Bayi Cegukan : Penyebab hingga Cara Mengatasi

Cara mengatasi cegukan pada bayi

0
19

Bayi cegukan adalah dimana bayi baru lahir mengalami gerakan tarikan dinding dada, akibat kontraksi diafragma dan menutup dengan cepatnya plika vokalis (pita suara) bayi. Menutup cepatnya plika vokalis ini akan menciptakan suara cegukan. Ketika cegukan terjadi pada dewasa, banyak orang berasumsi bahwa bayi tertular dari orang dewasa. Diafragma adalah otot utama pernafasan yang berada di bawah paru-paru, memisahkan rongga dada dan rongga perut.

Cegukan pada bayi tidak berhubungan dengan cegukan pada orang dewasa. Faktanya, banyak bayi dapat tidur dengan cegukan, tanpa terganggu, dan cegukan jarang mengganggu berbagai efek pada bayi termasuk mengganggu pernafasan. Jika anda ingin menghilangkan cegukan ini, ada prinsip pengobatan yang dapat dilakukan, diantaranya:

  1. Membuat bayi bersendawa
  2. Memberikan bayi dot
  3. Membiarkan cegukan berlangsung beberapa saat
  4. Memberi gripe water.

CARA MENGATASI BAYI CEGUKAN

  1. Membuat Bayi Bersendawa dan tinggikan kepala

Cobalah berisitrahat untuk makan dan cobalah untuk bersendawa bayi. Meskipun bersendawa dapat menambah udara yang masuk ke lambung. Bersendawa akan membantu dan menempatkan posisi ke atas bayi yakni posisi kepala lebih tinggi dibandingkan badan. Berdasarkan rekomendasi American Academy of Pediatrics menyarankan bersendawa setelah minum setiap 2-3 kali akan membantu mencegah cegukan. Selama sendawa anda dapat mengusap halus punggung bayi.

  1. Gunakan Dot Bayi

Bayi cegukan tidak selalu berawal dari minum susu. Ketika bayi mulai cegukan tanpa sebab yang jelas, cobalah memberinya sesuatu yang dapat disedot seperti dot bayi, sehingga membuat diafragma menjadi relaksasi dan membantu menghentikan cegukan.

  1. Membiarkan Cegukan hingga berhenti sendiri

Sering sekali cegukan ini akan berhenti sendiri. Anda perlu membiarkannya beberapa saat dengan meninggikan posisi kepala lebih tinggi daripada badan bayi setidaknya sudut 45 derajat. Jika tidak berhenti, maka cobalah teknik lainnya.

  1. Cobalah memberikan air Gripe

Gripe water adalah produkĀ  yang diberikan di banyak Negara untuk bayi dengan tidak nyaman dan pergerakan gastrointestinal. Jika bayi terlihat tidak nyaman karena cegukan, cobalah berikan gripe water. Gripe water adalah kombinasi herbal dan air yang dipercaya meredakan kolik dan tidak nyaman di usus. Jenis herbal dapat bervariasi termasuk jahe, fannel, chamomile, dan cinnamon. Melalui ripe water ini cegukan dapat reda. Sebelum menggunakan gripe water, anda tetap harus berkonsultasi ke dokter karena apabila terdapat kontraindikasi pemberian, maka anda tidak boleh memberikannya ke bayi anda.

Baca juga :   Sering berkeringat : Penyebab hingga Cara mengobati

CARA MENCEGAH BAYI CEGUKAN

Terdapat beberapa cara untuk mencegah episode cegukan. Relatif sulit untuk mencegah cegukan ini secara lengkap, karena penyebab pasti cegukan pada bayi sering sulit ditemukan. Cobalah metode untuk mencegah cegukan, diantaranya:

  1. Ketika memberikan makanan dan minuman, pelan-pelanlah. Ini artinya cobalah menunggu bayi hingga lapar dan menangis sebelum memberikan makan.
  2. Setelah makan, hindari aktifitas berat pada bayi, seperti menggoyang-goyangkan tubuh bayi
  3. Tetap menjaga posisi bayi kepala lebih atas dibandingkan tubuh setidaknya 20-30 menit setelah setiap kali makan dan minum.
  4. Ketika memberikan minum dan makan, bayi jangan posisi tiduran.

Referensi:
Howes, D. 2012. Hiccups: A new explanation for the mysterious reflex
Keren Gill. 2017. How can I cure my newborn hiccups

Oleh: dr. Wiwid Santiko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here