Metformin aman untuk ibu hamil : Aman atau Tidak?

Metformin untuk Kehamilan

0
22

Metformin aman untuk ibu hamil sering menjadi pertanyaan kita, dimana ketika sedang hamil, anda harus memperhatikan obat dan asupan yang anda konsumsi karena dapat berefek pada kehamilan anda. Ketika anda sedang hamil pertama, maka kehamanan kehamilan menjadi krusial. Ini mengapa anda lebih berhati-hati sebelum dan sesudah anak lahir untuk mengurangi defek lahir.

Beberapa defek lahir tidak dapat dicegah tetapi dapat direndahkan risikonya dengan mengkonsumsi vitamin prenatal, menjaga berat badan dan menjaga gaya hidup yang sehat. Anda juga dapat menurunkan risiko dengan berhati-hati tentang obat yang anda konsumsi karena beberapa obat dapat memicu defek lahir. Jika anda mengkonsumsi metformin anda harus memperhatikan efek obat ini terhadap kehamilan. Mari kita ulas.

METFORMIN AMAN UNTUK IBU HAMIL

Metformin adalah obat oral yang digunakan mengobati diabetes tipe 2. Ini juga digunakan pengobatan PCOS (Polikistik ovary sindrom). Diabetes tipe 2 adalah kondisi dimana kadar gula darah tinggi. PCOS adalah penyakit hormonal yang terjadi pada wanita dengan usia reproduksi tua.

Cara Kerja Metformin

Insulin adalah hormon yang membantu tubuh anda mengendalikan kadar gula darah. Kunci masalah adalah kaitannya dengan diabetes tipe 2 dimana terjadi resistensi insulin sehingga tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan baik.

Metformin sering digunakan untuk membantu mengembalikan resistensi insulin pada orang dengan diabetes tie 2. Ini membantu tubuh menggunakan insulin dan menjaga pengendalian kadar gula darah. Metformin bekerja sama dengan mengobati PCOS. Ini karena resistensi insulin berhubungan dengan PCOS dan mungkin memburuk dengan hubungan keduanya.

Manfaat Metformin untuk Kehamilan

Metformin dapat membantu mengobati diabetes dan PCOS ketika sedang hamil. Jika anda menderita DM, maka sangat penting menjaga kadar gula darah ketika hail. Ini akan mengurangi risiko komplikasi diabetes dan membantu menurunkan risiko defek lahir dan komplikasi lain pada kehamilan. Metformin dapat membantu keduanya mencapai tujuan ini.

Baca juga :   Demam ketika Hamil : Bahaya tidak buat Janin?

Jika anda menderita PCOS, metformin dapat membuat perbedaan besar sebelum anda hamil. PCOS akan membuat sulit hamil. Ini dapat terjadi periode irreguler dan terbentuk kista kecil di ovarium anda. Selain itu juga mencegah ovulasi setiap bulan, dan jika tidak terjadi ovulasi, maka sel telur tidak akan fertilisasi dan tentunya anda tidak hamil.

Metformin dapat memperbaiki frekuensi ovulasi anda, meningkatkan kesempatan untuk hamil. Dan mempunyai manfaat setelah anda hamil. Ini juga dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 dimana masalah kadar gula darah karena PCOS. Selain itu juga menurunkan berat badan karena PCOS.

METFORMIN AMAN UNTUK IBU HAMIL KAH?

Sekarang anda tahu bagaimana manfaat metformin terhadap DM tipe 2 dan PCOS, dan secara umum aman terhadap kehamilan. Ketika melewati plasenta, metformin tidak berhubungan dengan peningkatan risiko defek lahir dan komplikasi janin. Jika anda mengkonsumsi metformin sebelu hamil, maka pengobatan dapat dilanjutkan selama hamil, meskipun pengobatan DM pilihan utama pada kehamilan tetap Insulin.

Peresepan insulin berdasarkan riwayat dan apa yang terbaik bagi kesehatan anda dan janin anda. Jika anda sebelum hamil tidak mengkonsumsi metformin, maka peresepan metformin selama hamil mungkin saja diberikan. Jika anda memakai insulin untuk DM tipe 2, maka peresepan metdormin dan insulin lebih baik untuk pengendalian gula darah.

Peresepan metformin diberikan jika anda berisiko tinggi menderita Diabetes Gestasional. Metformin akan mengurangi risiko diabetes gestasional seperti berat badan berlebih, prediabetes, dan terjadi gestasional diabetes. Tetaplah berfikir manfaat metformin selama kehamilan. Beberapa penelitian menunjukkan wanita dengan PCOS yang mengkonsumsi obat ini selama kehamilan akan mengurangi risiko keguguran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here