Persiapan Cuci Darah yang Perlu Anda Ketahui

Bagi para penderita gagal ginjal, persiapan cuci darah perlu dilakukan beberapa minggu sebelum prosedur ini dilaksanakan. Adapun cuci darah atau hemodialisis merupakan sebuah prosedur medis untuk menyaring darah dari zat-zat yang tidak diinginkan.

Contoh zat-zat tidak diinginkan tersebut yaitu seperti toksin atau bakteri. Terapi ini umum digunakan untuk mengobati kondisi medis seperti gagal ginjal, sepsis, atau reaksi alergi, namun paling umum dilakukan oleh para penderita gagal ginjal kronik.

Hemodialisis atau cuci darah sebenarnya dapat dihentikan jika ginjal sudah tidak lagi rusak dan dapat bekerja dengan baik. Namun pada kondisi kronik, kerusakannya jarang bisa sembuh total, sehingga penting bagi pasiennya untuk mengetahui terkait hemodialisis.

Persiapan Cuci Darah yang Perlu Diketahui oleh Setiap Penderita

Biasanya, persiapan hemodialisis dilakukan beberapa minggu sebelum prosedur pertama untuk membuatkan akses pembuluh darah agar mudah masuk dan keluar tubuh. Apabila Anda perlu melakukan prosedur ini, ketahui langkah-langkah persiapan berikut.

  1. Siapkan Kondisi Fisik dan Mental

Salah satu hal yang umum terjadi yaitu pasien hemodialisis merasa tidak siap dan takut untuk memulai prosedur. Oleh karena itu, bekali diri sendiri dengan dukungan teman dan keluarga terdekat agar lebih siap secara mental.

Jangan lupa menyiapkan kondisi fisik tetap prima dengan cara menjaga kesehatan. Yaitu dengan menjaga pola makan teratur, menghindari makanan dan minuman yang dilarang dokter, dan lain sebagainya.

  1. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Persiapan cuci darah selanjutnya yaitu menerapkan gaya hidup sehat untuk meminimalisir terjadinya risiko efek samping dari hemodialisis. Contoh efek sampingnya yaitu tekanan darah rendah, anemia, detak jantung tidak normal, hingga timbulnya gejala stroke.

Baca juga :   Rumus Dopamin Syringe Pump dan Contoh Perhitungan

Ada pula efek samping ringan seperti kulit terasa gatal, kram otot, berat badan naik, dan perut terasa penuh. Untuk menghindarinya, terapkan gaya hidup sehat seperti menjaga kebersihan akses vaskular, mengurangi aktivitas berat, mengikuti diet khusus gagal ginjal, dan lain-lain.

  1. Siapkan Camilan dan Pakaian Longgar

Agar lebih nyaman saat melakukan prosedur, sebaiknya gunakan pakaian longgar untuk memudahkan akses dan gerakan saat tubuh dipasangi selang. Kemudian, Anda juga bisa menyiapkan camilan atau makanan kesukaan yang diizinkan oleh dokter.

Sebab, prosedur hemodialisis banyak menghabiskan energi dan membuat pasien mudah lelah. Oleh karena itu, penting untuk menambah energi dengan cara mengonsumsi camilan atau makanan favorit Anda.

  1. Ikuti Prosedur Pembuatan Akses Pembuluh Darah

Ada 3 jenis akses yang bisa dibuat saat bedah vaskuler untuk persiapan cuci darah, yaitu fistula arteri-vena (cimino) dengan saluran buatan, cangkok arteri-vena dengan selang sintetis, serta menggunakan kateter jika cimina an cangkok belum siap dilakukan.

Beberapa minggu sebelumnya, Anda perlu membuat akses pembuluh darah terlebih dahulu. Prosedur ini harus dilakukan beberapa minggu lebih awal sebab akses bedahnya membutuhkan waktu untuk pulih sebelum memulai treatment hemodialisis.

  1. Ikuti Prosedur Pemeriksaan Awal

Sebelum melakukan prosedur hemodialisis, pertama-tama dokter akan melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan sebagai tahap persiapan cuci darah. Misalnya mengecek berat badan, suhu tubuh, hingga tekanan darah sebelum prosedur.

Baca juga :   Infeksi Cacing Tambang : Gejala hingga Pengobatan

Kemudian, tahap persiapan akan dilanjutkan dengan membersihkan akses pembuluh darah yang sudah dibuat sebelumnya. Kemudian, akses tersebut akan dipasangi 2 jarum untuk dihubungkan dengan selang hemodialisis.

Meskipun perawatannya tidak mudah dan perlu melakukan beberapa tahap persiapan khusus, namun hemodialisis bersifat wajib bagi para penderita penyakit ginjal. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengikuti tahap persiapan cuci darah sesuai prosedurnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *