Perbedaan Pterigium dan Pinguecula (Lengkap)

Pterigium vs Pinguecula

0
192

Perbedaan pterigium dan pinguecula, dimana keduanya merupakan penyakit di mata yang dicirikan tampakan peninggian submukosa pada conjungtiva, pada pterigium membentuk lubang celah, sedangkan pinguecula tidak terdapat lubang celah. Kondisi ini disebabkan kerusakan aktinik. Kelainan ini ditemukan pada area konjungtiva terutama yang sering terpapar sinar ultraviolet, seperti fissura interpalpebra.

Pterigium berada pada konjungtiva pada kedua sisi limbus dan dapat menginvasi ke kornea ke lapisan bowman. Sedangkan pinguecula, berada pada konjunctiva pada dua sisi limbus dan tidak menginvasi ke kornea. Berikut perbedaan selengkapnya.

Perbedaan Pterigium dan pinguecula

  1. Apa itu Pterigium

Pterigium adalah peninggian submukosa pada konjungtiva yang dapat menginvasi ke kornea serta masuk ke lapisan bowman. Pertumbuhan submukosa akan terbentuk dari jaringan fibrovaskuler. Pterigium tidak melewat aksis pupil. Gejalanya bisa memicu astigmatisma ringan, dan gangguan penglihatan.

Pterigium ini bersifat jinak dan dapat diobati, tetapi lesi kadang dapat berubah menjadi ganas, dan menginduksi terbentuk squamous cell carcinoma dan melanoma. Tindakan pengobatan dengan pembedahan, dan rekurensi sering terjadi. Ketika terjadi pada kedua mata, maka disebut dengan pterigium bilateral.

Penyebab kelainan ini adalah sering terpapar sinar matahari dan berbagai kondisi yang membuat mata kering. Pengobatan, biasanya dikendalikan dengan tetes mata dan tindakan pembedahan jika terdapat gangguan penglihatan.

  1. Apa itu Pinguecula

Pinguecula adalah tampakan peninggan submukosa kekuningan pada konjunctiva pada kedua sisi limbus cornea. Berbeda dengan pterigium, peninggian ini tidak menginvasi kornea. Tetapi muncul peninggian konjunctiva dengan warna kuning seperti jaringan lemak.

Kondisi ini aan mengeringkan area konjunctiva, dan membuat mengganjal pada area itu, kadang juga ditemukan area penekanan, yang disebut dengan delle. Penyebabnya sama yakni paparan sinar matahari, sedangkan pengobatan juga tetes mata artifisial dan tindakan pembedahan eksisi jaringan.

Baca juga :   Perbedaan Thalasemia Alfa dan Beta

Persamaan Pterigium dan Pinguicula

  • Keduanya dicirikan adanya tampakan peninggian submukisa pada konjunctiva
  • Paparan berlebih sinar matahari menjadi faktor risiko penyebab keduanya
  • Keduanya dapat diterapi tetapi dapat juga kembali lagi.

Kunci Perbedaan Pterigium dan Pinguicula

Pterigium dan pinguecula adalah peninggian submukosa pada konjunctiva dari kerusakan aktinik karena paparan sinar ultraviolet ebrlebih. Perbedaan utama adalah pada pterigeum terdapat invasi ke kornea yang masuk ke lapisan bowman, sedangkan pinguecula tidak.

Pterigium Pinguecula
Peninggian submukosa dengan penonjolan hingga ke korna bahkan menutup pupil, dan mengganggu penglihatan serta menempel di lapisan bowman Penonjolan submukosa kuning di konjunctiva di dekat limbus
Menginvasi ke kornea Tidak menginvasi hingga kornea
Terbentuk celah yang dapat dilewati benda Tidak terbentuk celah
Tidak menyebabkan delle Menyebabkan delle

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here