Manfaat Bubuk Taro : Khasiat Minuman Taro (Update)

0
308

Manfaat bubuk taro sangat banyak sekali, termasuk meningkatkan pencernaan, menurunkan kadar gula darah, mencegah berbagai jenis kanker, melindungi kulit, meningkatkan ketajaman pandangan, meningkatkan sirkulasi, meningkatkan tekanan darah, meningkatkan imunitas, mencegah penyakit jantung dan membantu kesehatan otot dan syaraf.

Akar Taro adalah akar tanaman taro yang digunakan ribuan tahun. Faktanya, taro memiliki sejarah dengan nama lain colocaia esculenta. Biasanya tumbuh di asia tenggara, dan asia selatan, meskipun dapat tumbuh di berbagai tempat di dunia juga. Daun, akar harus dimasak, karena ada toksinnya dan tinggi kandungan oksalat, tetapi bahan berbahaya tersebut dapat dieliminasi dengan dimasak dan diberikan baking soda. Lebih dari 11 juga tons tanaman taro dipanen setiap tahunnya. Berikut manfaat tersembunyi bubuk taro.

Bubuk taro memiliki berbagai komponen organik, mineral, dan vitamin. Jumlah serat dan karbohidrat relatif tinggi. Selain itu juga tinggi vitamin A, vitamin C, E, B6, dan asam folat. Terdapat juga mineral lain seperti magnesium, Fe, zinc, fosfat, kalium, mangan, dan tembaga. Kandungan proteinnya juga akan bermanfaat pada diet anda.

MANFAAT BUBUK TARO

  1. Untuk Kesehatan Pencernaan

Tingginya kandungan serat (seseorang membutuhkan sekitar 27% perharinya), sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Serat akan mencegah feses mengkeras sehingga mudah dikeluarkan. Selain itu juga mencegah kelebihan udara di usus, kembung, kram perut, konstipasi dan diare. Risiko untuk terjadi kanker di saluran pencernaan seperti kanker kolorektal juga akan berkurang.

  1. Mencegah Kanker

Berbicara kanker, akar taro berperan penting dalam aktifitas antioksidan. Tingginya kadar vitaminA, C dan antioksian fenol ditemukan di akar taro yang akan meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah radikal bebas. Radikal bebas diproduksi dari metabolisme seluler yang menyebabkan mutasi sel dan akhirnya menjadi sel kanker. Dengan mengeliminasi radikal bebas, maka sel kanker tidak terbentuk. Cryptoxanthin juga ditemukan di akar taro, yang secara langsung menurunkan berkembangnya kanker mulut dan paru-paru.

  1. Mencegah Diabetes

Makan serat juga akan membantu mencegah diabetes karena mengatur pengeluaran insulin dan gluksosa tubuh. Jika serat cukup, maka level glikemik dapat diatur, dan menurunkan risiko diabetes melitus.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Akar taro terkandung tinggi kalium, dan mineral untuk fungsi jantung. Kalium tidak hanya menjaga dan menjaga transfer membran, juga meredakan stress dan mengatur tekanan pembuluh darah arteri. Denngan relaksasi arteri, maka tekanan darah dapat turun dan risiko penyakit kardiovaskuler berkurang. Kalium yang berlebihan juga berbahaya menyebabkan hiperkalemia dan memicu aritmia jantung seperti Ventrikel Fibrilasi. Namun, pada akar taro biasanya tidak sampai membuat hiperkalemia berat.

  1. Meningkatkan Ketajaman Penglihatan

Akar taro mengandung berbagai antioksidan, termasuk beta karoten dan cryptoxanthin. Antioksidan akan memperbaiki penglihatan, denganmencegah radikal bebas menyerang sel okular, sehingga mencegah degenerasi makuler dan katarak.

  1. Meningkatakan Kesehata Kulit

Antara vitamin E dan vitamin A, sangat baik untuk melindungi kulit. Keduanya terkandung banyak di akar taro. Kedua vitamin esensial ini mengeliminasi penyakit kulit, mempercepat penyembuhan kulit, dan menjaga kelembutan kulit.

  1. Meningkatan Imunitas Tubuh

Hal paling penting akar taro adalah meningkatkan imunitas. Tingginya kadar vitamin C pada sediaannya, akan menstimulasi terbentuknya sel darah putih untuk pertahanan berbagai patogen. Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan, yang mencegah penyakit jantung dan kanker.

  1. Meningkatkan Sirkulasi Tubuh

Kandungan mineral pada akar taro sangat bermanfaat, terutama Zat besi dan tembaga untuk mencegah anemia. Iron dan tembaga keduanya esensial untuk memproduksi sel darah merah, yang baik untuk membawa oksigen. Selain itu juga meningkatkan aktifitas metabolik, pertumbuhan sel baru, oksigenasi tubuh, sehingga tubuh dapat berfungsi optimal.

Baca juga :   Kekurangan Yodium : Tanda dan Gejala (Evidence Based Medicine)

KANDUNGAN MANFAAT BUBUK TARO

Nutrisi Nilai
Air 70,64
Energi 112
Protein 1,5
Lemak 0,2
Karbohidrat 26,46
Serat 4,1
Glukosa 0,4
Kalsium 43
Zat besi 0.55
Magnesium 33
Fosfat 84
Kalium 591
Natrium 11

Referensi:
Kiattisak Duangmal et al. 1999. A comparative study of polyphenoloxidases from taro (Colocasia esculenta) and potato (Solanum tuberosum var. Romano)
Packer JE et al. 1979. Direct observation of a free radical interaction between vitamin E and vitamin C
Richard Ejoh et al. 1996. Nutrient composition of the leaves and flowers ofColocasia esculenta and the fruits ofSolanum melongena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here