Kekurangan Yodium : Tanda dan Gejala (Evidence Based Medicine)

Defisiensi Iodin

0
101

Kekurangan yodium berarti tubuh anda kekurangan asupan iodin, dimana sebuah mineral yang berasal dari makanan laut (seringnya), dan digunakan untuk membuat hormon tiroid. Hormon tiroid diproduksi oleh kelenjar tiroid, untuk membantu pertumbuhan, memperbaiki kerusakan sel dan membantu metabolisme yang sehat. Kekurangan ini biasanya ada orang yang berisiko, diantaranya:

  • Ibu hamil dan seorang vegetarian
  • Orang yang hidup dengan tanah rendah yodium, seperti asia tenggara, asia selata, dan eropa.
  • Orang tidak menggunakan garam beryodium.

Kekurangan ini membuat rasa tidak nyaman dan beberapa gejala. Ini meliputi pembengkakan pada leher, peningkatan berat badan dan kesulitan belajar. Gejala ini mirip dengan hipotiroid atau rendahnya kadar hormon tiroid. Ketika yodium digunakan menbuat hormon tiroid, kekurangan iodin berarti tubuh tidak dapat memproduksi hormon tiroid sehingga memicu hipotiroid.

TANDA DAN GEJALA KEKURANGAN YODIUM

Pembengkakan Leher

Pembengkakan di leher depan adalah egjala utama kekurangan iodin ini. Ini disebut dengan gondok (goiter) dan terjadi dimana kelenjar tiroid membesar. Kelenjar tiroid kecil, berbentuk seperti kupu-kupu. Ini membuat hormon tiroid menerima sinyal dari TSH. Ketika kadar TSH darah meningkat, kelenjar tiroid menggunakan iodin untuk membuat hormon tiroid.

Ketika kadar iodin rendah, maka tubuh tidak dapat membuat hormon tersebut. Untuk mengkompensasi nya, hormon tiroid bekerja keras untuk bekerja keras. Ini membuat sel tumbuh dan bermultiplikasi sehingga memicu goiter. Pada sebagian besar kasus, dapat diobati dengan meningkatkan asupan iodin. Jika goiter tidak diobati dalam jangka panjang, maka dapat memicu kerusakan tiroid permanen.

Peningkatan Berat Badan Pesat

Peningkatan berat badan yang tak terduga menjadi tanda lain dari kekurangan yodium ini. Ini mungkin terjadi dimana tubuh tidak cukup iodin untuk membuat hormon tiroid. Ini karena hormon tiroid membantu mengendalikan metabolisme, dan mengubah makanan menjadi energi dan panas. Ketika kadar hormon tiroid rendah, maka tubuh akan membakar kalori tubuh lebih sedikit pada fase istirahat. Akibatnya kalori dari makanan akan disimpan dalam bentuk lemak. Penambahan iodin pada makanan akan membantu membalikkan efek metabolisme lambat, dan menjadi asupan membuat hormon.

Baca juga :   Cara menurunkan berat badan Tips Dokter : 3 Langkah Saja

Mudah Letih, Lemah dan Lesu

Lemah dan lesu menjadi tanda selanjutnya. Pada penelitian, sekitar 80% oran dengan kadar hormon tiroid rendah, mengalami kelelahan dan letih. Ini karena hormon tiroid membantu membuat energi. Ketika kadar hormon rendah, tubuh tidak dapat membuat energi lebih. Akibatnya anda merasa lelah. Pada penelitian, sekitar 2456 orang ditemukan lemah lesu pada kadar tiroid rendah.

Rambut Mudah Rontok

Hormin tiroid juga membantu mengendalikan pertumbuhan folikel rambut. Ketika hormon tiroid rendah, maka folikel rambut mungkin berhenti regenerasi dan memicu rambut rontok. Untuk alasan ini, orang dengan kekurangan iodin menjadi rontok rambutnya.

Pada penelitian 700 orang ditemukan 30% memiliki kadar hormon tiroid rendah. Selain itu juga ditemukan pada keluarga. Bila anda mengalami hal ini, cobalah mengkonsumsi mineral iodin yang dapat mengkoreksi kadar hormon tiroid dan menghentikan rambut rontok.

Penurunan Denyut Jantung

Denyut jantung diukur per menit. Ini dapat berefek dari kadar iodin. Terlalu sedikit iodin akan memicu jantung lambat berdetak, dan ketika terlalu banyak, maka akan memicu berdebar-debar. Beberapa kekurangan iodin ini memicu penurunan denyut jantung yang abnormal, merasa lelah, pusing, dan gangguan keseimbangan.

Kulit Menjadi Kering

Kulit kering terjadi pada kelainan ini. Sekitar 77% orang dengan kadar hormon tiroid rendah akan memicu kulit kering. Iodin akan membantu regenerasi sel kulit. Ketika kadar hormon rendah, maka regenerasi tidak terjadi dan memicu kulit kering. Selain itu hormon tiroid juga mengatur kelenjar keringat. Akibatnya bila kekurangan maka memicu keringat keluar sedikit sehingga kelembaban kulit berkurang.

Sering Merasa Kedinginan

Sekitar 80% orang dengan kadar hormon tiroid rendah, akan membuat anda sensitif terhadap suhu dingin dan mudah kedinginan. Hal ini karena rendahnya hormon tiroid akan menurunkan metabolisme yang mana metabolisme akan memicu panas. Berkurangnya hormon ini juga menurunkan kerja lemak coklat, salah satu lemak yang berfungsi memicu panas tubuh.

Baca juga :   Vaksin HPV untuk Anak dan Dewasa : Manfaat dan Efek Samping

Referensi:
Kapil U. 2007. Health Consenquenes of Iodine Deficiency. SQUMJ.
Matthew IK. 2017. Hypothyroidism in the Elderly. ENDOTEXT
Mourouzis et al 2013. Thyroid hormone and Tissue Repair. JTR.
Ntalles K et al. 2010. Hypothyroidism, new aspects of an old disease. HIPPOKRATIA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here