Kulit Sehat Alami, Ini Rahasia yang Jarang Orang Ketahui

Memiliki kulit sehat alami merupakan dambaan semua orang, namun tidak banyak orang mengetahui rahasia di balik kesehatan kulit tersebut. Ternyata untuk membuat kulit sehat, Anda bisa melakukan beberapa cara sederhana saja.

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, bahwa memiliki kesehatan kulit juga berarti menunjang penampilan. Kebanyakan orang mungkin masih belum mengetahui bagaimana cara membuat kulit bisa sehat secara alami.

Banyak orang pada zaman sekarang ini justru memiliki cara yang lebih praktis dengan menggunakan produk-produk tertentu. Padahal, kandungan di dalam produk tersebut membuat seseorang ketergantungan dan memberikan masalah saat berhenti menggunakannya.

Sedangkan untuk membuat kulit sehat secara alami sebenarnya bukan hal yang sulit untuk perawatannya. Hanya saja prosesnya harus dilakukan secara rutin demi membuat proses tersebut mendapatkan hasil maksimal. Baca juga tanda-tanda kekurangan Vitamin.

Rahasia Membuat Kulit Sehat Alami

Mungkin masih banyak orang tidak mengetahui rahasia untuk menjaga kulit sehat secara alami, yaitu dibuktikan banyaknya produk dari bahan kimia semakin laris di pasaran. Jadi, untuk rahasia di balik kulit sehat secara alami yaitu sebagai berikut.

  1. Rutin Mengonsumsi Vitamin C

Upaya untuk membuat kulit sehat dapat dimulai dengan mengonsumsi vitamin C secara rutin. Sedangkan vitamin C tersebut sudah dilama dipercaya dapat membuat kulit tampak bercahaya dan juga mampu membuat kulit tersebut menjadi lebih sehat1Firas A. 2017. Topical Vitamin C and the Skin: Mechanisms of Action and Clinical Applications. J Clin Aesthet Dermatol v.10(7); 2017 Jul PMC5605218.

Baca juga :   5 Kebiasaan Buruk Milenial Ini Bisa Mengancam Kesehatan

Tentu cara seperti ini merupakan cara sederhana, sehingga Anda tidak perlu membeli produk-produk kecantikan demi membuat kulit lebih sehat. Semua makanan dengan kandungan vitamin C mampu melindungi kulit dari serangan Agresor lingkungan.

  1. Istirahat yang Cukup

Banyak orang tidak mengetahui bahwa salah rahasia penting yang mampu membuat kulit sehat alami adalah melakukan istirahat cukup setiap harinya. Dengan melakukannya setiap hari, maka Anda bisa merasakan sendiri hasilnya.

Masalah kulit yang disebabkan kurangnya istirahat bisa dibuktikan dengan munculnya kantong mata, kulit kusam, kulit tampak keriput meskipun usianya masih terbilang muda. Banyak orang yang mengalaminya justru dengan mencari produk-produk tertentu.

Padahal dengan menggunakan produk-produk tersebut justru membuat Anda menjadi ketergantungan apabila ingin menghentikan pemakaian. Padahal cara paling hemat dan mudahnya, Anda hanya perlu melakukan istirahat cukup sekitar 7 sampai 8 jam saja.

  1. Hindari Stres Berlebih

Di dalam kehidupan, setiap orang pasti selalu mengalami masalah-masalah yang akhirnya meningkat stres dan hal tersebut tidak dapat hilang begitu saja. Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar stres tersebut tidak melebihi kadarnya2Rachel G. 2021. Stress and Skin: An Overview of Mind Body Therapies as a Treatment Strategy in Dermatology. Dermatol Pract Concept . 2021 Sep 1;11(4):e2021091. doi: 10.5826/dpc.1104a91. eCollection 2021 Sep..

Ternyata stres yang berlebih juga dapat menimbulkan masalah pada kulit, sehingga mengelola stres sangat penting untuk membuat kulit sehat. Apabila tidak dikelola dengan baik, maka dampaknya yaitu kulit akan memunculkan minyak secara berlebih.

Baca juga :   UPDATE Covid-19 Indonesia, Waspada Varian Arcturus

Alasan mengapa stres dapat meningkatkan kadar minyak pada kulit dikarenakan kelenjar adrenal merangsang produksi hormon kortisol. Sedangkan hormon tersebut memiliki peran dalam memproduksi lemak pada bagian kelenjar sebasea.

  1. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Paparan sinar matahari yang langsung mengenai tubuh bisa dikatakan mampu memberikan masalah pada kulit. Hal tersebut dikarenakan sinar matahari tersebut mengandung radikal bebas, sehingga memperburuk kesehatan pada bagian kulit.

Akan tetapi, tidak mungkin seseorang setiap harinya harus berada di rumah dan tidak melakukan kegiatan di luar. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui bagaimana caranya tetap bisa melakukan kegiatan rumah, namun kulit juga tetap sehat.

Nah, untuk membuat kulit sehat secara alami meskipun kegiatan sehari-hari berada di luar rumah, Anda dapat menggunakan tabir surya. Namun, penggunaan tabir surya juga perlu diperhatikan, khususnya menggunakan produk-produk alami, dengan kandungan SPF lebih.

Menjaga kesehatan kulit agar tampak sehat alami merupakan hal yang sangat penting dilakukan secara rutin agar Anda bisa terlihat lebih menawan. Tidak perlu perlu menggunakan cara mahal, membuat kulit sehat alami bisa dimulai dari kegiatan Anda sehari-hari.

Referensi

  • 1
    Firas A. 2017. Topical Vitamin C and the Skin: Mechanisms of Action and Clinical Applications. J Clin Aesthet Dermatol v.10(7); 2017 Jul PMC5605218
  • 2
    Rachel G. 2021. Stress and Skin: An Overview of Mind Body Therapies as a Treatment Strategy in Dermatology. Dermatol Pract Concept . 2021 Sep 1;11(4):e2021091. doi: 10.5826/dpc.1104a91. eCollection 2021 Sep.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *