Pentingnya Olahraga Bagi Pekerja Sibuk dan Tips Melakukannya

Ayo Olahraga walau hanya 30 menit sehari

Olahraga bagi pekerja seringnya tidak dianggap penting. Merasa bahwa aktivitas sehari-hari sudah sangat menguras tenaga, maka aktivitas fisik dikesampingkan. Padahal manfaat dari olah fisik sangat banyak dan menunjang produktivitas kerja.

Kesibukan sehari-hari tidak harus menjadi alasan jarang berolahraga, sebab ada banyak aktivitas fisik ringan yang tidak menyita banyak waktu Anda. Misalnya saja seperti penjelasan dalam ulasan berikut ini1Lussi A. 2006. Occupation and sports. Monogr Oral Sci . 2006;20:106-111. doi: 10.1159/000093357.

Beberapa Manfaat Olahraga bagi Pekerja

Sebelum memulai aktifitas fisik, Anda harus tahu dulu manfaatnya. Minimal ini akan jadi motivasi setiap hari. Sehingga mengurangi durasi bermalas-malasan dan mulai bergerak.

1.     Tubuh lebih Berenergi

Olahraga efektif memperkuat otot, sehingga tubuh tidak mudah lelah meski banyak pekerjaan setiap hari. Bagi Anda yang mudah lelah setelah bekerja hingga merasa lemas karena energi terkuras, cobalah mulai aktif bergerak.

Terutama bagi pekerja yang banyak menggunakan fisik, berjalan jauh, naik turun tangga melatih otot ini sangat penting untuk menghindari cidera. Bahkan bagi Anda yang banyak duduk, harus sering banyak gerak untuk melatih sendi agar tidak kaku.

2.     Meningkatkan Mood

Pekerjaan dan kesibukan sering bikin baper, sedih karena lelah? Saatnya memperbaiki mood Anda dengan melakukan berbagai gerakan badan secara aktif. Sebab produksi hormone yang memberikan efek rileks dan bahagia akan meningkat.

Baca juga :   Manfaat Latihan Cardio saat Fitness

Lebih terangsang untuk selalu berpikiran positif setiap hari. Bahkan dengan melakukan berbagai gerakan ringan setiap pagi di area luar ruangan dapat memasok lebih banyak oksigen ke dalam otak. Menyebabkan banyak ide dan gagasan mudah mengalir.

3.     Menjaga Berat Badan dan Mencegah Penyakit

Olahraga bagi pekerja sangat mendukung rasa percaya diri. Berat badan terjaga ideal karena pembakaran lemak efektif. Postur tubuh tetap ideal, meningkatkan efektifitas penggunaan skincare bagi wanita, dan membuat awet muda.

Selain itu juga efektif mencegah datangnya berbagai faktor penyakit. Sebab dengan aktif bergerak peredaran darah menjadi lancar, sistem metabolisme bekerja optimal, penyerapan nutrisi lebih baik. Sehingga imunitas meningkat2Prieske O. 2019. Effects of Physical Exercise Training in the Workplace on Physical Fitness: A Systematic Review and Meta-analysis. Sports Med . 2019 Dec;49(12):1903-1921. doi: 10.1007/s40279-019-01179-6..

Pilihan Olahraga bagi Pekerja Sibuk

Terdapat beberapa pilihan olahraga bagi pekerja sibuk, diantaranya:

  1. Gowes dan Bersepeda di hari minggu atau akhir pekan
  2. Gym dan Fitness
  3. Badminton seminggu sekali
  4. Futsal dengan anak-anak kantor dan teman sepekerjaan.
  5. Tenis Meja atau Ping pong dengan teman
  6. Sepeda Statis di rumah dan main dumbell
  7. Lakukan Tabata Workout
  8. Lari dengan jarak 3-5 km setiap 2 hari sekali.
  9. Main Tenis Lapangan
  10. Main Golf

Tips Olahraga bagi Pekerja Sibuk

Tidak harus melakukan aktivitas fisik berat seperti kardio atau latihan beban. Anda bisa mulai beberapa langkah mudah seperti di bawah ini. Paling penting adalah melakukan olahraga bagi pekerja secara sukarela sehingga tidak bosan.

Baca juga :   Latihan Otot Punggung di Gym beserta Manfaatnya

1.     Mulai dari Kebutuhan

Anggap sebagai kebutuhan yang harus dilakukan secara rutin, jangan hanya menunggu waktu luang. Ubah mindset bahwa kesehatan perlu ditunjang dengan aktivitas fisik rutin. Dengan demikian tidak akan merasa berat melakukannya.

2.     Bangun lebih Pagi

Bangun lebih pagi supaya ada waktu untuk memulai aktifitas fisik Anda. Misalnya sekedar untuk jalan kaki keliling kompleks. Atau pilih olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah seperti sit up, push up, bahkan yoga ringan.

3.     Mulai dari 5 menit setiap hari

Mulai dari durasi singkat terlebih dahulu, 5 menit tiap pagi sebagai langkah awal sudah sangat bagus. Atau siang hari saat berada di kantor dengan melakukan peregangan-peregangan. Ini sudah cukup untuk memulai kebiasaan baru Anda.

4.     Olahraga sambil Ngantor

Bike to work, atau walk to work jika jarak antara rumah dan kantor tidak terlalu jauh. Sekali jalan, Anda sudah melakukan olahraga bagi seorang pekerja. Tidak menyita banyak waktu, justru lebih positif karena turut andil mengurangi polusi udara.

Paling penting dari memulai sebuah kebiasaan baru adalah konsisten. Tidak masalah jika pada awalnya hanya 5 menit, gerakan ringan tanpa menguras keringat tetapi dilakukan tiap hari. Jika sudah terbiasa Anda akan merasakan manfaat olahraga bagi pekerja secara langsung.

Referensi

  • 1
    Lussi A. 2006. Occupation and sports. Monogr Oral Sci . 2006;20:106-111. doi: 10.1159/000093357
  • 2
    Prieske O. 2019. Effects of Physical Exercise Training in the Workplace on Physical Fitness: A Systematic Review and Meta-analysis. Sports Med . 2019 Dec;49(12):1903-1921. doi: 10.1007/s40279-019-01179-6.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *