Latihan Otot Punggung di Gym beserta Manfaatnya

Latihan Back di gym bisa anda coba sekarang

Banyak yang masih kurang tahu bahwa latihan otot punggung di gym itu menambah proporsi tubuh menjadi lebih baik lagi. Bahkan manfaat dari latihan ini, cukup banyak didapat. Maka, mari mempelajarinya.

Kebanyakan bila Anda datang ke gym, kebanyakan orang akan fokus untuk melatih otot lengan, perut dan dada. Padahal otot punggung yang terbentuk dengan baik, terlihat lebih ganas lagi nantinya.

Otot Punggung meliputi:

  1. Latissimus Dorsi
  2. Trapezius
  3. Rhombodeus Mayor dan Minor
  4. Serratus Posterior Superior dan Inferior
  5. Erector Spine
  6. Teres Mayor dan minor

Berikut ini kami akan memberikan ulasan tentang bagaimana latihan otot punggung dengan baik dan benar. Beserta manfaat yang didapat jika berhasil membiasakan diri melatih otot punggung.

Bentuk Latihan Otot Punggung di Gym yang Benar

Mungkin Anda juga belum tahu bahwa bukti jika Anda berhasil melatih badan di gym, otot punggungnya yang terlihat bagus dan kuat.

Memang, ketika dada, lengan dan juga perut terlihat kencang dan menambah massa ototnya, itu sudah terlihat sangat kekar dan juga banyak orang tahu, bila itu hasil latihan di gym.

Namun, ketika otot punggung belum terbentuk, sebenarnya masih kurang. Maka, perlu latihan otot punggung di gym juga. Ada banyak bentuk latihan untuk otot punggung yang bisa Anda lakukan di gym. Bagi pemula, pastikan harus ada petunjuk dari trainer.

Baca juga :   5 Latihan Otot Tangan Di Gym yang Harus Anda Coba

1. Lat Pull Down

Trainer nantinya akan memberi petunjuk bagaimana cara menggunakan alatnya, gerakan yang harus dilakukan hingga porsi latihan sesuai dengan massa tubuh pada saat itu. Bentuk latihan pertama ada lat pull down.

Latihan ini memiliki titik fokus pada latissimus dors milik Anda. Letak otot ini berada di bawah ketiak hingga ke punggung. Memang jenis latihan ini fokus ke punggung Anda dan mencegah otot bisep dan juga trisep mengalami kelelahan.

2. Back Extension

Kemudian latihan otot punggung di gym kedua ada back extension. Ini dilakukan jika Anda menargetkan intinya sekaligus. Manfaat dari latihan ini salah satunya adalah memberikan postur tubuh yang baik.

3. Seated Row Machine

Lalu latihan yang ketiga ada seated row machine yang penggunaannya sambil duduk. Selain melatih otot punggung juga bisa membentuk otot bisep, trisep, forearms, hingga melibatkan perut dan kaki.

4. Rope Pull Machine

Dan keempat adalah rope pull machine, yaitu alat gym yang melatih otot punggung dengan cara menarik tali hingga bisa memperkuat area punggung.

Manfaat yang Diperoleh Jika Melatih Otot Punggung

Tentu saja dengan berusaha latihan otot punggung di gym ada manfaat yang bisa Anda dapatkan setelahnya. Tidak hanya membentuk otot agar tubuh terlihat indah dan proporsional, tapi juga memberi dampak kesehatan.

1. Postur Tubuh Lebih Baik

Jika Anda rutin latihan otot punggung, manfaat pertama adalah memberikan postur tubuh yang baik. Kebanyakan orang memang memiliki postur tubuh yang membungkuk karena kebiasaannya, dengan latihan otot punggung, bisa saja diubah posturnya.

Baca juga :   Gerakan Latihan Bisep Terbaik (Update)

2. Menstabilkan Tulang Belakang

Kemudian, menstabilkan juga tulang belakang sehingga mencegah adanya sakit punggung yang sering kali terjadi.

3. Membangun kekuatan Pada Punggung

Lalu dengan latihan otot punggung juga bagus membangun kekuatan dari punggung Anda. Jadi, bisa terhindar dari penyakit tulang punggung yang keropos.

4. Memberi Gerakan yang Leluasa

Manfaat selanjutnya adalah bisa memberi gerakan yang leluasa kepada Anda ketika melakukan kegiatan. Bahkan mengangkat barang dari lantai, tidak akan drama sakit punggung.

5. Mencegah Cedera Otot

Selain itu juga mencegah cedera otot. Hal itu karena otot punggung sudah terlatih dengan baik, sehingga kekuatannya meningkat. Sudah pasti jika otot punggung menjadi kuat, badan Anda akan terasa lebih segar dan bugar. Bahkan stabilitas otot punggung semakin bagus.

Selama masih muda, coba luangkan waktu Anda untuk melakukan latihan di gym. Tidak masalah jika seminggu sekali dan sisanya dilakukan di rumah. Karena memang latihan otot punggung di gym, manfaatnya sangat berpengaruh untuk kesehatan Anda di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *