut besar kemungkinan untuk segera mengalami kehamilan. Berikut beberapa program yang bisa Anda lakukan bersama pasangan, sehingga cepat mendapat momongan.

  1. Berhubungan di Masa Subur

Tips cepat hamil pertama yang disarankan oleh dokter berdasar data medis adalah mulai berhubungan di masa subur, karena pada masa tersebut bersar kemungkinan bagi perempuan untuk dihamili. Hal ini dikarenakan sel telur pasangan masih berumur muda.

Jika masih berumur muda, maka sel sperma yang masuk kedalamnya akan memiliki kemungkinan membuahinya lebih besar daripada jika dilakukan diluar masa subur. Sehingga Anda perlu menghitung masa subur istri terlebih dahulu, sebelum mulai berhubungan.

Baca juga :   Demam ketika Hamil : Bahaya tidak buat Janin?

Proses ovulasi yaitu pengeluaran sel telur ovum terjadi pada 14 hari sebelum menstruasi berikutnya. Mengetahui siklus menstruasi istri akan sangat membantu menentukan kapan masa suburnya. Pada masa ovulasi tersebut, maka terjadi peningkatan hormon LH yang masif sehingga memicu sel ovum dikeluarkan. Ketika ini terjadi, maka potensi untuk hamil tinggi1Jeffery Gessen. 2018. Mating Effort Predicts Human Menstrual Cycle Frequency. Evol Psychol . 2018 Oct-Dec;16(4):1474704918812124.

Contoh: Seseorang memiliki siklus menstruasi teratur setiap 32 hari, maka hari ke 14 sebelum menstruasi berikutnya adalah pada hari ke-18. Kita Ambil rentang 3 hari. Maka hari potensi subur adalah pada hari ke-15 hingga hari ke 21. Pada antara hari 15-21 ini maka potensi hamil akan tinggi.

Cara menghitung masa subur ini juga cukup sederhana, sehingga Anda dapat menghitung secara mudah tanpa perlu repot. Sebagai tips agar cepat hamil dapat mulai berhubungan seks pada masa subur yaitu di hari kesebelas hingga tujuh belas jika dihitung dari haid pertama.

  1. Perhatikan Posisi dan Gaya

Posisi berhubungan secara tidak langsung juga menentukan keberhasilan kehamilan dari pasangan suami istri, karena posisi saat berhubungan secara tidak langsung dapat membantu proses sperma dalam perjalanannya menuju sel telur. Sehingga sangat penting diperhatikan.

Sebagai tips cepat hamil sebenarnya terdapat dua jenis rahim bagi wanita, pertama adalah jenis menghadap depan yang terletak pada bagian depan kandung kemih. Yang kedua adalah jenis menghadap kebelakang, dimana posisinya menghadap lurus kebelakang tubuh wanita.

Sehingga jika memberikan posisi saat berhubungan, Anda harus perhatikan apakah sesuai dengan posisi rahim dari pasangan atau tidak. Karena jika posisinya sesuai, akan mempermudah pasangan suami istri untuk segera mengalami kehamilan anaknya tersebut.

  1. Waktu Terbaik Berhubungan

Tips cepat hamil selanjutnya adalah melakukan pada waktu paling terbaik, sehingga dapat memperbesar kemungkinan bagi kedua pasangan untuk segera mendapatkan buah hati. Waktu tersebut dapat Anda lakukan pada sekitar pukul 2 pagi, atau waktu menjelang subuh.

Baca juga :   Cara Menghitung HPL Kelahiran Bayi

Pukul 2 pagi dipilih karena pada saat itu merupakan puncak dari hormon testosterone pria, sehingga jika melakukan hubungan suami istri pada saat itu dapat memperbesar kemungkinan kehamilan bagi pasangannya.

Terlebih pada pukul 2 pagi, kualitas sperma pria sedang dalam kondisi terbaik karena meningkatkan hormon testosterone. Sehingga banyak dokter menganjurkan supaya pasangan suami istri dapat berhubungan pada jam tersebut.

Dengan melakukan beberapa tips tersebut kini Anda tidak perlu merasa minder, karena setiap orang ingin mendapatkan buah hatinya sendiri. Teruslah berusahan dan pantang menyerah dengan melakukan beberapa tips cepat hamil dari dokter.

4. Mengkonsumsi Multivitamin

Mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin E dan asam folat2Toivonen KI. 2018. Folic acid supplementation during the preconception period: A systematic review and meta-analysis. Prev Med . 2018 Sep;114:1-17. terbukti dapat meningkatkan potensi cepat hamil. Vitamin ini dapat diperoleh pada minyak kelapa, santan, kemiri dan lainnya. Sedangkan asam folat dapat diperoleh pada ikan, dan tablet asam folat. Kecambah juga banyak mengandung vitamin E.

Asam Folat yang disarankan adalah 400-600 mcg/hari. Selain itu juga, hindari mengkonsumsi suplemen yang mensuplay hormon testosteron dari luar, karena akan membuat kadar testosteron yang berasalah dari tubuh sendiri turun.

5. Tidak Merokok

Hindari merokok baik rokok cigerete, kretek dan vape. Selain berbahaya bagi kesehatan paru-paru, merokok juga dapat mengecilkan potensi hamil bagi bunda yang ingin program hamil. Rokok akan membuat kadar sperma menjadi layu dan motilitasnya berkurang. Kualitas sperma menjadi menurun sehingga menurunkan potensi kehamilan3US Preventive Services Taks Force. 2022. Interventions for Tobacco Smoking Cessation in Adults, Including Pregnant Persons: US Preventive Services Task Force Recommendation Statement. JAMA . 2021 Jan 19;325(3):265-279.

Langkah Cara Cepat Hamil dan Panduan Promil Yang bisa dicoba

Berikut langkah-langkah dan tips agar cepat hamil yang dapat dicoba, kami rangkumkan dari beberapa referensi, diantaranya:

  • Lakukan hubungan intim rutin paling tidak 2 kali sehari.
  • Pada saat berhubungan intim, pastikan tubuh fit dan tidak kelelahan.
  • Lakukan Hubungan intim pada 2 hari setelah ovulasi, karena sel telur biasanya hanya bertahan 12-24jam.
  • Stop menggunakan alat KB
  • Tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol
  • Rajin berolahraga dan menjaga berat badan tetap ideal
  • Mengkonsumsi multivitamin A,D,E,K dan Asam Folat
  • Periksa kualitas sperma suami dengan baik
  • Hindari stress dan mengurangi konsumsi kafein, misal kopi
  • Tidak sembarang mengkonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter
Baca juga :   Perbedaan foremilk dan hindmilk ASI Bayi, mana yang terbaik?

Panduan Promil dan Periksa Kehamilan dengan Tes Pack

Setelah hal tersebut dicoba, dan ternyata bunda telat menstruasinya, maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan tes urin kehamilan. Tes urin kehamilan ini akan mendeteksi kadar hormon Beta HcG pada urin. Apabila terdapat beta hCG maka menunjukkan positif hamil. Beta hCG merupakan hormon yang dikeluarkan synctitio tropoblast, bakal hasil konsepsi sperma dan ovum yang menempel di dinding rahim.

Pemeriksaannya sangat mudah, anda tinggal membeli tes pack di apotek terdekat, kemudian mencelupkan ke urin. Apabila ada 2 garis maka positif, sedangkan kalau 1 garis berarti negatif. Pemeriksaan dapat dilakukan beberapa kali untuk mengurangi bias. Pemeriksaan sebaiknya 2 minggu setelah anda telat, agar kadar hormon beta hCG cukup untuk dideteksi alat.

Take Home Message

Agar cepat hamil, maka diperlukan pemeriksaan intensif pada pasangan baik pria dan wanita. Setelah melakukan tips di atas, tetapi masih belum berhasil hamil, maka jangan ragu untuk berkonsultasi ke Dokter Obsgyn konsultan Fertilitas terbaik anda untuk mendapatkan saran terbaik. Pemeriksaan mendalam dan kajian mendalam diperlukan. Yang terpenting, selain berusaha, jangan lupa berdoa untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.

Referensi

  • 1
    Jeffery Gessen. 2018. Mating Effort Predicts Human Menstrual Cycle Frequency. Evol Psychol . 2018 Oct-Dec;16(4):1474704918812124
  • 2
    Toivonen KI. 2018. Folic acid supplementation during the preconception period: A systematic review and meta-analysis. Prev Med . 2018 Sep;114:1-17.
  • 3
    US Preventive Services Taks Force. 2022. Interventions for Tobacco Smoking Cessation in Adults, Including Pregnant Persons: US Preventive Services Task Force Recommendation Statement. JAMA . 2021 Jan 19;325(3):265-279

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *