Manfaat minum Air Hangat terbaru (Update)

Manfaat Minum Air Panas

0
31

Manfaat minum air hangat bagi kesehatan kita sangat banyak dibandingkan air dingin, dimana air hangat dapat memperbaiki pencernaan, menghilangkan sumbatan, dan membuat anda lebih relaksasi. Kebanyakan orang minum air hangat di pagi hari dengan suhu sekitar 60 derajat. Hindarilah suhu 100 derajat celcius (mendidih), diamkanlah sebentar. Berikut kami uraikan manfaat dari mengkonsumsi air minum hangat.

MANFAAT MINUM AIR HANGAT

Menghilangkan sumbatan Hidung

Air hangat akan melembabkan sehingga dengan menghirup uap hangat akan membanu melegakan sumbatan hidung dan meredakan nyeri kepala sinus. Membran mukosa di leherĀ  dapat reda. Selain itu air hangat dapat menghangatkan area tenggorokan dan mencegah radang tenggorokan.

Memperlancar Pencernaan

Minum air hangat akan memperlancar saluran pencernaan. Air akan menjadi lubrikan, berpindah ke lambung, dan usus dan membantu mengeliminasi sisa metabolisme. Air hangat juga dapat mengencerkan apa yang anda makan sehingga menjadi mudah dicerna.

Merelaksasi Sistem Syaraf Pusat

Minum air hangat dapat merelaksasi sistem syaraf pusat dan melubrikasi tubuh ketika sistem syaraf sehat dan dapat mengendalikan reaksi, maka anda lebih dapat mengendalikan nyeri. Seseorang dengan artritis (radang sendi) akan mereda nyerinya ketika di kompress dengan air hangat.

Meredakan Konstipasi

Minum air hangat akan membantu kontraksi usus. Ketika ini terjadi air di usus yang terperangkap dapat lewat keluar tubuh. Minum air hangat teratur akan menghindarkan anda sulit buang air besar atau meredakan konstipasi.

Menjaga Hidrasi Tubuh

Air hangat akan menjaga hidrasi kebutuhan cairan tubuh anda. Setidaknya anda harus minum 8 gelas sehari. Dengan minum yang cukup, anda terhindar dari dehidrasi, lemas, dan dapat melakukan aktifitas sehari-hari dengan baik.

Menurunkan Berat Badan

Minum air hangat akan membuat suhu tubuh terkendali. Ketika suhu tubuh turun, maka metabolisme teraktivasi. Air hangat juga membantu usus berkontraksi membuang sisa metabolisme, dan rasa kembung. Karena metabolisme meningkat, maka lemak tubuh akan dibakar dan berat badan akan turun.

Baca juga :   Transplantasi Rambut (Cangkok Rambut) : Cara hingga Risiko

Meningkatkan Sirkulasi

Air hangat membantu memperlancar sirkulasi organ termasuk arteri dan vena. Pembuluh darah yang sehat, memiliki tekanan yang tidak tinggi dan tidak rendah sehingga meminimalkan risiko penyakit kardiovaskuler. Selain itu, minum air hangat pada malam hari akan merelaksasi tubuh anda untuk mempersiapkan istirahat tidur.

Mengurangi Kadar Stress

Minum air panas dapat memperbaiki fungsi sistem syaraf sehingga mengurangi rasa cemas. Dengan menambah susu hangat dan mencampurnya akan mengurangi stress bagi peminumnya, sehingga relaksasi tubuh dirasakan.

Mengurangi Racun Tubuh

Air hangat dapat meningkatkan suhu internal tubuh. Ketika minum hangat, tubuh menjadi hangat, hormon tubuh teraktivasi dan memicu keringat keluar. Keringat yang keluar mungkin menjadi tidak nyaman, tetapi ini penting untuk mengeluarkan racun, toksin dan iritan di tubuh anda.

Referensi:
Jequere. 2009. Water as an essential nutrient
Brown. 2008. Calculating optimum Beverages

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here