Perbedaan Whey dan Casein Protein (Lengkap)

Whey vs Casein

0
156

Perbedaan whey dan casein protein, terletak pada kandungannya, yaitu kasein adalah salah satu keluarga protein susu, sedangkan whey adalah serum di dalam susu. Berikut ini adalah perbedaan whey dan casein yang mana keduanya sering terkandung dalam asupan susu gym dan yang ingin meningkatkan massa otot.

Susu adalah cairan berwarna putih yang memiliki banyak nutrisi yang diproduksi hewan mamalia. Komposisi dari susu bervariasi dari hewan satu dan hewan lainnya. Secara umum susu terkandung protein, gula, lemak, vitamin dan mineral lainnya.

Perbedaan Whey dan Casein

  1. Apa itu Whey

Whey adalah produk setelah endapan, keju atau kasien. Ketika endapan diproduksi, maka bagian yang mengendap diambil, dan bersisa serum susu. Proses curding (pendadihan/pengendapan) distimulasi dengan menambahkan rennet atau asam. Serum susu yang dihasilkan disebut dengan whey.

Whey merupakan material berair dan terkadang berwarna biru. Whey dapat diproduksi dari berbagai macam susu hewan. Whey bermanfaat banyak sekali, dan mempunyai potensi komersial. Ini juga digunakan untuk memproduksi berbagai produk seperti keju coklat untuk konsumsi manusia dan ricotta. Ini juga menjadi tambahan makanan.

Susu terkandung beberapa protein. Kasein adalah salah satu ptotein mayor susu. Ketika kasein diambil dari susu, protein bersisa disebut dengan protein whey. Whey terkandung protein whey ini. Sekitar 20% susu sapi (sekitar 80% mengandung kasein). Pada ASI, terdapat 60% protein whey. Sehingga protein whey merupakan protein natural yang terdapat pada susu. Ini juga memiliki beberapa protein globuler. Meliputi laktoglobulin, alfalaktabumin, serum albumin dan immunoglobulin.

Protein whey mengandung semua asam amino esensial. Ini menjadi sumber yang baik, dari rantai asam amino. Hal ini akan mempunyai manfaat, seperti mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan diabetes. Selain protein, whey juga mendangung vitamin, laktosa, mineral dan lemak yang sangat sedikit.

  1. Apa itu Casein

Kasein adalah salah satu protein utama yang ditemukan di susu. Ini adalah salah satu keluarga protein dan ditemukan pada susu mamalia. Pada susu sapi, kandungan kasein sekitar 80% tetapi pada ASI, hanya sekitar 20-45%. Protein kasein adalah fosfoprotein. Kasein memiliki jumlah prolin asam amino yang tidak berinteraksi dan tidak memiliki ikatan disulfida.

Baca juga :   Perbedaan Antikoagulan dan Antiplatelet (Lengkap)

Meskipun demikian, kasein tidak memproses struktur tertier. Kasein bersifat hidrofobik (larut air), sehingga dapat melarut dalam air. Fosfoprotein, sebuah kelompok fosfat. Titik isoelektrik kasein 4.6 poin. Ini berarti mengapa ketika asam ditambahkan ke susu, maka kasein dapat menggumpal.

Kunci perbedaan Whey dan Casein

  • Whey adalah serum susu, sedangkan kasein adalah salah satu jenis protein susu
  • Whey mengandung protein whey yang merupakan protein globuler. Casein tidak memiliki struktur tertier yang baik
  • Whey mengandung laktosa, vitamin dan mineral yang tidak terkandung pada casein.
  • Ketika susu diendapkan dengan dididihkan, tersisa larutan yang disebut whey. Whey tidak mengandung kasein. Kasein merupakan bagian dari endapan susu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here