Manfaat Latihan Cardio saat Fitness

Jenis Latihan Cardio dan Manfaatnya

0
73

Manfaat latihan cardio sangat banyak sekali, diantaranya meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan metabolisme, memperbaiki profil hormonal, mempercepat recovery, dan mengendalikan diabetes. Cardio adalah latihan pendek, dengan berbagai gerakan yang meningkatkan denyut jantung dan meningkatkan sirkulasi darah.

Latihan cardio untuk beberapa menjadi sulit dilakukan. Latihan ini adalah kunci dan tidak boleh terlewatkan dalam program fitness anda. Terdapat berbagai latihan yang dapat anda lakukan untuk cardio seperti treadmill, sepeda statis, jogging, bersepeda, lari, berenang, dan lainnya.

Kebanyakan orang menggunakan latihan cardio untuk membakar kalori berlebih dan lemak. Beberapa bentuk dapat membakar lemak tetapi semua cardio akan membakar kalori. Anda harus membandingkan asupan kalori setiap hari dengan latihan yang anda lakukan. Jangan sampai intake kalori lebih besar dari pada pengeluarannya.

MANFAAT LATIHAN CARDIO

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Pertama adalah memperbaiki kondisi jantung anda. Jantung anda berupa otot akan menjadi kuat jika bekerja. Jika gagal bekerja dengan biak, maka dapat melemah dan mematikan. Dengan jantung memompa cepat dan reguler, anda akan menjaga bentuk dan kesehatan jantung. Terlalu banyak orang berjalan aik tangga untuk tujuan utama, yakni meningkatkan kerja otot jantung untuk kesehatan.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Alasan lain melakukan latihan cardio adalah meningkatkan efek metabolisme. Tergantung kecepatan denyut jantung, lathan cardio akan meningkatkan frekuensi proses tubuh termasuk metabolisme. Dengan sesi intens cardio akan meningkatkan kecepatan metabolisme. Peningkatan metabolisme akan meningkatkan EPOC (excess post excercise oksigen consumption). Peningkatn metabolisme berarti dapat menjaga berat badan anda bahkan menurunkan berat badan anda.

  1. Memperbaiki Keadaan Hormon Tubuh

Melakukan latihan cardio teratur akan mengganti hormonal di tubuh. Hormon baik akan membantu mengurangi gejala depresi, dan kelelahan karena menurunkan rasa lapar. Individu dengan latihan reguler juga mempunyai efek samping dalam pengendalian stress oleh hormon kortisol.

  1. Meningkatkan Kemampuan Recovery

Tergantung jenis latihan cardio, biasanya level rendah dan sedang akan menurunkan masa recovery. Jika anda melakukan sesi berat di gym, lakukan treadmill untuk jalan dan joging. Ini akan mengurangi DOMS (delayed onset of muscle soreness) atau kerusakan otot lambat dan membantu membawa oksigen lebih di darah sehingga jaringan otot mereparasi lebih cepat dan proses building lebih cepat. Ini akan membawa anda kembali latiahan fitness lebih cepat dan otot dapat kembali lagi.

Baca juga :   Perbedaan Bulking dan Cutting : Dasar hingga Gerakan

Membentuk toto adalah kombinasi dari stimulus dan istirahat sehingga otot dapat reparasi dirinya sendiri. Keseimbangan keduanya harus diperhatikan. Terlalu banyak latihan atau terlalu banyak istirahat akan menggagalkan optimasi hasil. Cardio akan membantu ini. Jangan hanya berfikir memperbanyak latihan tetapi meningkatkan intensitas sehingga recovery otot menjadi optimal.

  1. Mengendalikan Diabetes Melitus

Terakhir bagi yang mempunyai penyakit diabetes melitus, manfaat latihan cardio akan membantu mengendalikan kondisi ini. Dengan melakukan latihan anda akan meningkatkan kemampuan otot menerima gula. Sehingga kadar gula anda terkendali. Dengan latihan cardio akan meningkatkan sensitivitas insulin dan kadar gula darah jadi lebih stabil.

BAGAIMANA BENTUK MANFAAT LATIHAN CARDIO

Setelah kami jelaskan berbagai manfaat latihan cardio, pertama fokuslah untuk aktifitas yang meningkatkan denyut jantung. Lakukan latihan baik berjalan, bersepeda, dan olahraga ritmis lainnya. Sangat penting tubuh untuk terus bergerak. Hindari latihan anaerobik dan lakukanlah latihan aerobik.

Anda dapat melakukan latihan ini 3-5 kali dalam seminggu, kemudian dilakukan selama 30-45 menit. Sangat penting meningkatkan intensitas cardio dibandingkan volumenya. Anda juga dapat melakukan latihan jangka panjang, dan jarak panjang seperti maraton. Ikutilah even-even seperti lari bersama 5 kilometer, 10 kilometer dan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here