Manfaat Berpuasa Ramadhan Terupdate

Jutaan Manfaat Puasa Ramadhan

0
200

Manfaat berpuasa ramadhan sangat banyak sekali bagi diri yang menjalankannya, baik sisi ibadah hingga sisi kesehatan yang dapat menyehatkan orang yang menunaikannya. Berpuasa sering dihubungkan dengan bulan ramadhan. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, jutaan muslim di seluruh dunia melaksanakan ibadah puasa dimana menahan diri dari makan dan minum dari subuh hingga maghrib.

Dewasa ini, banyak penelitian yang telah merekomendasikan mengurangi makanan dan minuman secara periodik dan menjadi trend diet populer di dunia. Salah satu diet intermitten adalah rencana diet 5:2 meliputi makan kalori 5 hari seminggu dan mengurangi 25% kalori di 2 hari sisanya, hingga 500 kalori pada perempuan dan 600 kalori sehari pada laki-laki.

Berpuasa tidak hanya memperbaiki tekanan darah dan kadar kolesterol, tetapi juga memperbaiki sensitifitas insulin. Pada penelitian lainnya, berpuasanya selama seminggu dapat mengurangi risiko penyakit diabets melitus pada kelompok berisiko. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa berpuasa akan meningkatkan imunitas, sehingga dapat mencegah infeksi, proses penuaan dan kanker.

Manfaat Berpuasa Ramadhan

Meskipun tubuh tidak mendapat energi dari makanan selama berpuasa, tetapi glukosa yang disimpan di otot dan liver mulai dipecah. Biasanya setelah 8 jam makan terakhir. Ketika penyimpanan glukosa habis digunakan menjadi energi, maka tubuh mulai membakar lemak sebagai sumber energi, sehingga menghasilkan penurunan berat badan. Perurunan lemak ini akan menurunkan kadar kolesterol tubuh.

Proses detoksifikasi juga terjadi karena berbagai racun disimpan di lemak tubuh akan larut dan dibuang ke tubuh. Selai itu, tingginya hormon endorfin (hormon mood baik) akan dikeluarkan di darah sehingga membuat mood yang menjalankan puasa senantiasa stabil dan ceria.

Berpuasa akan meningkatkan regenerasi sel imun kita. Pada penelitian dalam jurnal cell stem cell, 2-4 hari tanpa makanan selama 6 bulan akan menghancurkan sel imun yang rusak dan sudah tua pada tikus dan menggantinya dengan sel imunitas yang baru.

Baca juga :   Cara menghentikan bersin terus menerus dengan benar

Pasien dengan kanker yang berpuasa selama 3 hari dan pengobatan kemoterapi dikatakan akan melindungi terhadap kerusakan sistem imunitas yang disebabkan efek pengobatan, dan memicu sel imun regenerasi. Kabar terbaiknya, sel imun akan diganti dengan sel imun yang baru atau terjadi regenerasi.

Penutup

Begitulah ulasan singkat manfaat berpuasa ramadhan, yang mana selain menjadi ladang ibadah kita juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Ingat bila kadar lemak tubuh rendah, maka anda akan terhindar dari berbagai penyakit seperti penyakit kardiovaskuler, diabetes melitus, kolesterol tinggi hingga stroke.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here